GrandMedia – Hai sahabat !!! Saya adalah mahasiswa teknik geologi di salah satu perguruan tinggi di Yogyakarta. Tidak terasa waktu berjalan sangat cepat, rasanya baru kemarin duduk di kelas 1 SMA, tanpa disadari sekarang sudah dekat dengan ujian nasional. Ini merupakan hal yang telah saya alami beberapa tahun lalu, mungkin sebagian besar pelajar merasakan hal yang sama.

Bagi yang akan melanjutkan study ke perguruan tinggi, saya akan berbagi tips untuk anda yang berencana mengambil jurusan teknik geologi berdasarkan perjalanan dan pengalaman saya selama menjadi mahasiswa teknik geologi.

1.Perdalam kimia, fisika, dan matematika

Teknik geologi  adalah suatu ilmu yang mempelajari dan mengembangkan pengetahuan yang berkaitan dengan kebumian seperti, bentuk muka bumi, material penyusun bumi, jenis batuan , sifat – sifat fisik dan kimia, bentuk batuan, proses pembentukannya serta sejarah bumi dan terapannya seperti geologi minyak dan gas bumi, geologi teknik, geohidrologi, geologi tata lingkungan, geologi tambang, dan lain-lain. Sehingga penting bagi anda untuk memperdalam tiga pelajaran tersebut, karena ilmu geologi sangat erat kaitannya dengan itu.

2. Seorang Geolog Mesti Rajin Olahraga

Dalam pembelajarannya, geologi tidak hanya dilakukan di dalam ruang kelas atau di laboratorium akan tetapi dilakukan juga pembelajaran langsung di lapangan dan itu dilaksanakan dengan berjalan kaki berkilo kilo meter. Sehingga mahasiswa dituntut untuk memiliki kebugaran yang ekstra.

Geologi Dasar
Geologi Dasar
Developer: IMK-DEV
Price: Free
  • Geologi Dasar Screenshot
  • Geologi Dasar Screenshot
  • Geologi Dasar Screenshot
  • Geologi Dasar Screenshot

3.   Calon Mahasiswa Teknik Geologi Siap mental

Mungkin anda pernah mendengar “geologi itu keras” keras disini bukan berarti anda akan menerima kekerasan fisik akan tetapi dalam sistem pembelajaran di teknik geologi, mahasiswa dituntut untuk bisa bekerja dalam tekanan yang disesuaikan dengan dunia kerja dilapangan. Misalnya, dari pagi sampai sore menjelang malam anda berjalan kaki dalam praktik geologi lapangan dan di malam hari anda harus menyelesaikan laporan hasil lapangan anda hari itu yang harus dipresentasikan pada pagi harinya.

4.    Belajar manajemen waktu

Ketika anda sudah duduk di bangku kuliah teknik geologi anda akan disuguhi tumpukan tugas yang banyak dan itu sudah anda alami dari tahun pertama perkuliahan, jadi seni untuk memanajemen waktu sangat dibutuhkan serta harus anda latih mulai dari sekarang.

5.    Belajar hidup sederhana

Praktikum lapangan biasanya bertempat di suatu daerah yang jauh dari keramaian bahkan bisa dikatakan dihutan, sehingga seorang geologist di tuntut untuk survive dari keadaan tersebut, di daerah seperti itu sudah jelas anda tidak akan menjumpai toilet umum apalagi restoran mewah, jika ingin mandi ya di kali atau sungai begitupun dengan kegiatan rutin anda setiap pagi yaitu buang air, terlihat jorok memang tapi itulah fakta dilapangan, ketika anda makanpun dipaksa keadaan untuk tidak jadi pemilih jadi seadanya sesuai perbekalan.

6.    Berani kotor

Bagi anda yang sekarang memiliki rutinitas ke salon untuk mempercantik dan memanjakan diri khususnya bagi wanita walupun memang ada juga laki – laki yang memiliki kebiasaan ini, harus mulai meninggalkannya secara perlahan, mengapa? Selain untuk hidup hemat tapi juga harus anda ketahui bahwa mahasiswa geologi biasanya hampir setiap bulan bahkan setiap minggu melaksanakan kegiatan dilapangan, yang otomatis itu akan selalu membuat anda bersentuhan dengan tanah, batuan, lumpur, atau anda harus masuk sungai dan itu tidak bisa ditawar lagi.

7.    Siap memiliki kulit hitam

Kegiatan belajar yang lebih banyak dilapangan dan tidak mengenal panas atau hujan akan berpengaruh kepada warna kulit anda, yang putih akan menjadi hitam dan yang hitam akan semakin legam, tapi jangan takut karena anggap saja hitam itu eksotis.

8.    Belajar Begadang

Mungkin dari beberapa pernyataan diatas ini sedikit terdengar aneh, tapi ini harus anda lakukan sebab, dalam perjalannya mahasiswa geologi akan disuguhi dengan berbagai macam tugas yang tidak dapat diselesaikan dalam waktu sehari atau dua hari dan itu diberikan dalam waktu serentak, sehingga mau tidak mau, suka tidak suka, anda harus mengurangi jam tidur anda.

9.    Siap untuk tidak pulang

Padatnya jadwal anda memaksa anda untuk mengurungkan niat pulang, terdengar sedikit kejam memang, karena anda harus memendam rasa rindu keluarga atau mungkin kekasih, apalagi ketika nanti anda bekerja di perusahaan tambang atau minyak mau tidak mau anda akan sering meninggalkan keluarga anda, dan itu mulai diterapkan ketika anda duduk di bangku kuliah teknik geologi dengan adanya kuliah lapangan yang dilaksanakan beberapa minggu.

Itu beberapa point yang harus anda ketahui dan anda persiapkan sebelum anda terjun sebagai mahasiswa teknik geologi, semoga tulisan ini bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.