GrandMedia –  Pantai Karang Nini merupakan pantai terindah di Jawa Barat. Mitos, Legenda, Misteri ditambah dengan eksotisme alamnya  menyatu menjadi satu melahirkan keindahan  yang dikemas dalam sebuah objek wisata.  Berkunjung ke Wisata Pantai Pangandaran yang satu ini sama seperti terapi untuk mengobati sepi, bosan, jenuh atau depresi.

objek wisata pantai karang nini pangandaran jawa barat

Keindahan Objek Wisata Karang Nini tidak kalah dengan wisata pangandaran lainnya seperti Pantai Batu Karas, Pantai Karapyak, Pantai Madasari. Keindahannya boleh di adu.

Legenda Karang Nini dan Bale Kambang

Seperti dilansir oleh GrandMedia dari mypangandaran.com, Karang Nini berasal dari kata bahasa Sunda, jika diartikan dalam bahasa Indonesia Karang Nini berarti Pekarangan Nini. Dikutif dari situs mypangandaran.com, bahwa pantai ini dinamai pantai nini karena terdapat batu-batu karang yang salah satunya menyerupai seorang nenek yang sedang menunggu si kakek, sehingga objek wisata pantai ini di namakan Pantai Karang Nini.

Namun sumber lain seperti ceritarakyatnusantara.com mengatakan bahwa nama pantai ini berasal dari cerita yang telah melegenda di kalangan masyarakat Desa Emplak, Kecamatan Kalipucang, Pangandaran. Legenda ini berawal dari kisah seorang nenek dan kakek (dalam bahasa sunda nini dan aki) yang sudah menjadi pasangan suami istri cukup lama, namun masih belum dikaruniai seorang anak juga.  Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, sang aki mencari ikan dilaut. Suatu hari, aki tersebut pergi melaut. Tidak seperti biasanya, hari sudah pagi namun sang aki belum kembali. Hingga nenek tersebut berdoa kepada Tuhan agar sang aki kembali dengan selamat. Singkat cerita setelah doa tersebut diucapkan, munculah sebuah batu dihadapannya dan terdengar bisikan ghaib yang memberitahukan bahwa batu besar yang dihadapannya merupakan penjelmaan dari sang Aki. Karena Cinta sang nenek begitu besar, Nenek tersebut berdoa kepada Tuhan agar Tuhan mengubahnya juga menjadi batu seperti sang Aki. Pada akhirnya nenek tersebut berubah wujud menjadi batu tepat berhadapan dengan batu jelmaan sang aki. Sejak saat itulah, pantai ini dikenal dengan nama Pantai Karang Nini.

wisata-pantai-karang-nini-jawa-barat

                           Pantai Karang Nini Pangandaran – Jawa Barat

Pantai Karang Nini, Pantai Terindah Di Jawa Barat

Sebetulnya berbicara atau klaim bahwa Objek Wisata Karang Nini merupakan pantai terindah di Jawa Barat, pastinya akan berbeda. Karena keindahan tidak bisa dinilai dari satu pihak saja. Namun jika melihat dari histori atau legenda yang berkembang, legenda tersebut menceritakan kisah cinta yang begitu dalam, ada banyak kesan filosofis yang bisa dijadikan pelajaran bagi sepasang kekasih untuk tetap bersama meski dalam derita. Cihuuiii.

Pahami filosofis serta pesan-pesan dalam legenda karang nini ini. Maka Anda akan sependapat bahwa Pantai Karang Nini adalah pantai terindah di Jawa Barat.

Fasilitas Objek Wisata Karang Nini

Dalam perjalanan untuk mencapai Pantai Karang Nini, Sobat GM akan menemukan Pondok Wisata. Pondok Wisata tersebut merupakan Pondok yang dikelola oleh Perhutani Kabupaten Ciamis. Ada banyak pilihan dengan berbagai tipe yang bisa Sobat GM pilih. Harganya pun kompetitif dengan penyesuaian tariff malam/siang.

Selain wisata Pantai, Sobat GM juga bisa menikmati objek wisata yang kaya akan sejarah, diantaranya :

  • Makam Cikabuyutan dan mata air Sumur Tujuh.
  • Goa Keramat, ada banyak Goa yang dianggap keramat seperti Goa Panjang, Goa Parat, Goa Dompet dan Goa Pendek. Setiap goa memiliki ciri khas serta sejarah ang berbeda.
  • Terdapat Makam Eyang Anggasinga Wencana dan Mahapatih Bagaspati
  • Aquarium Alam Muara Cipangbokongan.
  • Menara Pandang, dari Menara Pandang ini, Sobat GM dapat melihat Pulau Nusa Kambangan dan Cagar Alam Pananjung.

Harga Tiket Pantai Karang Nini

Harga tiket masuk Objek Wisata Pantai Karang Nini sebesar Rp.5000,/orang, sudah termasuk asuransi. Untuk informasi lebih lengkap mengenai update harga tiket masuk, tiket parkir dan lain-lain, silahkan hubungi nomor telepon : 0265 – 771042

Lokasi Wisata Karang Nini

Lokasi Objek Wisata Pantai Karang Nini terletak di Desan Emplak, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran dan berada di Provinsi Jawa Barat.

Aksebilitas (Rute Pantai Karang Nini)

  1. Transportasi Udara,  Sobat GM bisa menggunakan jasa layanan yang di sediakan oleh Susi Air. Untuk yang dari Jakarta bisa berangkat dari Bandar Udara Husein Sastranegara. Kemudian perjalanan menuju terminal Cijulang dengan menggunakan Bus jurusan Banjar. Lalu turun di Objek Wisata Pantai Karang Nini. Informasi lebih lanjut mengenai Susi Air, silahkan kunjungi langusng situs resminya www.susiair.co.id.
  2. Trasportasi Darat, bagi Sobat GM yang ingin berkunjung menggunakan transportasi darat berikut rute yang harus di tempuh :

    Transportasi Darat Bus

    Rute Perjalanan Pantai Karang Nini dari Jakarta. Jika Sobat GM mulai perjalanan ini dari jakarta dan sekitarnya, Sobat GM bisa naik Bus Budiman atau buslain dari terminal Kampung Rambutan jurusan Kabupaten Pangandaran, Bus jurusan tersebut akan melintasi daerah Bandung-Tasikmalaya-Ciamis-Banjar-Banjarsari-Padaherang-Kalipucang, kemudian turun di lokasi objek wisata, jangan lupa bilang ke kondektur untuk berhenti di gerbang masuk Objek Wisata Pantai Karang Nini.

    Rute  Perjalanan Pantai Karang Nini dari Cirebon. Bagi yang memulai rutenya dari Cirebon dan sekitarnya, Sobat GM bisa naik Bus dari terminal terdekat dengan Bus tujuan Banjar. Kemudian dari sana Sobat bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan kendaraan Bus Budiman ukuran 3/4. Jangan lupa, pesan ke kondektur agar diturunkan di lokasi wisata Pantai Karang Nini.

Video Pantai Karang Nini

Semoga bermanfaat. Terimakasih. (GrandMedia)