pantai batu hiu pangandaran

Pantai Batu Hiu Pangandaran – Jawa Barat || Sumber : google photos

GrandMedia – Hallo Sobat GrandMedia (GM), kali ini GM akan membahas Objek Wisata Pantai Batu Hiu. Salah satu ciri khas dari Pantai Batu Hiu yaitu pantai ini memiliki tebing yang cukup terjal dan tinggi. Karena hal tersebut Sobat GM bisa melihat dari atas tebing, berupa pemandangan yang lepas ke arah Samudra Hindia. Pantai ini juga disebut-sebut sebagai pantai terindah di propinsi Jawa Barat. Sampai-sampai musisi legendari Doel Sumbang mengungkapkan keindahan Pantai Batu Hiu didalam lirik lagunya yang berjudul Bulan Batu Hiu.

Legenda Pantai Batu Hiu

Asal usul dari nama Batu Hiu ini merupakan batu yang terlihat seperti hiu dan letaknya di bibir pantai. Dari sinilah Pantai ini dikenal dengan sebutan Pantai Batu Hiu. Namun ada cerita lain menurut rakyat, sekitar pada abat ke-11 ada pasukan buangan dari kerajaan Mataram yang dipimping oleh Aki Gede dan Nini Gede yang tiba dikawasan ini. Setibanya mereka di kawasan pantai, mereka memutuskan untuk beristirahat dan tinggal sementara di daerah bukit. Lalu Aki dan Nini Gede tersebut memberikan perintah kepada pasukannya untuk mencari makanan. Ki Braja Lintang yang merupakan salah satu pasukannya langsung pergi dan mencari ikan di pantai. Ikan yang di tangkap Ki Braja Lintang tersebut adalah ikan hiu. Mengetahui hal tersebut Aki dan Nini Gede malah menyuruh Ki Braja Lintang untuk melepaskan ikan hiu ke lautan. Ketika ikan tersebut dilepas, seketika ikan hiu itu berubah menjadi batu yang berwarna hitam dan berbentuk ikan hiu. Sampai saat ini sebagian masyarakat menganggap bahwa batu yang berbentuk ikan hiu itu merupakan hasil buruan Ki Braja Lintang. Dan hingga sekarang pantai ini dinamakan Pantai Batu Hiu oleh masyarakat setempat yang hingga akhirnya dikenal oleh banyak orang.

Pantai Batu Hiu terletak di Ds. Ciliang, Kecamatan Parigi,  jarak tempuh kurang lebih sekitar 14 km dari Pangandaran ke arah Selatan. Seperti yang diceritakan sebelumnya, Sobat GM bisa melihat pemandangan yang lepas kea rah Samudra Hindia, caranya yaitu dengan naik  ke atas bukit kecil di pantai ini. Setelah sobat GM naik disitu sobat akan benar-benar mengerti. Kenapa pantai ini di namai Pantai Batu Hiu. Sobat GM bisa melihat batu berderet yang menyerupai sirip ikan hiu. Hati-hati, gunakan alas kaki yang tidak licin agar sobat GM tidak terpeleset.

Selanjutnya, Sobat GM juga akan melihat tanaman Pandan Wong. Tanaman ini yang akan menemani Sobat GM untuk menikmati pantai Batu Hiu. Kemudian Sobat naik ke atas bukit, maka akan melewati gerbang bukit yang membentuk terowongan kecil mirip seperti ikan hiu. Rasanya seperti masuk ke dalam mulut hiu. Nah, jika sobat ingin berenang, harap berhati-hati dengan ubur-ubur yang banyak berserakan di bibir pantai.

Fasilitas Wisata Pantai Batu Hiu

Tidak usah khawatir dengan fasilitas. Sobat GM dapat menikmati berbagai fasilitas yang ada di Objek Wisata Pantai Batu Hiu. Ada banyak penginapan yang jaraknya tidak terlalu jauh dengan pantai ini.

Tiket Masuk Pantai Batu Hiu

  1. Pejalan Kaki Rp. 7.500 per orang
  2. Kendaraan Roda Dua Rp 7.500 per kendaraan
  3. Kendaraan Roda Empat (Jeep, Edan, Carry) Rp. 36.000 per kendaraan
  4. Bus Kecil Rp. 86.000
  5. Bus Sedang Rp. 106.000
  6. Bus Besar Rp. 172.000

*Harga tiket bisa berubah sewaktu-waktu

Lokasi Pantai Batu Hiu

Seperti yang telah di sebutkan di atas sebelumnya bahwa pantai ini terletak di Ds. Ciliang, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran. Oh iya, mengenai jarak tempuh, rute atau aksebilitas untuk berwisata ke Pantai Batu Hiu ini sama seperti pantai-pantai pangandaran lainnya. Jika Sobat GM pernah berkunjung ke Pantai Pangandaran atau sobat pernah membaca artikel sebelumnya mengenai Objek Wisata Pantai Pangandaran Jawa Barat, Sobat GM akan dengan mudah menemukan Pantai Batu Hiu.

Kontak Pengelola Wisata

Untuk informasi lebih lanjur Sobat GM bisa mengunjungi website www.mypangandaran.com. Ata Sobat GM juga bisa memanfaatkan layanan pesan singkat yang disediakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Pangandaran. Caranya yaitu ketik PND#pesananda kemudian kirim ke nomor 0857 2222 4684

*ada info keliru atau ada info yang ingin ditambahkan oleh Sobat GM silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaat. Terimakasih. (GrandMedia)