GrandMediaTempat Wisata di Subang – Ada banyak tempat wisata di Subang yang mungkin belum banyak orang tau. Tapi bagi Kamu yang berasal dari Jawa Barat, pastinya kabupaten Subang sudah tidak asing lagi. Apa lagi yang berasal dari purwakarta atau bandung pasti sudah tau / pernah berkunjung ke Subang. Karena kota Subang ini sangat berdekatan dengan Purwakarta dan Bandung.

 Berbicara tempat wisata di Kabupaten Subang maka kita akan membahas sedikit seputar subang secara umum. Berdasarkan tofografinya, wilayah Subang dibagi menjadi 3 zona yaitu subang bagian utara, tengah dan selatan. Dari tiga zona tersebut kebanyakan tempat wisata di subang  itu berada di subang bagian selatan. Wilayah Kabupaten Subang bagian selatan ini meliputi ciater, kasomalang, tanjung siang, cisalak, jalan cagak, serangpanjang, sagalaherang dan lain-lain. Daerah Subang bagian selatan ini memiliki ketinggian antara 500 – 1500 m dpl dengan luas daerah sekitar 41.035,09 hektar.

 Dengan ketinggian daerah mencapai 500 – 1500 m dpl, wilayah subang selatan ini sangat sejuk serta identic dengan suasana alam yang bergitu indah. Bahkan ada yang mengungkapkan wilayah ini merupakan wajar tatar pasundah dengan beragam keindahan wisata alamnya. Disinilah tempatnya wisata alam subang yang paling banyak dikunjungi, terutama wisata curug subang yang sampai saat ini masih populer.

 Selanjutnya yaitu subang bagian tengah. Wilayah subang bagian tengah merupakan wilayah berbukit dan dataran. Daerah Subang bagian tengah memiliki ketinggi antara 50 – 500 m dpl dengna luar wilayah sekitar 71.502,16 hektar. Zona wilayah ini meliputi pagaden barat, cikaum, cipendeuy, purwadadi, cobogo dan lain-lain.

 Dan yang terakhir adalah subang bagian utara. Subang bagian utara merupakan daerah dataran rendah. Ketinggian daerah ini sekitar 0 – 50 m m dpl dengan luar wilayah sekitar 92.639,7 hektar, wilayah ini meliputi compreng, ciasem, citra jaya, binong, pusakajaya, legonkulon, blanakan dan lain-lain. Subang bagian utara juga mempunyai banyak tempat wisata, terutama tempat wisata pantai.

 Berikut ini daftar wisata subang yang bisa Kamu kunjungi :

Curug Cijalu

Curug Cijalu

Doc @51wan_gun – wisatasubang.com

Curug cijalu merupakan salah satu wisata subang yang populer. Wisata ini dibuka sejak 1 September 1984. Sejak itu dan sampai saat ini wisata Curug Cijalu masih tetap ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Pasalnya wisata subang yangsatu ini menyajikan keindahan yang luar biasa. Selain itu curug cijalu juga tidak terlalu sulit dijangkau sehingga banyak wisatawan yang berkunjung ke Cijalu.

Selain menyajikan pemandangan yang indah, fasilitas di curug cijalu juga lumayan lengkap. Dikawasan wisata ini telah tersedia fasilitas seperti warung makan dan minum, loket karcis, pos penjaga, tempat parkir, tempat sampah, tempat duduk, mushola, instalas air, shelter. Serta  terdapat pula lapangan yang biasa digunakan untuk kegiatan camping para pengunjung. Secara administrative lokasi Curug Cijalu berada di Desa Cipancar, Kecamatan Sagala Herang, Kabupaten Subang, Propinsi Jawa Barat, Indonesia.

Peta dan Koordinat GPS: -6° 42′ 43.00″, +107° 35′ 49.00″ . Info lengkap Curug Cijalu

Ciater Highland Resort

ciater highland resort

Ciater Hightland Resort merupakan resort pegunungan bergaya ranch di kabupaten subang. Wisata ini terletak didataran tinggi sehingga udaranya pun sejuk, tidak jauh dari sini terdapat wisata lain seperti tangkuban perahu dan ciater. Selain asik untuk liburan keluarga, Ciater Highland Resort juga seru untuk liburan lainnya. Hal itu didukung oleh fasilitas wisata yang cukup lengkap seperti Villa keluarga, Guest House, Cafe & Resto, Karaoke Room, Kolam Renang, Kolam Pancing Keluarga, Play Ground, Joging Track, Driving Range, Lapangan Futsal Outdoor, Billiard, Camping Ground dll. Alamat Ciater Highland Resort berada di Jln. Raya Ciater – Subang KM, 21.

Pantai Cirewang Indah

pantai cirewang indah subang

Pantai Cirewang Indah via kotasubang.com

Selain wisatanya, hal yang paling seru di tempat wisata pantai cirewang indah adalah perjalanannya. Sebab untuk mencapai lokasi wisata pantai cirewng kamu harus menaiki perahu kayu dan melewati rentetan pohon bakau untuk sampai ke lokasi pantai. Disitulah letak keseruannya sampai Kamu mendarat pulau kecil tengah laut yang tidak lain adalah pantai Cirewang Indah. Secara administrative pantai cirewang terletak di Pangarengan, Legonkulon, Pangarengan, Pamanukan, Kabupaten Subang, Jawa Barat

Paralayang PTPN VII Ciater

paralayang subang

Paralayang PTPN VII Ciater Via KotaSubang.com

Paralayang PTPN VII Ciater merupakan surge wisata bagi mereka par penggemar petualangan. Disini wisatawan akan diajak tandem menggunakan paralayang atau paramotor untuk terbang bebas di atas hamparan perkebunan the kaki gunung tangkuban perahu.

Ciater SPA Resort

Merupakan salah satu wisata subang yang terletak di lembang gunung Tangkuban Perahu. Wisata ini juga salah satu wisata terpopuler di Kabupaten Subang. Disini Kamu bisa menikmati pemandian air panas alami. Melengkapi pemandian air panas tersebut Ciater Spa Resort juga memberikan pelayanan yang dilengkapi dengan tenaga ahli seperti terapir atau dokter spesialis.  Fasilitas lein seperti beauty SPA, Medical Spa, wlines spa serta pengobatan untuk menyebuhkan berbagai penyakit motorik. Lokasi Ciater SPA Resort berada di  Kec., Jl. Raya Ciater, Palasari, Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41281. Info lengkap Ciater SPA Resort

Kolam Renang Ciheuleut

kolam renang ciheuleut kabupaten subang

Lokasi kolam renang ciheuleut berada tidak jauh dengan pusat kota subang, tepatnya di Hutan kota Subang. Wisata dengan konsep rekreasi terpadu ini menyajikan suasana yang alami dan murah. Disini Kamu bisa menikmati tiga kolam renang dengan ukuran 15 x 25 m, 15,10 m, dan 10 x 8.

Pantai Patimban

pantai patimban subang

Pantai Patimban Via kotasubang.com

Pantai patimban merupakan salah satu wisata subang terpopuler. Di wisata pantai Subang ini teah tersedia fasilitas yang cukup memadai dimualai dari tempat peristirahatan pengunjung, area parkir, penginapan dan lain-lain. Selain itu kamu juga bisa menikmati berbagai menu kuiner khas daerah pantai patimban seperti cumi bakar, ikan bakar dan sea food lainnya. Tapi biasanya wisatawan yang datang kesini lebih tertarik untuk menikmat ikan bakar etong, karena ikan ini rasanya enak serta dagingnya yang empuk membuat wisatawan ketagihan. Wisata subang pantai pantimban terletak di Dusun Patimban, Desa Patimban, kecamatan Pusakanegara Kabupaten Subang, Jawa barat.

Penangkaran Buaya Blanakan

Penangkaran buaya blanakan subang

Wisata Penangkaran Buaya Blanakan merupakan wisata subang yang dikelola oleh Perum Perhutani Unit II Jawa Barat. Disini Kamu bisa melihat ratusan buaya dengan berbagai ukuran yang ditempatkan pada kolam sesuai dengan umur buaya. Sekitar 23 kolam penangkaran dan 500 buaya berbagai ukuran ada disini. Lokasi wisata ini berada di Kecamatan Blanakan. Selamat berkunjung ya. Info lengkap Penangkaran Buaya Blanakan Subang

Makan Wangsa Gofarana

wangsa gofarana subang

wangsa gofarana subang Via kotasubang.com

Makan Wangsa Gofarana merupakan salah satu wisata yang ada di subang. Wangsa Gofarana sendiri merupakan penyebar Islam yang ada di Subang. Wisata religi subang ini terletak di Nangka Beurit Sagalaherang.

Situs Subang Larang

subang larang subang

subang larang subang via duniayanu

Situs Nyi Subang Larang merupakan peninggalan arkeologi Sunda Jaman Kerajaan Pajajan. Lokasi wisata Situs Subang Larang terletak di Teluk Agung, Desa Nanggerang, Binong Subang. Cagar Budaya ini merupakan penanda tempat tinggal Nyi Mas Ayu Subang Larang yang tidak lain adalah istri dari Prabu Siliwangi, Raja Pajajaran. Di lokasi yang dikenal sebagai Telug Agung tersebut sampai saat ini berubah menjadi kebu jati dan ditemukan tanda kehidupa prasejarah dengan penemuan manik-manik serta perkakas bekas perabotan Nyi Subang Larang termasuk kalung dan gelang. 

Curug Cileat

Curug Cileat - Tempat Wisata di Subang (6)

Curug Cileat via wisatasubang.com

Wisata Curug Cileat adalah salah satu wisata terpopuler di Kabupaten Subang. Di kawasan wisata ini terdapat 5 rangkaian air terjun yang sangat indah. Menariknya, tiap-tiap air terjun tersebut mempunyai nama dan karakteristik yang berbeda-beda. Nama-nama curug yang ada di kawasan wisata cileat ini yaitu Curug anak cileat, curug cileat, curug cimuncang pasir, curug cimuncang, curug citorok. Lokasi curug cileat berada di Desa Cibago, Kecamatan Cisalak, Kabupaten Subang, Propinsi Jawa Barat, Indonesia. Informasi selengkapnya mengenai Akses, Rute, Fasilitas, Harga Tiket, foto curug Cileat. Info lengkap Curug Cileat

Curug Bentang

Curug Bentang - wisata subang

Curug Bentang via wisatasubang.com

Wisata Curug Cibentang menyajikan keindahan, kesejukan dan kemurnian alam yang sungguh istimewa. Bagi Kamu yang ingin liburan murah dan seru di Subang Curug bentang lah solusinya. Lokasi curug bentang berada berada di Kampung Banceuy, Desa Sanca, Kecamatan Jalan Cagak, Kabupaten Subang, Propinsi Jawa Barat, Indonesia.

Curug Karembong

Curug Karembong

Curug Karembong via wisatasubang.com

Dengan bentuknya yang menyerupai selendang, Curug Karembong dikenal sebagai wisata alam subang yang cukup unik. Secara administratif, Curug Karembong terletak di Wilayah Kampung Panaruban, Cicadas, Sagalaherang, Kabupaten Subang, Propinsi Jawa Barat, Indonesia.

Kolam Renang Citapen

kolam renang tirta citapen

Lokasi kolam renang citapen terletak di Kecamatan Purwadadi. Fasilitas wisata keluarga ini cukup lengkap. Ada beberapa kolam renang yang disediakan disini untuk berbagai usia. Bagi Kamu yang berasal dari wilayah Subang dan sekitarnyam tak ada salahnya untuk bertandang ke Wisata Kolam Renang Citapen. 

Curug Pandawa 5

Curug Pandawa 5 subang

Wisata alam Subang yang saat ini juga populer adalah Curug Pandawa 5. Lokasi curug ini berada di Desa Cibeusi, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Fasilitas sarana dan prasana yang ada di Curug Pandawa cukup lengkap. Terdapat tempat parkir, jajanan dan lain-lain. Bagi yang mau menginap disini juga bisa. Karena terdapat penginapan di Curug Pandawa 5 yaitu saung-saung penginapan yang biasa di sewa oleh para wisatawan. Bagi kamu yang mau menginap akan dikenakan tarif 100 ribu / orang. Harga tersebut sudah termasuk makan 2 kali.

Lembah Gunung Kujang

Lembah gunung kujang merupaan salah satu wisata memancing di subang yang cukup ramai. Wisata pemancingan Subang ini sempat mencatat rekor Indonesia (Muri) sebagai lokasi wisata pancing dengan koleksi ikan terbesar. Selain itu Rekor Holders Republic (RHR) Registry of Official World Records juga mencatat bahwa lembah gunung kujang merupakan The Largest Fish Wich Can Be Fished in General Fishing Food and Record atau ikan terbesar yang ada di pemancingan ikan.

Curug Cina

Curug Cina subang

Doc @disasri – wisatasubang.com

Lokasi Curug Cina berada di Desa Curug Agung, Kecamatan Segalaherang, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Indonesia. Akses menuju curug ini tidak telalu sulit karena jalan menuju desa curug agung ralatif bagus. Curug Cina merupakan salah satu wisata subang yang menyajikan keindahan luar biasa. Kawasan wisata Curug ini sungguh sejuk karena vegetasi yang ada di Curug Cina masih sangat rimbun. Keunikan dari Curug ini yaitu bentuknya yang menyerupai tangga. Hal itu dapat dilihat dari tempat air yang mengalir dari atas tebing berundak-undak layaknya tangga.  

Curug Kaliangkak

Curug Kaliangkak subang

Doc @kangagungkurniawan – wisatasubang.com

Curug Kaliangkak merupakan salah satu wisata Curug di Subang yang juga tidak kalah populer dengan wisata subang lainnya. Lokasi Curug kaliangkak terletak di Desa Nagrag, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Propinsi Jawa Barat, Indonesia. Sampai saat ini popularitas Curug Kaliangkak tetap melejit, hal itu bisa dilihat dari banyaknya pengguna media sosial yang mengunggah foto berlatar belakang wisata ini. 

Museum Teh Subang

Tidak ada rugnya jika Kamu berwisata sambal menambah wawasanmu. Musuem teh merupakan wisata yang kaya akan sejarah dan pelajaran mengenai teh. Lokasi Museum the terletak di Jalan raya Subang- Bandung berada tepat di lokasi wisata ciater Highland Resort.

Curug Cibareubeuy

Curug Cibareubeuy Subang

Doc Lie Guang Photos – wisatasubang.com

Jika kamu ingin berlibur ke Subang dan mencari tempat yang nyaman, tentram dan alami, Curug Cibareubeuy adalah kriteria tempat yang tepat. Lokasi curug cibareubeuy berada di Desa Cibeusi, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Propinsi Jawa Barat, Indonesia. Curug ini memiliki ketinggian sekitar 40 meter. Terdapat kolam yang cukup besar yang menampung air tersebut, disitulan biasanya para wisatawan berfoto ria.

Curug Agung

curug agung subang

Doc @tinasolihah05 – wisatasubang.com

Lokasi wisata curug agung berada di Desa Curugagung, Kecamatan Sagalaherang, Kabupaten Subang, Propinsi Jawa Barat, Indonesia. Selain berkunjung ke curug, Kamu juga bisa mampir ke pemandian air panas di batu kapur, sebab jarak antara lokasi curug dan pemandian air panas tidak terlalu jauh. Info lengkap Curug Agung

Planet Waterboom

Lokasi wisata keluarga ini terletak di jalan brigjend katamso subang. Ada banyak wahana bermain menarik yang sangat cocok untuk berlibur bersama sahabat dan keluarga.

Curug Mandala

curug mandala subang

Doc @deviafrils – wisatasubang.com

Curug mandala merupakan wisata curug di subang yang terletak di desa Panaruban. Tepatnya berada di Kampung Panaruban, Desa Cicadas, Kecamatan Sagalaherang, Kebupaten Subang, Propinsi Jawa Barat, Indonesia.

Curug Sadim

Curug sadim subang

Doc @bayudana08 – wisatasubang.com

Lokasi curug Sadim berada di Dusun Panarubah, Desa Cicadas, Kecamatan Sagalaherang, Kabupaten Subang, Propinsi Jawa Barat, Indonesia

Curug Ciangin

Curug Ciangin Subang

Doc @curug_ciangin – wisatasubang.com

Lokasi Curug Ciangin berada di Kampung Neglasari, Desa Cibeusi, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Propinsi Jawa Barat, Indonesia.

Pantai Pondok Bali

pantai pondok bali subang

Meskipun telah tergerus oleh abrasi, namun pantai ini masih ramai dikunjungi oleh wisatawan. Disini kamu bisa menikmati segarnya es kelapa muda dan pemandangan laut lepas yang menakjubkan. Lokasi pantai pondok bali terletak di Mayangan, Legonkulon, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41254.

Gunung Tangkuban Perahu

gunung tangkuban perahu subang

Wisata Subang yang satu itu sudah cuup populer di Indonesia. Banyak wisatawan dari berbagai daerah di nusantara berkunjung ke Wisata Subang ini untuk berlibur bersama keluarga tercinta. Kawah Gunung tangkuban perahu merupakan wisata subang yang melegenda. Kawah gunung ini berada di ketinggian 2048 m dpl dikelilingi oleh pepohonan yang rindang dan asri. Udara di kawasan wisata ini pun cukup sejuk dan sangat nyaman untuk mengisi liburanmu.

Kolam Renang Tirta Alam

tirta alam subang

Tirta Alam via kotasubang.com

Wisata Kolam Renang Tirta Alam merupakan wisata subang yang bereda di daerah pegunungan. Karena letaknya di pegunungan membuat air kolam terasa lebih sejuk. Di wisata ini bukan hanya ada kolam renang saja saja, tapi wana permainan anak dan sepeda air pun bisa Kamu nikmati. Lokasi kolam renang tirta alam berada di Jl. Sagala Herang, RT. 11/14, Sagalaherang Kaler, Sagalaherang, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41282. 

Rumah Sejarah Kalijati

Rumah_Sejarah_Kalijati

Rumah sejarah kalijati merupakan wisata sejarah subang. Rumah ini merupakan saksi sejarah dunia yang berhubungan dengna berakhrnya 350 tahun penjajahan Belanda di Indonesia. Didalam Rumah sejarah ini terdapat meja perundingan dan berbagai macam artefak sejarah subang lainnya. Selain rumah sejarah kalijati, di lokasi ini juga terdapat museum Amerta Dirgantara Mandala. Dimuseum Amerta tersebut terdapat berbagai macam koleksi pesawat-pesawat kuno.

Desa Wisata Sari Bunihayu

desa wisata sari bunihayu subang

Desa Wisata Sari Bunihayu merupakan salah satu wisata subang yang terletak di Kecamatan Jalan Cagak, tepatnya di Desa Bunihayu. Wisata ini cukup serin digunakan untuk kegiatan outbound perusahaan. Ada banyak paket wisata subang yang bisa Kamu nikmati disini.

Capolaga Adventure Camp

capolaga adventure camp

Salah satu tempat wisata di Subang yang harus dikunjungi adalah wisata Capolaga Adventure Camp. Wisata Subang ini tepatnha berada di Desa Cicadas Panaruban, Kecamatan Sagalaherang, Subang, Jawa Barat, Indonesia.  Berbagaimacam keindahan ekonistem yang bersumber dari sungai Cimuja tampak cukup unik dan mempesona. Kamu juga bisa menikmati indahnya air terjun Cumuja, air terjun karembong dan air terjun Sawer.

Desa Wisata Wangunharja

Bukan hanya Bunihayu saja yang sampai saat ini populer. Desa Wisata Wangunharja pun masuk kedalam jajaran tempat wisata di Subang yang cukup populer. Wisata subang ini sangat cocok bagi untuk dijadikan destinasi wisata keluarga. Suasananya begitu seger, kental akan kultur budaya dan adat istiada masyarakat setempat. Selain itu fasilitas di Desa Wisata Wangunharja pun cukup lengkap. Terdapat home stay, area parkir warung makan, penginapan murah dan lain-lain. Dan untuk mencapai lokasi wisata kamu harus menempuh perjalanan kurang lebih 41 menit dari pusat kota Subang atau jika Kamu berangkat dari Bandung kira-kira menghabiskan waktu sekitar 52 menit, sementara jika ditempuh dari Jakarta kurang lebih sekitar 3 jam via tol sadang.

Arung Jeram Cipunagara

rafting subang

Arum Jeram Subang via kotasubang.com

Bagi kamu yang suka arung jeram, wisata arum jeram Cipunagara Subang bisa kamu coba. Cipunagara Fun Rafting bersama dengan komunitas pecinta alam Japrat siap mengajakmu berpetualangan untuk mengarungi sungai terpanjang di Kabupaten Subang ini.

Taman Burung Sukamandi

taman burung sukamandi

Taman Burung Sukamandi merupakan tempat yang sangat cocok untuk bersantai. Kondisi kawasan taman burung ini cukup rimbun namun tetap terlihat asri Kamu bisa melihat berbagai jenis burung yang dilepas di alam bebas.

Bagi Kamu yang ingin nongkrong atau jalan-jalan kesini disarankan untuk berkunjung di sore hari, dimana saat itu burung-burung data berkumpul, saat itu Kamu bisa mendengar kicauan berbagai jenis burung.

Pemandian Tirta Alam Sagalaherang

Ada banyak Tempat Wisata di Subang yang cocok untuk liburan keluarga. Salah satunya yaitu pemandian Tirta Alam Sagalaherang. Lokasi wisata subang ini terletak di Kampung Cibinong Desa Sagalaherang Kaler Kecamatan Sagalaherang.

Curug Dawuan / Curug Peureu

Curug Pereu merupakan salah satu wisata air terjun yang berada di Subang. Jika diartikan secara bahasa Indonesia Curug Pereu meiliki arti “Air terjun yang memiliki kandungan zat seperti karat”. Menurut penuturan beberapa warga bahwa material besi yang terenaair di wisata air terjun ini akan dengan mudah menjadi berkarat. Nama lain dari Curug Pereu yaitu Curug Dawuan atau Curug Kembar. Secara administrative lokasi curug Pereu berada di Kampung Dawuan, Desa Ciater, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Curug Goa Badak

Wisata paling populer di Subang selain Curug Cileat, Curug Cijalu dan Curug Dawuan adalah Curug Goa Badak. Wisata Subang ini terletak di lokasi bumi perkemahan (Camping Ground) Capolaga, Ciater. Secara administratif Curug Goa badak terletak di desa Cicadas, Kecamatan Segalaherang, Kabupaten Subang.

Mata Air Cipondok

Lokasi Mata Air Aqua ini terletak di Kampung Cipondok, Desa Pasanggrahan, Kecamatan Kasomalang, Kabupaten Subang, Propinsi Jawa Barat. Tidak jauh dari kawasan mata air terdapat Pabrik Aqua Cipondok Subang.

Saung Mulan, Desa Wisata Cibuluh

Suasana pedesaan yang menenangkan merupakan salah satu ciri khas wisata subang yang satu ini. Disini Kamu bisa sejenak mengirup udara segar yang menenangkan. Suasana desa pun terlihat lebih adem dan kental dengan aktivitas pedesaan yang jauh dari kebisingan. Aktivitas penduduk seperti membuat makanan trasisional, bermain di subang dan sawah serta mengenal sejarah monument perjuangan bisa Kamu lakukan disini. Selain itu kamu juga bisa menginap di penginapan ala kampung (Guest House) tempat rumah-rumah penduduk desa.

Curug Cisalada Subang

curug cisaladah subang

Curug Cisaladah via kotasubang.com

Jika dibandingkan dengan curug subang lainnya, Wisata Curug Subang yang satu ini memang tidak terlalu besar dan tinggi. Curug Cisalada hanya memiliki ketinggian sekitar 5 meter.