GrandMedia – Bingung mencari tempat liburan di Jogja ? Cobalah untuk berkunjung ke Kebun Buah Mangunan. Kebun Buah Mangunan berada di daerah Bantul, tepatnya di Kecamatan Dlinggo, Bantul, Yogyakarta.

wisata kebun buah mangunan yogyakarta

 Wisata Kebun Buah Mangunan | Sumber Photo : telusuriindonesia

Liburan Anda akan diisi dengan berbagai nuasansa baru. Serba hijau, udara yang sejuk dan pemandangan yang luar biasa.

Kebun Buah mangunan mulai dibangun oleh Pemerintahan Bantul sekitar Tahun 2003 diatas tanah seluas 23,3415 hektar dengna ketinggian 150 – 200 meter diatas perukaan laut. Titik ketinggian kawasan ini memiliki udara yang cukup sejuk disertai dengan pemandangan pegunungan yang sangat indah. Dari atas ketinggian tersebut, wisatawan bisa melihat Pantai Parangtritis dan kota Bantul.

Selain berlibur Anda juga bisa mempelajari banyak jenis tumbuh-tumbuhan yang di tanam di Wisata Kebun Mangunan. Berbagai macam tumbuhan tertata rapi menyelaraskan kemiringan bukit seperti mangga, rambutan, jambu, sawo, jeruk, jambu air, duku, manggis dan lain-lain. Selain itu juga terdapat buah-buahan yang jumlahnya lebih sedikit seperti matoa, jambu biji, belimbing dan cempedak. Kawasan ini bertambah sejuk karena selain buah-buahan yang ditanam juga terdapat pohon jati, salak, pinus dan magium.

Lebih lengkapnya adalah terdapat 1500 pohon durian, 300 pohon jambu air, 950 phon mangga, 40 ekor sapi, 220 pohon jeruk dan masih banyak lagi tanaman-tanaman lainnya.

Sekedar saran, jika ingin berkunjung ke sana, disarankan sekitar pukul 17.00 sudah ada di tempat wisata. Agar Anda bisa menikmati matahari tenggelam.

Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan | Photo : Bbg

Fasilitas

Fasilitas di Taman Buah Mangunan terbilang sangat lengkap. Ada banyak fasilitas yang bisa dinikmati oleh para wisatawan seperti Reflying, Penginapan, Tempat Kemah, Jembatan Goyang, Flying Fox, Outbond, Ruang Pertemuan, Kolam renang anak-anak.

Ditempat ini juga disediakan untuk para wisatawan yang ingin belajar mengenai pembibitan tanaman dan mempelajari proses pembuatan pupuk.

Lokasi & Aksebilitas

Seperti yang dipaparkan sebelumnya, Kebun Buah Mangunan berada di daerah Bantul, tepatnya di Kecamatan Dlinggo, Bantul, Yogyakarta.

Jika Anda dari terminal Giwangan terus ke selatan hingga melewati jalan Imogiri Timur, kemudian dari Imogiri Timur terus hingga menemukan pertigaan. Dari pertigaan itu belok kea rah kiri (timur) hingga sapai menemukan pertigaan yang menunjungkan arah Kebun Buah Mangunan.

Info Tiket

–          Biaya parkir gratis

–          Membayar retribusi sebesar Rp.5000,00

Bagi yang memerlukan informasi lebih lanjut. Silahkan hubungi Dinas Pertanian dan Kehutanan Kebupaten Bantul di Jl. Ring Roat Timur, Manding, Bantul, Yogyakarta.

Atau Hubungi (0274) 6460182 / 6460236