GrandMedia – Detoks (Detox). Mungkin, Kamu sudah pernah mendengar istilah tersebut. Atau mungkin salah satu dari Kamu pernah melakukannya. Nah, bagi yang belum tau, apa itu detoks harap simak baik-baik. Kita akan ulas satu persatu. Detoks merupakan salah satu cara alamian agar tampil lebih cantik dan sehat. Cara ini sangat cocok bagi Kamu yang mempunyai keluhan kulit kusam tidak bersinar, berat badan yang sulit dikendalikan, rambut rontok, menipis atau sulit ditata serta berbagai masalah kecantikan lain yang biasa dikeluhkan oleh para wanita dan kita bisa mengatasi itu semua dengan cara detoks.

Sampai sini mungkin Kamu timbul pertanyaan, Apa detoks itu ? Bagaimana cara kerja detoks ? Apa saja manfaat detoks untuk kesehatan tubuh ? Dan mengapa Kita memerlukan yang namanya detoksifikasi ?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan Kita ulas satu persatu. Kita akan mengulas seputar detoks lebih mendalam dan komprehensip, dimulai dari pengertian, mekanisme, manfaat sampai alasan kenapa kita harus melakukan detoks.

Apa itu Detoks ? Sebelum Kamu memulai untuk melakukan detoksifikasi pada tubuhmu, hal pertama yang harus Kamu lakukan adalah Kau harus paham terlebih dahulu arti kata detoks (detox).

Pengertian Detoks

Pengertian Detoks menurut Dr. RobertDemaria, detoks atau detoksifikasi adalah proses mengembalikan keseimbangan tubuh yang beracun dengan cara mengeluarkan racun-racun yang memenuhi organ tubuh dan mengganggu kesehatan tubuh. Dalam hal ini, detoksifikasi mempunyai arti purifikasi atau pemurnian. Purifikasi merupakan hal yang penting bagi tubuh, hal itu agar keseimbangan yang terganggu karena terkontaminasi oleh berbagai zat kimia bisa kembali menjadi lebih sehat. Jadi intinya pengertian detoks adalah cara atau suatu proses pembuangan kadar toksin, racun atau zat-zat kimia berbahaya dari dalam tubuh. Contoh toksin dari dalam tubuh yaitu steroid, asam empeduat, estrogen dan androgen.

Setelah Kamu tau pengertian detoks, Kita lanjut ke pembahasan selanjutnya yaitu apa manfaat detoks ?

Manfaat Detoks

Ada banyak manfaat detoks bagi kesehatan tubuh dan Kecantikanmu, manfaat detoks tersebut diantaranya :

  1. Menurunkan berat badan berlebih
  2. Dapat meningkatkan energi
  3. Memperbaiki fungsi liver dan ginjal
  4. Meremajakan sel-sel sehingga kulit akan tampak lebih bersih, bersinar, putih, kencang dan lembut
  5. Meningkatkan daya tahan tubuh yang lemah
  6. Meningkatkan vitalitas, dengan detoks staminamu bisa bertambah
  7. Melancarkan peredaran darah dan getah bening
  8. Menghilangkan selulit
  9. Memperbaiki tekanan darah
  10. Memperbaiki kada gula darah yang tidak sehat
  11. Memperbaiki daya ingat yang lemah

Selain mempunyai banyak manfaat, detoksifikasi juga diperlukan karena alasa tertentu seperti mencegah penyakit, membersihkan organ dalam tubuh, membersihkan jerawat, dapat memperlambat proses penuaan dan meningkatkan fertilitas.

Mekanisme Detoks

Secara garis besar, terdapat dua mekanisme yang digunakan liver untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Dua mekanisme yang dimaksud adalah sebagai berikut :

  1. Mengubah toksin menjadi bentuk yang larut kedalam lemak. Secara alamian, lemak tersebut akan segera mengikat toksi yang masuk ke tubuh. Oleh sebab itu, toksi harus dilepaskan terlebih dahulu darii jaringan lemak. Inilah yang disebut dengan fase pertama.
  2. Mengubah toksin menjadi entuk yang dapat larut kedalam air agar toksin tersebut bisa dikeluarkan melalui saluran urine dan usus. Dengan mekanisme kedua ini, tidak aka nada racun yang tersisa pada jaringan, termasuk pada jaringan otak dan saraf pusat. Selanjutnya yaitu toksin akan keluar secara perlahan melalui aliran darah. Kemudian setelah itu akan timbul gejala seperti penyakit yakni ditandai dengan munculnya gejala krisis penyembuhan (bealing Crises) Ini yang dinamakan fase kedua.

Setelah Kamu tau Pengertian, manfaat dan mekanisme detoks. Lanjutkan ke tulisan berikut Cara Melakukan Detoks.