Grand Media – Kediri adalah salah satu tujuan populer di Jawa Timur. Jika Anda gemar wisata budaya dan kuliner, atau hanya punya waktu singkat untuk santai, Kediri bisa menjadi alternatif tujuan berlibur. Kereta api menjadi salah satu transportasi pilihan wisatawan untuk berkunjung ke kota ini, terutama bagi mereka yang datang dari Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jabodetabek.

Karena Kediri adalah tujuan populer, Anda bisa menemukan beberapa pilihan jalur perjalanan dengan kereta, tergantung dari mana Anda berangkat. Setiap jalur memberikan pilihan kereta dengan kelas beragam, serta tarif dan tingkat kenyamanan bervariasi—tergantung harga yang Anda bayar.

Berikut adalah beberapa jalur kereta utama ke Kediri serta jenis-jenis kereta yang bisa Anda pilih:

Jalur Jakarta–Kediri

kereta api indonesia

Source – flickr

Jalur Jakarta–Kediri adalah jalur yang paling banyak dipilih untuk berkunjung ke Kota Tahu ini menggunakan kereta api. Pilihan keretanya paling beragam, mulai dari kereta Kelas Ekonomi biasa, Ekonomi dengan AC, hingga Eksekutif.

Durasi perjalanan dari Jakarta adalah sekitar 12 jam. Karena merupakan jalur favorit, Anda bisa dengan mudah memesan tiket lewat jasa perjalanan seperti Traveloka, tinggal masuk saja ke website Traveloka, dan Anda bisa langsung memesannya sesuai tanggal keberangkatan. Anda juga bisa melihat tips membeli tiket kereta api di situs tersebut.

Jenis-jenis kereta yang berangkat melalui jalur ini adalah:

  • KA Matarmaja.

KA Matarmaja adalah kereta api dengan tiket termurah. Kereta Kelas Ekonomi ini berangkat dari Stasiun Pasar Senen pada pukul 3 sore dan tiba di Stasiun Kediri pukul 3 pagi. Harga tiketnya sekitar Rp65.000.

  • KA Brantas.

KA Brantas juga merupakan kereta api Kelas Ekonomi, namun sudah dilengkapi fasilitas AC. Harga tiket yang murah—sekitar Rp55.000—serta kondisi kereta yang lebih nyaman membuat tiket kereta api untuk jalur ini selalu laris.

KA Brantas berangkat dari Stasiun Pasar Senen pada pukul 4 sore, dengan durasi perjalanan selama 12 jam hingga ke Stasiun Kediri.

  • KA Majapahit.

KA Majapahit adalah kereta Kelas Ekonomi yang dilengkapi AC dan sedikit lebih nyaman dibanding dua kelas sebelumnya. Harga tiketnya biasanya berkisar antara Rp220.000 hingga Rp340.000, dan berangkat dari Stasiun Pasar Senen setiap pukul 5.20 sore.

  • KA Gajayana.

KA Gajayana adalah kereta Kelas Eksekutif dengan kisaran harga tiket antara Rp435.000 hingga Rp535.000. Kereta api mewah ini berangkat dari Stasiun Gambir pada pukul 5.30 sore dan tiba di Stasiun Kediri pukul 5.30 pagi.

Jalur Bandung – Kediri

Source  -flickr

Jalur kereta api dari Bandung menuju Kediri juga cukup populer. Jalur ini mengambil rute Selatan, melewati Yogya serta Solo sebelum mencapai Kediri. Jika berwisata ke Kediri melalui rute ini, Anda akan menghabiskan waktu antara 12 hingga 13,5 jam hingga sampai ke tujuan—tergantung kereta api apa yang dinaiki.

Ada dua jenis kereta api yang mengangkut penumpang dari Bandung menuju Kediri, yaitu:

  • KA Kahuripan.

Kereta api Kahuripan adalah kereta Kelas Ekonomi Reguler yang berangkat dari Stasiun Kiara Condong. Kereta ini biasanya berangkat sekitar pukul 8.05 malam, dan tiba di Kediri sekitar pukul 9.20 pagi, dengan rute yang melewati Tasikmalaya, Kutoarjo, Yogya, dan Solo, sebelum akhirnya mencapai Kediri. Harga tiketnya sekitar Rp50.000.

  • KA Malabar.

KA Malabar memberi pilihan kelas yang lebih beragam, yaitu Ekonomi Reguler, Ekonomi dengan AC, dan Eksekutif. Kisaran harga tiketnya bervariasi antara Rp200.000 hingga Rp475.000, tergantung kelas serta periode pemesanan.

Kereta ini berangkat dari Stasiun Besar Bandung pada pukul 6 sore, dan tiba di Kediri pukul 6 pagi. Rute kereta ini sama seperti yang dilalui KA Kahuripan.

Jalur Banten – Kediri

Anda yang hendak menuju Kediri dari Stasiun Merak, Banten, bisa menggunakan KA Krakatau Ekspress. Rute kereta ini sedikit lebih panjang dari rute-rute sebelumnya, yaitu melewati Serang, Cilegon, Parung Panjang, Tanah Abang dan Pasar Senen, sebelum akhirnya mencapai Stasiun Kediri.

Kereta ini berangkat dari Banten pada pukul 8.45 pagi, dan tiba di Kediri pada pukul 1.30 dini hari, atau sekitar 17 jam.

KA Krakatau adalah kereta api Kelas Ekonomi yang dilengkapi AC. Walaupun menempuh perjalanan panjang, kereta ini memiliki fasilitas standar seperti gerbong restoran serta toilet, sehingga Anda bisa cukup nyaman dalam perjalanan.

Namun demikian, karena rute yang cukup panjang, ada baiknya Anda menyiapkan sedikit bekal serta obat anti mabuk untuk berjaga-jaga. Harga tiket KA Krakatau berkisar antara Rp235.000 hingga Rp300.000, tergantung ketersediaan, tren harga tiket, serta periode pemesanan.

Aktivitas di Sekitar Stasiun Kediri

Source – perutgendut

Ketika keluar dari Stasiun Kediri, ada berbagai kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan sambil menunggu pagi atau menunggu jemputan datang. Bagi yang tiba di pagi atau malam hari, cobalah nasi pecel khas Kediri. Penjaja nasi pecel sering berjualan di pagi dan malam hari, dan menawarkan hidangan murah namun mengenyangkan. Penumpang Muslim yang tiba saat mendekati waktu beribadah bisa pergi ke Masjid Setono Gedong yang lokasinya tidak jauh dari stasiun.

Jika Anda datang bersama keluarga, kunjungi taman bermain Pagora yang berada tidak jauh dari Stasiun Kediri serta Stadion Brawijaya. Taman ini menyuguhkan berbagai wahana seperti sepeda air, kolam pemancingan, perahu angsa, serta kebun binatang mini.

Ada juga kolam renang untuk keluarga serta pertunjukan musik yang biasanya diadakan setiap akhir pekan. Tiket masuk ke Pagora sangat murah, sehingga cocok untuk menjadi tujuan wisata keluarga, terutama yang tidak jauh dari Stasiun Kediri.

Wisata ke Kediri menggunakan kereta api adalah pengalaman yang menarik. Jika Anda mengetahui jalur-jalur kereta api populer ke Kediri, serta aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sekitar stasiun, perjalanan Anda tentu akan lebih berkesan.