Pantai wohkudu gunung kidul Yogyakarta

GrandMedia – Perihal eksotisme dan  keindahan memang harus dibayar dengan harga yang mahal. Bukan persoalan materi atau hanya untuk memenuhi catatan diary. Ini tentang bagaimana kita bersyukur atas nikmat dan karunia yang diberikan oleh Tuhan.

Hello Sobat GrandMedia (GM), berbicara mengenai nikmat alam semesta dan seisinya, GrandMedia akan menyajikan cerita menarik tentang tentang pengalaman Team Berkemah di Pantai Woh Kudu.

Pantai Wohkudu merupakan pantai yang berada di Daerah Gunung Kidul. Bukan sebuah rahasia kalau Gunung Kidul mempunyai keindahan pantai yang berjejer,  seperti Laut Bekah, Pantai Timang, Pantai Krakal dan pantai-pantai lain. Keindahan Pantai Wohkudu merupakan kombinasi dari keindahan karang, ombak, bukit, pohon-pohon hijau dan manifestasi dari kombinasi tersebut adalah sebuah kenyamanan. Pantai Wohkudu tidak terlalu luas, lebar pantainya sekitar 21 sampai 26 meter, pantai tersebut diapit oleh bukit karang yang cukup tinggi dan pepohonan yang hijau yang tumbuh subur disekitar bukit. Menariknya adalah selain pasirnya yang berwarna putih, pantai ini juga terdapat rumput-rumput hijau yang bisa digunakan sebagai tempat untuk berkemah.

Pantai wohkudu gunung kidul Yogyakarta

Diantara dua bukit yang mengapit Pantai Wohkudu, salah satu diantaranya seperti membentuk sebuah goa sedalam kurang lebih 4 meter yang bisa digunakan untuk befoto atau berteduh. Dibibir pantai terdapat banyak bongkahan batu besar ,mungkin itu semacam batuan granit yang hancur atau jatuh dari tebing yang terus terkikis oleh gelombang laut. Selain menghalangi ombak, batu-batu tersebut menambah  kesan eksotis dan menambah panorama yang cukup indah untuk dijadikan latar belakang bagi Sobat GM yang ingin berfoto.

Pantai wohkudu gunung kidul Yogyakarta

Lokasi dan Aksebilitas

Pantai Wohkudu berada di Kampung Nglaos, Dukuh Wiroso, Desa Girikerto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini terletak di sisi sebelah timur Pantai Kesirat.

Taksiran waktu tempuh menuju pantai ini dari Kota Yogyakarta sekitar 2 jam dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Rute Perjalanan Via Imogiri

Dari Kota Yogyakarta – Jalan Imogiri Timur – Kemudian sampai di pertigaan Pasar Imogiri langsung menuju arah selopamioro – Pada arah Selopamioro selanjutnya akan menemukan pertigaan – Ambil arah kiri langsung menuju Jembatan Sungai Oyo lalu Ambil lurus kea rah selopamioro – Kondisi jalan mulai nanjak dan berliku – Ikuti jalan tersebut sampai melewai bukit ( waktu tempuh sekitar 20 menit) – kemudian terdapat pohon beringin besar dan ada petunjuk yang menunjukan arah ke Pantai Gesing – Ikuti saja terus arahnya ke Pantai gesing hingga menemukan pohon besar – Ikuti terus hingga menemkan gang dengan petunjuk jalan menuju Pantai Kesirat – Sampai di jalan cor-coran semen ikuti terus, jalan tersebut merupakan jalan menuju Pantai Wohkudu.

Perjalanan masih belum berakhir. Sobat GrandMedia (GM) harus berjalan kaki menuruni turunan yang lumayan melelahkan, waktu tempuh sekitar 10 sampai 15 menit. Kondisi jalan dipenuhi dengan bebatuan kecil dan besar. Jalan kecil setap tersebut membawa Sobat GM ke Pantai Wohkudu.

Fasilitas

Terdapat toilet umum, tempat parkir dan warung yang menjual makanan dan minuman.

Info Tiket

Untuk dapat menikmati kesegaran Pantai Wohkudu. Sobat GM hanya membayar tiket sebesar Rp. 5.000 / orang untuk sekali masuk.

*Harga tiket dapat berubah sewaktu waktu.

Semoga Bermanfaat. Terimakasih. (GrandMedia)