Musim Hujan bukan hanya meninggalkan genangan maupun kenangan, tetapi pada musim yang merupakan proses terjadinya perputaran air di bumi ini menjadi momok yang sangat menakutkan pada kesehatan. Pada bulan november- maret diprediksi menjadi  musim hujan yang sangat rentan dengan berbagai penyakit yang tentunya dapat mengahambat aktifitas sehari-hari.

Penyakit yang sangat akrab dengan musim penghujan antara lain :

  1. Flu

Flu bukan hanya penyakit yang biasa ketika musim penghujan datang namun semua orang pasti pernah mengidap flu, penyakit yang terjadi akibat infeksi virus yang menyerang saluran pernapasan ini mempunyai masa inklubasi yang sangat cepat, biasanya orang yang mengidap flu akan mengalami gejala hanya dalam beberapa hari saja  masa penularan yang cepat sekitar satu hari saja sebelum muncul gejala sekitar enam hari berikutnya adapun gejala flu seperti  Demam, Sakit Kepala, Batuk-Batuk, Kehilangan Nafsu makan, Prgal-pegal dan sakit Tenggorokan.

  1. Diare

Diaere merupakan penyakit yang juga sering menghinggapi ketika musim penghujan datang, Diare dapat ditandai dengan encernya tinja yang dikeluarkan dengan frekuensi BAB lebih sering daripada biasanya. kondisi ini biasanya dipengaruhi oleh minuman atau makanan yang telah terkontaminasi bakteri atau virus, penyakit diare hanya berlangsung beberapa hari saja. Namun diare akan berakibat Fatal jika penderita mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. adapun gejala diare seperti

  1. Demam Tifoid (Tifus)

Pada Penyakit Tifus atau Demam Tifoid sama penularannya dengan diare yaitu diakibatkan oleh infeksi  bakteri yang menyebar melalui minuman dan makanan yang telah terkontaminasi, penyakit yang diakibatkan oleh bakteri salmonella typhi ini umumnya menyerang anal-anak dan akan membahayakan nyawa jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat. Gejala umum sakit ini sama seperti penyakit-penyakit diatas seperti Demam Tinggi, Diare, sakit Kepala, Sakit Perut konusedisi tersebut akan memburuk dalam bebrapa minggu bahkan dapat mengakibatkan komplikasi.

Ada pepatah yang mengatakan lebih baik mencegah daripada mengobati, begitupun dengan kondisi penyakit-penyakit yang disebutkan diatas, selain kita harus lebih intensif menjaga kesehatan saat musim penghujan dengan menyadari jika sudah mulai merasakan gejala-gejala tersebut, tips ini dapat dipakai untuk mencegah terjadinya penyakit-penyakit diatas seperti :

  1. Banyak meminum air putih, manfaat air putih untuk kesehatan sangat banyak sekali karena tubuh kita terdiri dari 70% cairan. tentunya air putih juga bermanfaat bagi tubuh agar kita terhindar dari dehidrasi.
  2. Isirahat secukupnya., rutinitas yang padat membuat seeorang kadang melupakan istirahat, padahal isirahat setelah beraktivitas dapat membuat tubuh kembali segar dan bugar, isitirahat yang sehat adalah waktu tidur pukul 22.00-04.00. selain waktu tidur sehat minimal 5 jam ternyata rentan waktu tersebut tepat karena organ tubuh telah bekerja seharian dan pada jam tersebut terjadinya proses  pemulihan organ tubuh jadi disarankan tubuh istirahat dengan baik.
  3. Berolahraga

Olahraga menjadi keharusan dalam menjaga kesehatan namun olahraga dimusim penghujan membuat orang menjadi malas dan memilih untuk tidur atau melakukan aktivitas lainnya, namun demi mencegah dari berbagai penyakit olahraga ringan tanpa keluar ruangan dapat menjadi alternatif seperti skipping, Yoga dan Pilates selain bisa membakar kalori dan mencegah penyakit olahraga ini juga dapat dilakukan di ruangan atau di rumah.

  1. Konsumsi Buah, Sayuran dan Vitamin.

Sudah tak diragukan lagi manfaat dari buah dan sayuran yang sangat baik untuk kesehatan, dengan bebagai manfaat ini selain dapat mencukupi kebutuhan tubuh 4 sehat 5 sempurna ini buah dan sayuran juga mengandung banyak vitamin untuk kebaikan tubuh kita, maka dari itu ketika musim penghujan tiba hendaknya konsumsi buah dan sayuran ini ditingkatkan, jika belum suka memakan buah dan sayuran bisa mengknsumsi vitamin yang tentunya aman untuk tubuh kita.

Demikian tips saat musim penghujan tiba banyak pepatah berkata sedia payung sebelum hujan atau mencegah lebih baik mengobati, maka dari itu sedini mugkin mencegah tubuh dari berbagai penyakit di musim yang rentan ini, karena sehat dan bahagia tubuh kita yang merasakan.