peluang bisnis pertanian

GrandMedia – Peluang Bisnis Pertanian bersumber dari hasil pertanian yang sebagian besarnya menjadi kebutuhan primer yang dikonsumsi masyarakat. Keadaan tersebut merupakan sebuah peluang bagi mereka yang mau terjun ke dunia pertanian secara profeional.

Mengetahui hal itu, GrandMedia merangkum beberapa peluang bisnis dalam bidang pertanian.

  1. Penjual Bibit Tanaman

Bisnis menjual bibit tanaman memang cukup sulit bagi pemula. Anda perlu menjadi ahli pembibitan agar bisa bersaing dengan perusahaan-perusahaan besar. Tetapi tidak perlu risau, dengan ketekunan dan fokus kerja keras usaha pembibitan Anda akan sukses. Banyak sekali informasi yang bertebaran di internet seputar pembibitan. Pelajari lebih mendalam, dimulai dari cara pembibitan hingga masuk ke pemasaran.

  1. Menanam Sayuran & Buah Organik

Masyarakat sekarang maupun dimasa yang akan datang akan semakin pintar dan modern dalam memilih gaya hidup sehat. Sebagian dari mereka lebih memilih mengkonsumsi sayuran dengan sedikit atau bahkan tidak menggunakan pestisida dalam proses penanamannya.

Gaya hidup masyarakat tersebut merupakan sebuah peluang yang cukup besar. Bahkan target pasarnya pun cukup jelas, mulai dari kalangan atas, menengah, hingga kalangan bawah.

Usaha sayuran dan buah organic dibutuhkan bukan hanya di kalangan masyarakat saja. Berbagai perusahaan pangan seperti hipermart, careffore dan lain-lain membutuhkan sayur dan buah organik.  Orang yang sukses dalam bisnis ini salah satunya adalah Bob Sadino. Simak “Kisah Bob Sadino, Sukses Membangun Kerajaan Bisnisnya”.

  1. Menjual Pupuk dan Obat Pertanian

Bisnis penjualan pupuk akan lebih laku jika di daerah Anda sebagian besar penduduknya memiliki mata pencaharian sebagai petani yang mempunyai kebun, sawah dan lain-lain. Akan tetapi itu semua tidak harus menjadi patokan terhadap laku atau tidaknya bisnis ini.

Bisnis pupuk mempunyai prospek yang cukup cerah. Apalagi jika Anda dapat membuat produk pupuknya sendiri. Anda bisa mendirikan perusahaan pupuk. Selain membuka lapangan pekerjaan, bisnis ini juga akan bertahan lama jika dibarengi dengan kreatifitas. Cobalah mempelajari target pasar, penempatan produk hingga segmentasinya.

  1. Budidaya Tanaman Hias

Bisnis tanaman hias merupakan salah satu bisnis yang cukup prospektif. Akan tetapi untuk memulai bisnis ini Anda harus mempunyai pengetahuan tentang tanaman hias, dimulai dari cara menanam hingga merawat tanaman hias tersebut.

Selain itu, yang perlu diperhatikan adalah lokasi binis. Lokasi bisnis yang strategis akan membantu usaha Anda menjadi lebih mudah dalam menggaet pembeli. Tapi jika memang tidak ada lokasi yang strategis, Anda tidak perlu khawatir. Pasarkan tanaman hias Anda melalui internet. Lebih baiknya lagi Anda membuat website sendiri untuk memasarkan tanaman hias Anda.

  1. Bisnis Bumbu dan Rempah-Rempah

Bumbu dan Rempah-rempah punya peranan yang cukup penting dalam pengolahan makan. Bahan-bahan tersebut memberikan rasa, warna dan roma sedap pada masakan. Bumbu dan rempah-rempah yang dimaksud adalah seperti Daun Bawang, Cabai, Bawang-bawangan, Serai, Jahe, Kunyit, Kencur, Temu Kunci dan lain-lain.

Semua bumbu dan rempah-rempah tersebut sangat dibutuhkan dalam dunia kuliner. Seperti yang kita ketahui bahwa perkembangan bisnis kuliner Indonesia tidak pernah redup. Segala bentuk jenis bisnis kuliner dengan berbagai inovasi terus bermunculuan.

Itu merupakan salah satu faktor, kenapa bisnis ini cukup menguntungkan. Masih banyak faktor-faktor lain yang membuat bisnis memang terlihat cukup menggiurkan.

Salah satu pengusaha sukes di bidang ini adalah Adi Pramudya. Simak Kisah Adi Pramudya, Pengusaha Sukses Rempah-rempah”.

  1. Jual Alat & Mesin Pertanian

Alat dan mesin pertanian merupakan hal yang penting bagi masyarakat Indonesia yang sebagian besar penduduknya mempunyai mata pencaharian sebagai petani. Tanpa media alat atau mesin petanian kegiatan pertanian tidak akan berjalan dengan maksimal.

Untuk itu alat dan mesin pertanian sangat dibutuhkan oleh para petani untuk menggarap lahanya. Sebetulnya usaha untuk menjual alat dan mesin pertanian ini bisa digabungkan dengan usaha-usaha lainnya seperti menjadi distributor pupuk, bibit tanaman, remapah-rempah dan lain-lain. (GrandMedia)