GrandMedia – Pantai Ngedan atau Pantai Ngeden saat ini menjadi primadona bagi penggemar pantai di Kabupaten Gunung Kidul. Dengan keadaan alam yang cukup alami, bersih dan terawatt, pantai ini memberikan nuansa alam tersendiri. Bukit karang yang menjulang tinggi, menahan setiap deburan ombak yang datang, suaranya jelas nyaring terdengar di telinga para wisatawan yang sedang asik bersantai di pinggiran pantai. Keseruan itulah yang paling menarik.

Pantai Ngeden Gunung Kidul

Pantai Ngeden Gunung Kidul

Pantai Ngedan termasuk pantai underrated di Gunung Kidul. Namun keindahan pantai ini boleh di adu dengan pantai-pantai lain seperti Pantai Pok Tunggal, Pantai Drini, Pantai Sepanjang, Pantai Sundak, Pantai Krakal dan pantai Gunung Kidul lainnya.

Bukit yang menjulang tinggi di sekitar Pantai Ngedan bukan hanya sebagai penghias saja. Bukit-bukit tersebut juga sering dijadikan tempat bersantai dan bermain oleh para wisatawan. Ada juga para wisatawan, biasanya wisatawan dari kalangan mahasiswa mendirikan tenda jenis dome di atas bukit tersebut.

Pantai Ngeden Gunung Kidul

 Pantai Ngeden Gunung Kidul

Fasilitas

Tempat Parkir, Gardu Pondok Peristarahatan, Warung makan dan minuman.

Lokasi dan Aksebilitas

Pantai Ngaden atau Pantai Ngeden berada di Desa Krambil Sawil, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Disebelah timur pantai Ngaden terdapat pantai Gesing dan sisi barat bukit karang terdapat Pantai Nglimun.

Dari tempat parkir, ada dua akses jalan. Akses jalan pertama langsung menuju pantai dan akses jalan kedua menuju gardu pandang. Akses jalan pertama yang menuju Pantai, Anda akan berjalan sekitar 7 meter diatas pasir putih untuk sampai ke sisi pantai. Sedangkan Akses jalan kedua yang menuju gardu pandang Pantai Ngeden, Anda akan melewati sedikit perkebunan menuju bukit-bukit indah. Jalannya cukup bagus.

Rute Ke Pantai Ngeden

Tidak ada angkutan umum yang mengantarkan Anda untuk sampai ke Pantai Ngaden. Disarankan untuk membawa kendaraan pribadi atau Anda juga bisa memanfaatkan jasa travel yang bertebaran di daerah Yogyakarta.

Ada dua rute menuju Pantai Ngeden. Rute pertama yaitu via Patuk, Rute kedua vis Selopamioro.

Rute Pantai Ngeden Via Patuk.

Dari Kota Yogyakarta ambil arah menuju wonosari, ikuti jalan tersebut hingga sampai ke Bukit Bintang,kemudian melewati hutan bunder, kemudian Anda akan menemukan pertigaan Lapangan Terbang Gading, ambil arah ke paliyan atau Pantai Ngobaran. Ikuti terus jalan tersebut hingga melewai Paliyan, Suaka Marga Satga Paliyan, kemudian sampai di jalan utama Gunung Kidul – Imogiri. Langsung saja menuju arah barat hingga menemukan jalan baru (ada makan Jeda), setetalah melewati makan tersebut ada pertigaan masjid Nurul Huda, ambil arah kiri masuk pertigaan ikut terus jalan tersebut sampai di ujung pertigaan tugu. Ambil arah kiri dan ikuti arah petunjuk jalan hingga ke Pantai Ngaden.

Rute Pantai Ngeden Via Selopamioro, Imogiri

Dari Kota Yogyakarta ambil arah ke terminal Giwangan, kemudian langsung saja menju  ke Jalan Imogiri Timur, ikuti jalan imogiri timur hingga ke pertigaan Pasar Imogiri, ambil arah kanan dan ikuti petunjuk jalan yang menuju ke kawasan Selopamioro. Dari Selopamioro kondisi jalan mulai berbelok-belok, ikut terus jalan tersebut hingga melewati hutan jati. Setelah itu Anda akan sampai di pertigaan Masjid Nurul Huda, ambil arah kanan, ikut terus jalan sampai ujung pertigaan tugu dan ambil arah kiri lalu ikuti petunjuk arah jalan hingga ke Pantai Ngedan. (GrandMedia)