GrandMedia.idprospek kerja jurusan ilmu komunikasi – Mahasiswa jurusan ilmu komunikasi di didik agar menjadi komunikator professional yang mendalami berbagai aspek konseptual – teoritik atau riset. Ada banyak peluang kerja atau prospek kerja mahasiswa komunikasi di berbagai bidang. Tempat kerja mahasiswa ilmu komunikasi bisa bergantung pada konsentrasi studi mahasiswa tersebut. Biasanya tiap universitas memberi pilihan konsentrasi yang berbeda kepada mahasiwanya namun umumnya jurusan ilmu komunikasi itu meliputi hal-hal yang berkaitan dengan public relation, pemasaran, periklanan, kajian media, jurnalisme dan lain-lain.

Dalam jurusan Ilmu komunikasi pastinya kamu akan lebih belajar secara mendalam mengenai aspek-aspek komunikasi, baik itu secara teori dan secara praktinya. Bisa dibilang bahwa jurusan ini merupakan gabungan antara ilmu dan seni dalam mengolah sebuah pesan.

Mahasiswa Ilmu Komunikasi biasanya berorientasi pada problem based learning diaman mahasiswa dituntut untuk mandiri, kaya akan pengalaman belajar, tanggap dalam perkembangan serta peranan sosial. Intinya mahasiswa komunikasi ini harus bisa menyatukan keterampilan, kehalian, professional dan keilmuan komunikasi yang cukup mendalam sehingga menjadi komunikator professional.

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi

Seperti yang sudah disinggung sebelumya bahwa jurusan ilmu Komunikasi sangatlah luas, peluang kerja tersebut misalnya periklanan, public relation dan lain-lain. Berikut ini prospek kerja mahasiswa Ilmu Komunikasi :

  1. Manajer Produksi
  2. Presenter
  3. Master of Ceremony (MC)
  4. Event Organizer
  5. Wartawan
  6. Kolumnis
  7. Editor Berita Surat Kabar
  8. Negosiator Perusahaan
  9. Marketing Perusahaan
  10. Konsultan Manajemen Media
  11. Media Relation Officer atau juru bicara instansi
  12. Script Writer
  13. Agen Promosi Kehumasan
  14. Konsultan multimedia
  15. Pembuat Film
  16. Praktisi Periklanan / Advertising
  17. Marketing Communication
  18. Fotografer
  19. Broadcaster
  20. Kameramen
  21. Pengusaha

Sebetulnya masih banyak lagi peluang kerja / prospek kerja mahasiswa Ilmu Komunikasi. Prospek kerja mahasiswa Ilmu Komunikasi cakupannya sangat luas. Hampir disemua sektor membutuhkan mahasiswa lulusan jurusan komunikasi. Tidak hanya perusahaan swasta dan BUMN saja melainkan juga alam lembaga pemerintahan mahasiswa Ilmu Komunikasi sangat dibutuhkan.

Kesitimewaan jurusan ini adalah ilmu komunikasi tidak akan pernah tertinggal oleh kemajuan sebuah zaman. Di era serba canggih ini, misal sebuah perusahaan mencari lulusan marketing untuk menjalankan sebuah kegiatan digital atau social media marketing. Disinilah mahasiwa komunikasi masuk. Hampir disemua sektor mahasiswa ilmu komunikasi selalu dibutuhkan.