GrandMedia – Sebagai orang tua yang memiliki buah hati yang masih kecil, pastinya memiliki cara – cara tertentu untuk bsia berbicara dengan buah hatinya. Menurut hasil penelitian terbaru, untuk bisa membuat bayi lebih mudah untuk memahami bahasa yang digunakan orang dewasa, ternyata ada beberapa cara efektif yang bisa bunda lakukan untuk membantu bayi mengembangkan dan meningkatkan kemampuan bahasanya dengan baik. Nah berikut ini ada beberapa cara efektif yang bisa bunda gunakan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa bayi.

Tips Mengajarkan Anak Berbicara

Berbicara dengan menggunakan nada mengalun seperti bernyanyi

Misalnya saja bunda bisa menyapa si kecil dengan mengucapkan salam. Tapi diucapkan dengan nada yang sedikit panjang seperti menyanyi dan usahakan pada setiap huruf konsonan dan vokal diucapkan dengan penekanan yang berbeda.

Nah berbicara dengan nada seperti itu, biasanya akan membuat si kecil mudah untuk menirukan setiap kata yang diucapkan oleh orangtuanya. Untuk si kecil yang masih berusia 0-18 bulan bisa memperoleh manfaat yang besar apabila orang tuanya dapat mengajaknya berbicara menggunakan nada yang mengalun seperti sedang bernyanyi. Selain itu, si kecil juga dapat memiliki penguasaan kosakata yang lebih banyak jika orang tuanya selalu rutin mengajaknya berbicara atau menyapanya.

Berbicara Empat Mata

Belajar menggunakan bahasa akan menjadi lebih efektif apabila orang dewasa berbicara hanya pada satu anak. Pasalnya interaksi yang dilakukan tatap muka akan membuat otaknya menjadi nyala. Dan adanya hubungan sosial ini juga dapat membuat otak si kecil menjadi lebih mudah menerima bahasa yang sudah didengarkannya. Nah jadi bunda bisa meluangkan waktunya untuk berbicara empat mata hanya dengan si kecil saja. Bunda juga bisa mengenalkan beberapa kata baru pada setiap kali bunda berbicara dengan si kecil.

Ajak Si Kecil Mengobrol

Nah untuk yang satu ini memang sedikit aneh jika orang dewasa mengobrol dengan si kecil yang masih bayi. Pasalnya si kecil tidak akan memberikan respon sesuai dengan apa yang bunda katakan pada sikecil. Namun dengan cara seperti ini akan membuat kemampuan bahasa si kecil dapat meningkat lebih cepat dari si kecil lainnya.

Sebenarnya ada tiga teknik yang dapat bunda lakukan untuk membuat si kecil mengobrol. Untuk teknik pertamanya bunda sebagai pemandu. Nah pada saat berjalan – jalan, bunda bisa menjelaskan berbagai macam hal pada si  kecil misalnya saja dengan berbicara beberapa kata pada si kecil. Untuk teknik kedua bunda bisa mendongengkan sebuah cerita sehari – hari atau pengalaman setiap hari. Dan teknik ini baik dilakukan pada setiap malam sebelum tidur. Nah untuk teknik yang kegita, bunda bisa membacakan buku cerita. Bunda bisa mengambil sebuah buku cerita, kemudian menceritakan pada si kecil dengan menggunakan nada yang berbeda dan dengan penekanan kata yang berbeda juga.