Grand MediaProspek Kerja Mahasiswa Akuntansi –  Bagi mahasiswa akuntansi tidak perlu risau mengenai karir. Sebab karir di bidang akuntansi bisa dikatakan sangat menjanjikan alias menggiurkan. Selain itu prospek kerja di bidang akuntansi pun terjamin dalam hal peningkatan karirnya. Sehingga tidak lah heran jika jurusan akuntansi menjadi salah satu program studi paling populer. Karena popularitasnya tersebut tentu persaingannya pun cukup ketat. Selain dituntut professional, bagi Kamu yang ingin kuliah jurusan akuntansi dan ingin meniti karir di bidang ini harus mempunyai keahlian plus. Misal seperti mampu mengikuti perkembangan teknologi serta memanfaatkannya untuk kepentingan perusahaan.

Apa tugas seorang akuntan ?

Berbicara mengenai akuntansi tentu tidak lepas dari masalah-masalah keuangan.  Singkatnya, seorang akuntan umumnya mempunyai tugas membuat catatan keuangan di sebuah perusahaan.  Tidak hanya diperusahaan swasta, didalam pemerintahan pun seorang akuntan sangat dibutuhkan. Akuntan bertugas untuk menyiapkan laporan keuangan seperti perpajakan, dan memastikan pajak dibayar tepat waktu. Selain itu seorang akuntan juga harus mampu menganalisa keadaan keuangan sehingga dapat memberikan saran cara untuk meningkatkan keuangan dengan cara mengevaluasi anggaran. Biasanya akuntan membuat rekomendasi kepada manajer mengenai pemangkasan-pemangkasan biaya operasional, hal itu dilakukan agar suatu usaha dapat berjalan dengan efisien dan tentunya meningkatkan keuntungan dari usaha tersebut. Mengingat sakralnya tugas seorang akuntan, maka profesionalitas sangatlah dibutuhkan dalam bidang ini. Beberapa akuntan juga menginvestigasi semua keucarangan dalam perjalan suatu usaha / organisasi. Selain membuat laporan keuangan dan rekomendasi, seorang akuntan juga harus menjelaskan secara gamblang kepada manajer, pemegang saham dan pihak-pihak lainnya yang teribat.

Bagaimana Prospek Kerja Jurusan Akuntansi ?

Berdasarkan data statistic terbaru dari Biro Tenaga Kerja Amerka, rata-rata pemasukan seorang akuntan adalah $65,940 per tahun. Namun jumlah pemasukan seorang akuntan dengan akuntan lainnya tentu sangat bervariasi, tergantung bidang, lokasi, jam kerja, pengalaman kerja dan berbagai faktor lainnya.

Profesi akuntasi memang bisa dibilang sangat menjanjikan. Karena seorang akuntan sangat dibutuhkan diberbagai bidang bisnis. Bisnis model apa pun pastinya membutuhkan akunansi. Bisa dikatakan bahwa akuntansi ini merupakan  nyawa administrasi perusahaan. Besar kecilnya perusahaan tetap akan membutuhkan akuntansi.

Gaji Akuntan Menurut Bidang Kerjanya

Sebelum masuk ke gaji mari Kita ulas dulu sedikit mengenai profesi-profesi di bidang akuntansi. Profesi di bidang akuntansi tidak hanya satu.  Berikut ini beberapa profesi akuntasi yang mungkin belum Kamu tau.

  1. Akuntan public
  2. Akuntan Intern
  3. Akuntan Pemerintah
  4. Akuntan Pendidik
  5. Akuntan yang bekerja di luar bidang akuntansi

Sekarang Kamu tinggal pilih saja. Dimana Kamu akan berkarir. Semua profesi-profesi yang tersebut tentunya mempunyai prospek yang cerah.  Untuk gaji seorang akuntan sendiri dapat dibagi menjadi beberapa bidang kerja.

Bidang KerjaMedian Gaji/tahun*
Akuntan & auditor$65,940
Analis Manajemen$80,880
Manajer Keuangan$115,320

Perlu diingat bahwa gaji seorang akuntan dengan akuntan lainnya tentu bervariasi. Itu semua tergantung dari bidang, lokasi, jam kerja serta faktor-faktor lainnya yang menentukan besarnya gaji akuntan.

Prospek Kerja Akuntansi

  1. Akuntansi Public

Akuntansi public dapat bekerja secara individual atau dengan bergabung di perusahaan. Umumnya seorang akuntan public bertugas untuk menyiapkan dan menganalisa berbagai dokumen penting dan laporan keuangan. Jika Kamu berencana manjadi seorang akuntan public maka Kamu harus paham terhadap regulasi perpajakan dan terus mengikuti perkembangan terbaru dari regulasi perpajakan tersebut.

  1. Petugas Akuntansi

Profesi yang satu ini yaitu mencatat data-data penting dalam sebuah perusahaan dan memperbaharui dokumen keuangan. Petugas akuntasi sangat berbeda dengan akuntan. Karena petugas akuntansi tidak menganalisa data secara mendetail seperti seorang akuntan.

  1. Manajer Akuntansi

Manajer akuntasi merupakan pemberi keputusan dalam sebuah perusahaan. Menjadi seorang manajer akuntasi tentu Kamu harus lihai dan jeli dalam melihat data-data keuangan. Karena menggunakan data-data keuangan lah seorang manajer akuntasi mengambil keputusan. Seorang manajer akuntansi merencanakan anggaran dan menjadi atasan dari para akuntan yang bekerja di sebuah perusahaan. Selain harus lihat dan jeli, Kamu juga dituntut untuk memiliki keahlian dalam berkomunikasi serta memimpin dan menginterpretasikan data keuangan untuk melahirkan sebuah solusi atau pun rekomendasi strategi bagi suatu perusahaan.

  1. Asisten Akuntansi

Tugas utama dari seorang asisten akuntasi yaitu membantu pekerjaan seorang akuntan. Bisa dibilang ini merupakan kesempatan yang cukup baik untuk mengawali Karir Kamu menjadi seorang akuntan handal.

  1. Certified Public Accountants (CPA)

Seorang CPA bertugas untuk melakukan audit hingga menganalisa keuangan, memberikan masukan untuk kebijakan keuangan, serta melaporkan konsekuensi pajak.  Sebelum dapat menempati profesi ini, perlu terlebih dahulu lulus ujian sertifikasi  CPA.

  1. Akuntan Biaya

Tugas dari seorang akuntan biaya yaitu menganalisa biaya dari suatu perusahaan dan memberikan masukan serta solusi agar biaya-biaya tersebut dapat dipangkas, sehingga keuangan perusahaan dapat dimaksimalkan.

  1. Account Officer

Tugas seorang Account Officer yaitu menilai, mengevaluasi, dan mengusulkan nilai pinjaman atau piutang yang dapat diberikan oleh sebuah perusahaan atau instansi ke pihak luar.

  1. Akuntan Pendidik

Selain bekerja di perusahaan swasta, BUMN dan organisasi lainnya. Kuliah jurusan akuntasi juga bisa menjadi pendidik baik itu di perguruan tinggi atau di sekolah-sekolah.

  1. Pegawai Negri Sipil

Hampir setiap pembukaan lowongan Calon Pegawai Negri Sipil terdapat formasi yang tersedia untuk lulusan jurusan akuntansi. Jurusan akuntansi sangat dibutuhkan di instansi pemerintah untuk menangani urusan keuangannya. Namun yang paling banyak membutuhkan lulusan jurusna akuntansi adalah Kementrian Keuangan dan Dirjen Perpajakan.

  1. Sektor Swasta, BUMN, dan Organsiasi Non Pemerintah

Kuliah jurusan akuntansi mempunyai prospek di berbagai sektor seperti sektor swasta, BUMN atau pun organisasi Non Pemerintah. Kenapa dibutuhkan ? Karena swasta dan organisasi pemerintah pun membutuhkan jasa seorang akuntan untuk mengelola keuangannya secara professional.

  1. Wirausaha

Tidak ada batasan bagi mahasiswa lulusan akuntasi untuk masuk ke berbagai bidang di dunia usaha. Karena itu tidak menutup kemungkinan seorang mahasiswa jurusan akuntansi dapat membuka wirausaha dan membangun sebuah perusahaan dengan kemampuannya dalam mengelola keuangan secara professional.