Air Terjun Sri Gethuk

              Air Terjun Sri Gethuk | Sumber Photo : valadoo.com

GrandMedia – Wisata  Air Terjun Sri Gethuk dari dulu hingga sekarang selalu menjadi destinasi favorit para wisatawan. Pasalnya, wisata air terjun ini mempunyai keindahan yang luar biasa. Bahkan ada yang mengungkapkan Air Terjun Sri Gethuk hampir mirip atau mungkin lebih indah dari Grand Canyon Arizona, Amerika Serikat.

Tidak luput dari keindahan yang ada. Segala asumsi masyarakat yang menggap wilayah Gunung Kidul kering dan tandus namun ternyata justru di daerah ini menyimpan keindahan alam yang luar biasa.

Seperti Air Terjun Sri Gethuk ini. Ada keindahan aliran sungai yang membelah tebing tinggi, hijaunya air terus mengalir hingga ke ngarai. Sepanjang perjalanan Anda menuju Wisata Sri Gethuk akan dimanjakan dengan berbagai keindahan alam. Apalagi jika Anda memilih untuk melintasi Sungai Oya.

Sepanjang aliran sungai tersebut, perpaduan antara belukar dan berbagai tumbuan lainnya memberikan nuansa yang begitu alami. Juga terdapat tebing-tebing Karst yang berfungsi sebagai pelindung sisi kanan dan kiri sungai.

Air Terjun Sri Gethuk

        Air Terjun Sri Gethuk | Sumber photo jogja.semberani.com

Ketika musim hujan tiba. Ini merupakan kesempatan untuk melihat pelangi di Air Terjun Sri Gethuk. Keindahan pelangi yang mengitari air terjuin ini, seperti memberikan Anda cerita nyata hidup di Negri dongeng.

Sekedar saran, jika ingin berkunjung ke Air Terjun Sri Gethuk, berkunjunglah saat musim kemarau. Saat musim kemarau air sungai akan terlihat lebih jernih dan indah. Atau jika ingin melihat pelangi datanglah setelah pukul 12 siang. Saat matahari mulai bergeser ke arah barat. Anda akan menikmati keindahan Sri Gethuk lebih maksimal .

Selain untuk melihat keindahan air terjun. Ada banyak aktivita yang bisa dilakukan oleh para wisatawan seperti cliff jumping, river tubing, canyoning dan lain-lain.

Bukan hanya keindahan alamnya saja. Air terjun ini juga menyimpan banyak cerita. Konon, Air Terjun Sri Gethuk merupakan tempat khusus untuk menyimpan Kethuk. Kethuk merupakan alat music tradisional atau gamelan yang dimiliki makhluk halus, Jin Anggo Meduro.

Lokasi & Aksebilitas

Bagi Sobat GM yang sedang berwisata ke Yogyakarta. Rasanya sayang sekali jika tidak berkunjung ke Air Terjun Sri Gethuk. Disarankan untuk membawa kendaraan pribadi, sebab trasportasi umum menuju lokasi wisata lumayan sulit. Atau Anda bisa menggunakan Jasa Travel. Ada banyak Jasa Travel yang melayani perjalan ke Air Terjun Sri Gethuk.

Alamat: Jl. Air Terjun Sri Gethuk, Bleberan, Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Rute : Dari Kota Yogyakarta, menuju Jl. Ringroad Selatan, kemudian ambil arah ke Wonosari hingga ke pertigaan Gading (Lapangan AAU Gading), lalu ambil arah Playen,. Dari Playaen sampai menemukan perempatan (puskesmas Playen) ambil arah menuju Banyusoca hingga menemukan pertigaan lagi yang terdapat pos ronda, ambil arah kanan, lalu ikuti jalan tersebut hingga di Goa Rancang Kencana. (Selesai).

Info Tiket

Rp. 7.000 / orang.

Tarif untuk naik kapal menyusuri sungai Ora Rp. 10.000 / orang.

*harga tiket dapat berubah sewaktu-waktu.