Pantai Pelabuhan Ratu

                       Pantai Pelabuhan Ratu via initempatwisata

GrandMedia – Pantai Pelabuhan Ratu merupakan  sebuah wisata yang berada di pesisir Samudra Hindia Selatan Jawa Barat. Jaraknya sekitar 60 km dari Kota Sukabumi. Pantai ini memiliki ombak yang cukup kuat, sehingga para wisatawan tidak diperbolehkan untuk berenang.

Keindahan yang dapat dinikmati oleh wisatawan yang berkunjung ke Pantai Pelabuhan Ratu yaitu perpaduan antara pantai dan tebing terjal, hempasan ombak yang cukup mengagumkan serta hutan cagar alam yang sangat eksotis.

Selain keindahannya pantai ini juga kaya akan cerita bersejarah. Presiden pertama Republik Indonesia Soekarno pernah mendirikan tempat peristirahaatan di kawasan ini sekitar tahun 1960 di Tenjo Resmi. Selain itu atas inisiatif Presiden Pertama ini juga berdiri Samudera Beach Hotel. Hotel tersebut merupakan salah satu hotel berbintang yang ada di tepi pantai kota Pelabuhan Ratu.

Pantai Pelabuhan Ratu

Pantai Pelabuhan Ratu via bandung.panduanwisata.id

Fasilitas

Fasilitas di pantai di objek wisata Pantai Pelabuhan Ratu cukup lengkap. Terdapat Mushola, Masjid, Area Parkir yang cukup luas money charnger, pelayanan pos, penginapan, hotel, sewa kuda, sewa papan seluncur, sewa ban renang, surfing, tempat bersantai, taman bermain anak, warung makan, restoran sea food, tim penjaga (SAR) dan disertai pula peta inforsi kawasan wisata.

Beberapa penginapan yang tersedia di Pantai ini dari Losmen hingga Hotel Mewah Berbintang.

  1. Pondok Dewata
  2. Hotel Karang Sari
  3. Hotel Bunga Ayu
  4. Hotel Bayu Amrta
  5. Bukit Indah
  6. Mahessa Indah
  7. Padi – Padi Beach Resort
  8. Augusta Hotel
  9. Cleopatra Hotel
  10. Inna Samudera Beach Hotel
  11. Kumala Samudera
  12. Mustika Ratu
  13. Desa Resort and Spa
  14. Kasep & Geulis
  15. Pantai Mutiara Hotel
  16. Karang Hawu Permai
  17. Hotel Puri Sari
  18. Hotel Villas Lagusa
  19. Villa Zane
  20. Philita Villa
  21. Pondok Kencana Hotel & The Ombak Tujuh Pub
  22. Sukabumi Indah
  23. Karang Aji Beach Villa

Dari Pantai Pelabuhan Ratu terdapat sumber air panas di daerah Cisolok, jaraknya sekitar 17 km. Biasanya bagi para wisatawan yang berkunjun ke Pantai Pelabuhan Ratu mereka juga mampir ke sumber air panas tersebut. Suber air panas di Cisolok mengandung belerang yang tinggi dan berguna untuk kesehatan.

Lokasi dan Aksebilitas

Pantai Pelabuhan Ratu terletak di wilayah Pelabuhan Ratu Jawa Barat, Dari Kota Sukabumi jaraknya sekitar 60 Kilometer. Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke pantai ini dapat menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi dengan rute :

  1. Dari Jakarta atau Bogor, wisatawan dapat menggunakan bus dengan jurusan Pelabuhan Ratu- Bogor
  2. Dari Bandung atau Sukabumi, Wisatawan dapat menggunakan bus jurusan Pelabuhan-Ratu Sukabumi.

Semoga bermanfaat. (GrandMedia)