Grand MediaProspek Kerja Mahasiswa Peternakan – Secara umum Program Studi / Jurusan Peternakan atau Ilmu Peternakan merupakan program studi yang mempelajari serba serbi yang berkaitan dengan peternakan, misal seperti pakan, teknologi produksi, pengolahan dan juga proses manajemennya. Bagi kamu calon mahasiswa prodi peternakan, nanti dalam perkuliahan umumnya kamu akan diajari yang berkaitan dengan Ilmu peternakan, biologi, Ilmu Ekonomi, Agribisnis, Teknologi Peternakan, Kewirausahan, Fisiologi Ternak dan lain sebagainya. Sementara gelajar sarjana yang di dapatkan ketika menyelesaikan kuliah prodi peternakan adalah Sarjana Peternakan (SPt).

Sebagian orang khususnya anak-anak SMA yang baru lulus  menganggap bahwa jurusan ini tidak terlalu populer dibandingkan dengan jurusan-jurusan lainnya. Sebagian orang juga menganggap bahwa prospek kerja jurusan peternakan tidak mempunyai prospek kerja yang jelas. Mungkin hal ini yang membuat jumlah mahasiswa peternakan di beberapa universitas tidak terlalu banyak diminati.

Padahal jika kita telusuri lebih dalam, jurusan peternakan menawarkan prospek kerja yang luar biasa. Kita semua bisa melihat bahwa dunia peternakan di negara kita bisa dibilang belum terlalu populer, banyak kebutuhan dalam negri yang masih mengandalkan import. Itu merupakan pertanda bagus, bahwa prospek kerja di bidang peternakan akan terus dibutuhkan, seiring dengan meningkatnya kebuthan akan produksi ternak dalam negri dan dorongan dari berbagai pihak untuk tidak lagi mengandalkan import.

Prospek Kerja Jurusan Peternakan

  1. Industri Produksi Peternakan
  2. Industri Pakan Ternak
  3. Industri Obat Hewan
  4. Industri Pengolahan Pangan Asal Ternak
  5. Industri Pengolahan Limbah
  6. Pemerintah Daerah
  7. Kementerian Pertanian
  8. Kementerian Koperasi
  9. Kementerian Perindustrian
  10. Kementerian Lingkungan Hidup
  11. Lembaga Pendidikan
  12. Dinas Peternakan
  13. Pemerintah Daerah
  14. Lembaga Riset
  15. Konsultas Agri Bisnis
  16. Konsultan Lingkungan
  17. Budidaya Ternak
  18. Pengolahan Hasil Ternak
  19. Distribsi dan Pemasaran Ternak dan Hasil Ternak
  20. Dosen
  21. Peneliti
  22. Food Service
  23. Badan Kajian Analisis Mutu
  24. Market and Resto
  25. Retail Produk Peternakan
  26. Karantina Hewan
  27. Pembibitan Ternak
  28. Perbankan
  29. Analisis Usaha
  30. Rumah Pemotongan Hewan

Ituah beberapa prospek kerja di jurusan / program studi peternakan. Sebetulya masih banyak lagi tempat kerja untuk mahasiswa prodi peternakan. Silahkan Kamu cari referensi lainnya untuk mengetahui lebih lanjut, dimana saja program studi peternakan dapat bekerja. Namun dari 30 contoh prospek kerja prodi peternakan diatas, itu membuktikan bahwa jurusan peternakan mempunyai prospek kerja yang sangat luas dan terus berkembang. Dimana dalam perkembangannya para tenaga kerja di bidang peternakan ke depannya dapat menjadi sumber daya manusia yang tangguh bagi Indonesia dalam menghadapi globalisasi saat ini. Saat ini program studi ilmu peternakan terdapat di beberapa Universitas di Indonesia. Silahkan Kamu pilih-pilih saja ya.

Selamat berkuliah …