Grand Media – Prospek Kerja agribisnis sangatlah luas, hal itu diikuti oleh kemajuan sektor ekonomi yang bersumber dari sumber daya hayati yang terus berkembang, secara otomatis peluang kerja agribisnis pun tentunya akan semakin cerah pula. Secara umum agribisnis ini merupakan sistem yagn terintegrasi pada aktivitas produksi usaha tani (on farm) serta pendukungnya seperti benih, pupuk dan alat-alat mesin pertanian. Agribinis sangat erat kaitannya dengan hal-hal yang berkaitan dengan pengolahan hasil pertanian, distribusi, pemasaran hasil pertanian, serta kelembagaan pendukung seperti penyuluhan, komunikasi, informasi, pembiayaan, investasi dan hal-hal yang berkaitan dengan birokrasi. Sampai situ Kita mendapatkan gambaran jelas bahwa agribisnis mempunyai potensi kerja yang bagus.

Jangan berpikiran bahwa mahasiswa yang kuliah jurusan agribisnis itu akan  kerja di sawah, ladang, kebun, sama sekali bukan. Pemikiran seperti itu cukup keliru. Kuliah program studi agribinis tentu akan menitikberatkan pada bidang keilmuan yang membahas mengenai sebuah bisnis dan tata cara menglola lingkungan agar aktivitas bisnis tersebut mempunyai dampak positif terhadap lingkungan. Lingkungan disini bisa berarti lingkungan sosial mau pun alam. Bisnis di bidang pertanian pun sangat luas, bukan hanya diperkebunan saja, tetapi mencangkup semua hal yang berhubungan dengan peternakan, perikanan, kehutanan, budidaya dan lain-lain.

Kenapa peluang kerja Agribisnis cerah ?

Tiap tahun selalu ada isu-isu mengenai kekurangan pangan disejumlah negara di Dunia. Isu tersebut tidak luput dari kemampuan sektor pertanian untuk memenuhi kebutuhan pangan yang masih menjadi perdebatan di dunia Internasional. Hal itu bisa saja karena pertumbuhan populasi yang tinggi, yang menyebabkan kebutuhan pangan meningkat, perubahan iklim, ketersediaan air, bencana alam, ketahanan pangan dan lain-lain. Bahkan di Indonsia sendiri agribisnis sangatlah dibutuhkan.

Itulah beberapa alasan kenapa agribisnis itu penting.

Sekarang kita akan membahas, Jurusan Agribisnis kerja dimana ?

Sebelum Kita lanjut, mari kita pisah dulu satu-satu. Bedakanlah kata bekerja dan kata berbisnis. Secara umum kerja itu waktunya telah ditentukan, namun beda halnya dengan berbisnis yaitu Kita sendiri yang menentukan waktu untuk membangun / menjalankan sebuah proyek yang akan Kita kerjakan.

Kamu bisa menentukan masa depanmu setelah lulus nanti. Bisa menjadi seorang pebisnis, manajer atau dosen. Jurusan agribisnis sangatlah dibutuhkan di Indonesia karena negri ini butuh orang-orang professional untuk membangun perekonomian negara melalui bidang agri bisnis.

Contoh peluang kerja jurusan agribisnis :

NoPeluang Kerja
1Pegawai Negeri Sipil (PNS) bidang Pertanian Kementrian, Dinas Provinsi, Dinas Kabupaten/Kota.
2Tenaga Pengajar seperti Dosen.
3Peneliti di LIPI dan badan-badan peneliti lainnya.
4Badan Perencana Pembangunan Daerah (BAPPEDA).
5Badan Pusat Statistik (BPS).
6Dinas Koperasi.
7Bulog/Dolog.
8Dinas Perindustrian dan Perdagangan.
9Di Perusahaan/BUMN.
10Bank Pemerintah/Swasta.
11Lembaga Keuangan, Asuransi.
12Perusahaan Pengadaan Sarana Produksi Pertanian.
13Lembaga Swadaya Masyarakat.
14Pusat Koperasi Unit Desa (PUSKUD).
15Koperasi Unit Desa (KUD).
16Perusahaan Konsultan Agribisnis.
17Konsultan di Bidang pertanian.
18Membuka Usaha Pembibitan dan Pembuatan Pupuk atau Pestisida.
19Wirausaha seperti usaha kebutuhan Sandang, Pangan, Papan.
20Menjadi fasilitator pemberdayaan masyarakat (LSM) dalam bidang agribisnis.
21Mengabdikan diri untuk menjadi birokrat dan perencana pembangunan Pertanian pada pemerintah di level nasional, propinsi dan kabupaten serta pada lembaga internasional seperti World Bank, USAID dan lainnya.
22Menjadi manajer agribisnis profesional, baik di perusahaan nasional maupun multinasional yang bergerak pada komoditas perkebunan, pangan, hortikultura, agroindustri, jasa logistik dan lainnya, termasuk pada lembaga pembiayaan (perbankan).
23Pegawai Negeri Sipil (PNS) bidang Pertanian Kementrian, Dinas Provinsi, Dinas Kabupaten/Kota.

Sebenarnya masih banyak lagi peluang kerja agribisnis ini. Melihat peluang kerja tersebut agribisnis tentu mempunyai prospek yang cukup cerah. Namun ada tantantangan tersendiri bagi kamu yang nantinya akan berbisnis. Untuk menciptakan sebuah peluang bisnis dalam bidang agribisnis bukanlah sebuah perkara yang mudah. Perlu ketekunan, kesabaran, keahlian serta profesionalistas yang tinggi dalam menjalankannya.

Semoga artikel ini bermanfaat. Silakah bagikan informasi mengenai peluang kerja agribisnis ini. Terimakasih. (Grand Media)