Pantai Cijayana Garut

 Pantai Cijayana Garut

Pantai Cijayana merupakan salah satu pantai yang kaya akan cerita. Bukan sebuah rumor atau julukan semata jika pantai ini disebut sebagai laut di atas awan. Cobalah berkunjung, Sobat GrandMedia akan melihat deburan ombak pantai ini yang bisa mencapai ketinggian hingga satu meter.

Pantai Selatan memang punya karakteristik tersendiri. Bukan persoalan birunya air laut, karang-karang yang berjejear, pasir putih yang indah, hal seperti itu sudah biasa. Ada nuansa yang memang tidak bisa didapatkan dipantai lain.

Pantai Cijayana Garut

    Pantai Cijayana Garut

Kawasan Pantai Cijayana masih terlihat alami. Hal tersebut dikarenakan pemerintah provinsi Jawa Barat selalu memberikan perhatian khusus terhadap kekayaan alam di Jawa Barat, dalam hal ini adalah pariwisatanya.

Anda dapat melakukan kegiatan photografi dengan berbagai panorama indah yang ada di kawasan wisata Pantai Cijayana. Kegiatan lain selain berfoto ria Anda juga dapat memancing ikan atau hanya sekedar jalan menyusuri pantai, berjemur atau hanya sekedar bermain di tepi pantai. Tetap harus waspada, karena ombaknya cukup besar.

Hal yang paling menarik adalah pada bulan-bulan tertentu di pantai ini rutin diadakan tradisi nyalawena, tradisi tersebut merupakan tradisi berburu impugn. Jika musi nyalawena datang, impun yang berasal dari tengah laut akan berimigrasi ke muara sungai. Selanjutnya adalah warga sekitar berbondong-bondong datang untuk menangkap impun. Bukan hanya masyarakat lokal saja yang mengikuti tradisi ini. Ada banyak masyarakat luar juga yang datang mengikuti acara nyalawena. Jika sudah seperti itu, pantai akan dipadai oleh orang-orang yang sedang mengikuti tradisi nyalawena.

Lokasi dan Aksebilitas

Objek Wisata Pantai Cijayana terletak di Desa Cijayana, Kecamatan Mekarmukti, Kabupaten Garut. Pantai ini letaknya berdekatan dengan Pantai Rancabuaya Caringin Garut.

Rute menuju Pantai Cijayana dari Bandung

Kota Bandung – Pagalengan – Cisewu – Rancabuaya

Atau juga bisa melalui

Bandung – Ciwidey – Cidaun – Rancabuaya – Cijayana

Fasilitas

Fasilitas yang ada dipantai cukup memadai. Terdapat warung lesehan yang menjual makanan dan berbagai jajanan, tempat beribadah yang nyaman (mushola), disediakan pelayanan kesehatan dan berbagai fasilitas lainnya seperti jaminan kemanan ketika wisatawan berada dilokasi.