Pantai Pok Tunggal Yogyakarta

            Pantai pok Tunggal Yogyakarta || Sumber : Tim Media IPMKS 

GrandMedia – Berkunjung ke Jogajakarta rasanya kurang mantap jika tidak berkunjung ke Pantai Pok Tunggal. Eksotisme pasir putih pantainya akan memberikan nuansa tersendiri bagi Sobat GM. Ditambah lagi dengan rute tempuh perjalanan Pok Tunggal yang lumayan sulit memberikan kesan petualang yang menantang. Jalanan yang sedikit berliku, diapit oleh perkebunan warga akan menambah kesan eksotis perjalanan.

Terlepas dari perjalanan yang cukup seru dan mendebarkan, pemandangan indah pun terbentang memanjakan mata. Pasir putih disertai hempasan ombak biru menjadi obat penawar lelah setelah menempuh perjalanan. Sobat GM akan melihat dengan jelas barisan tebing karang mengitari pantai Pok Tunggal. Tebing ini seperti dinding karang dengan ketinggian kurang lebih 50 sampai 60 meter, yang tidak kalah menariknya di sekitar tebing-tebing ini terdapat monyet-monyet liar. Dengan girangnya monyet liar ini melompat dari pohon ke pohon. Sobat GM juga akan melihat mata air tawar yang berasal dari aliran sungai bawah tanah daerah karst, air inilah yang digunakan warga setempat untuk memenuhi kebutuhan hiupnya.

Pantai Pok Tunggal Yogyakarta || Sumber : Google Photos

                     Pantai Pok Tunggal Yogyakarta || Sumber : google Photos

Dikutif dari beberapa sumber, bahwa Pantai Pok Tunggal mulai bisa diakses untuk wisatawan sejak bulan Mei Tahun 2012. Pantai Pok Tunggal bersih dan asri karena selalu dijaga kelestariannya oleh pemerintah daerah dan warga setempat. Jika Sobat GM berkunjung ke pantai ini jangan sekali-kali membuan sampah sembarangan karena jika Sobat GM membuang sampah sembarangan akan dikenakan denda sebesar Rp. 10.000,00.

Fasilitas

Ramainya kunjungan dari berbagai wisatawan, baik itu wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara membuat pengelola terus mengembangkan kawasan objek wisata Pantai Pok Tunggal. Ada banyak warung makan dan tempat beristirahat seperti gazebo dan lain-lain. Bagi Sobat GM yang ingin menginap disekitar pantai bisa memanfaatkan jasa penyewaan tenda dome yang disediakan oleh penduduk setempat atau menginap di penginapan sekitar Pantai Pok Tunggal. Selain itu tersedit toilet umum untuk kebutuhan mandi dan lain-lain.

Info Tiket

Tiket masuk ke Pok Tunggal sangat murah. Bagi yang menggunakan sepeda motor dikenakan biaya retribusi sebesar Rp.3.000/ motor, Rp.5.000/ mobil dan Rp.15.000 per minibus.

*harga tiket dapat berubah sewaktu-waktu

Lokasi dan Aksebilitas

Pantai Pok Tunggal terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi Pantai Pok Tunggal dekat dengan Pantai Indrayanti dan Pantai Siung. Jika Sobat GM berada di pusat kota Yogyakarta, Sobat GM harus menempuh jarak sekitar 70 km. Sobat GM bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa. Taksiran waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan. Aksesnya cukup mudah karena sebagian besar jalan menuju Pok Tunggal Sudah beraspal dan terdapat petunjuk jalan yang cukup jelas.

Rute Perjalanan Ke Pantai Pok Tunggal Menggunakan kendaraan pribadi.  Yogyakarta – Piyungan –Patuk, Sambipitu- Arah Hutan Bunder –Gading –Logandeng-Siyono-Bundaran Tugu BPD-Jl.Kyai Legi –Jalan Lingkar selatan- Jl. KRT Djojodiningrat-Jl.Girisubo-Wonosari-Jl.Saptosari-Tepus dan sampailah di Pok tunggal.

Semoga bermanfaat. Terimakasih. (GrandMedia)