GrandMedia – Anda pelajar? Bingung kuliah mau ambil jurusan apa? Mungkin kebingungan anda disebabkan oleh pertanyaan pertanyaan yang sangat familiar “kalo ambil jurusan A, nanti setelah lulus mau jadi apa? Kerja dimana? Gajinya berapa?” pertanyaan pertanyaan itu sering muncul ketika anda di masa transisi dari SLTA ke bangku perkuliahan. Sepakat? Atau ada pendapat lain?

Pernahkah anda mendengar kata Geologi? atau asing ditelinga? tapi tahukah anda prospek kerja dari lulusan teknik geologi? berapa gaji perbulan? Anda  yang berminat untuk mendalami bidang ini, harus menguasai dasar – dasar seperti kimia, matematika, dan fisika. Itu sebagai modal awal anda dalam menempuh study di jurusan teknik geologi, mengapa demikian?

Teknik geologi  adalah suatu ilmu yang mempelajari dan mengembangkan pengetahuan yang berkaitan dengan kebumian seperti, bentuk muka bumi, material penyusun bumi, jenis batuan , sifat – sifat fisik dan kimia, bentuk batuan, proses pembentukannya serta sejarah bumi dan terapannya seperti geologi minyak dan gas bumi, geologi teknik, geohidrologi, geologi tata lingkungan, geologi tambang, dan lain-lain. Teknik geologi berperan sebagai wahana pengkajian dan pemanfaatan sumberdaya alam (mineral, energy, dan air) serta penerapan kerakayasaan , lingkungan hidup, dan mitigasi bencana. Untuk itu dalam proses pembelajaran mahasiswa teknik geologi tidak hanya belajar di ruang kelas dan laboratorium namun akan banyak juga pembelajaran yang dilakukan secara langsung dilapangan, sehingga dibutuhkan kebugaran yang stabil dari mahasiswa yang mendalami bidang ini, terdengar berat bukan? Mungkin setelah anda mengetahui prospek kerja dan penghasilannya itu akan mengurangi beban anda.

Prospek kerja Teknik Geologi

Sektor swasta :

  1. Konsultan
  2. Kontraktor
  3. Perusahaan pertambangan (PT. Adaro Indonesia, PT. Antam Resourcindo, PT. Antang Gunung Meratus, PT. Berau Coal, PT. Bumi Resource Tbk., PT. Bangun Nusantara Jaya Makmur, PT. Kideco Jaya Agung, dll.)
  4. Perusahaan perminyakan (Halliburton, Husky Oil (Madura) Ltd., Halmahera Petroleum Ltd., Geofisik Petro Perdana, Fairfield Indonesia, Elnusa, Exxon Mobil Oil Indonesia Inc., ENI Indonesia, CITIC Seram Energy Limited, Chevron Indonesia, Chevron Pasific Indonesia, BP Indonesia)
  5. Perusahaan geoservice
  6. Supplier
  7. Pengembangan pemukiman
  8. Dll

Sektor pemerintah:

  1. Deprtemen energi dan sumberdaya mineral
  2. Menteri Negara lingkungan hidup
  3. BPPT
  4. Bappedal
  5. Bapedalda
  6. Departemen Dalam Negeri
  7. LIPI
  8. BUMN (PT. Pertamina, PT. Bukit Asam)
Geologi Dasar
Geologi Dasar
Developer: IMK-DEV
Price: Free
  • Geologi Dasar Screenshot
  • Geologi Dasar Screenshot
  • Geologi Dasar Screenshot
  • Geologi Dasar Screenshot

Penghasilan Teknik Geologi

Melihat prospek kerja diatas tentunya anda sudah bisa membayangkan berapa gaji atau penghasilan lulusan teknik geologi, jika dikalkulasikan penghasilan fresh graduate teknik geologi dari berbagai perusahaan dari  yang terendah sampai yang tertinggi baik itu perusahaan swasta atau pemerintah, lokal dan internasional, rata – rata gaji fresh graduate teknik geologi yaitu dari  8-25 jt / bulan.

Menggiurkan bukan? Tentunya upah yang besar sebanding dengan resiko yang di emban dalam bekerja, untuk itulah dalam prosesnya mahasiswa teknik geologi di tuntut sedemikian rupa baik dalam keilmuan, fisik, dan mental. Semoga artikel ini dapat memberikan sedikit pandangan kepada anda, Semoga bermanfaat.

“Proses akan berbanding lurus dengan hasil”