Pantai Sepanjang Gunung Kidul Yogyakarta

                  Pantai Sepanjang Gunung Kidul, Yogyakarta

GrandMedia – Hai Sobat GrandMedia, kali ini GM akan membahas salah satu objek wisata pantai yang ada di Kabupaten Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta. Berbicara soal pantai di daerah Istimewa Jogja tepatnya di Gunungkidul memang tidak akan pernah bosan. Ini seperti cerita indah dengan skenario yang sangat panjang. Perlu berbulan-bulan untuk menuliskan dengan jelas dan lugas untuk  menggambarkan keindahan alam yang ada di Gunungkidul.

Pantai Sepanjang Gunung Kidul, Yogyakarta

           Pantai Sepanjang Yogyakarta

Kali ini Sobat GM akan dibawa ke cerita hamparan pasir putih yang ada di Pantai Sepanjang. Berbicara mengenai Objek Wisata Pantai Sepanjang, ini seperti bercerita tentang Pantai Kuta Jaman Doloe. Suasananya sangat menenangkan, nyaman dan sangat pas untuk memanjakan diri. Apalagi ketika air laut mulai surut, Sobat GM bisa melihat batuan karang yang menjadi dasar pantai ini. Di sudut lain Pantai Sepanjang terlihat rumput laut hijau yang tumuh diantara pasir putih dan batu karang. Biasanya warga sekitar memanfaatkan rumput laut tersebt untuk diolah menjadi jajanan.

Ada banyak sesuatu yang menarik jika Sobat GM menelusuri pantai ini. Sobat GM dapat dengan mudah menemukan biota laut diantara baturan karang, seperti bulu babi, bintang laut, siput serta ikan-ikan kecil dengan berbagai warna.

 Fasilitas

Fasilitas yang disediakan di pantai Sepanjang sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan wisatawan. Terdapat rumah makan dan beberapa tempat penginapan yang bisa disewa untuk menginap di Pantai Sepanjang.

Info Tiket

Harga tiket pantai sepanjang Rp. 9.500 / orang. Berlaku untuk sekali masuk. Anak usia dibawah 5 tahun tidak dikenakan tiket.

*Harga dapat berubah sewaktu-waktu

Lokasi dan Aksebilitas

Objek Wisata Pantai Sepanjang terletak di Desa Kemandang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sebetulnya, untuk menuju Objek Wisata Pantai Sepanjang itu sama rutenya seperti menuju Pantai Drini, Pantai Pok Tunggal, Pantai Krakal, Pantai Sundak. Semua pantai yang ada di Yogyakarta Daerah Gunung Kidul letaknya berdekatan.

Bagi Sobat GM yang ingin menggunakan jalur udara, Sobat GM bisa menggunakan maskapai penerbangan di daerah masing-masing dengan Tujuan Bandara Adi Sucipto. Atau dengan menggunakan Kereta Api dengan tujuan stasiun lempuyangan atau Tugu. Kemudian Sobat GM ikutibberapa  rute dibawah ini. Terserah mau pilih rute yang mana, semuanya sama menuju pantai Sepanjang.

Rute 1 :

Kota Yogyakarta – Piyungan – Patuk – Sambipitu – Lanud TNi AU – Siyono – Wonosari – Jl. Baron – Tanjungsari – Kemudian ada pertigaan masuk ke kawasan Pantai Baron lalu ke Timur – Pintu masuk ke Pantai Kukup terus ke timur – Pantai Sepanjang.

Rute 2 :

Kota Yogyakarta – Piyungan – Patuk – Sambipitu – Lanud TNi AU Ambil arah kanan (selatan) – Playen – Paliyan – Saptosari – Kemudian ada ertigaan masuk ke kawasan Pantai bawron lalu ke Timur – Ada pintu masuk Pantai Kukup terus ke timur – Pantai Sepanjang.

Rute 3:

Kota Yogyakarta – Parangtritis – Purwosari – Panggang – Saptosari-  Ada pertigaan masuk ke kawasan Pantai Baron lalu ketimur – Ada pintuk masuk Pantai Kukup terus ke timur – Pantai Sepanjang.