GrandMedia – Menyapih menjadi waktu yang paling penting dalam proses tumbuh kembang anak. Jadi bunda juga harus pintar – pintar dalam memilih berbagai makanan pengganti ASI. Pasalnya apa yang di makan si kecil  sejak bayi dan apa yang akan dimakannya selain ASI akan mempengaruhi makanan dan gaya hidup si kecil.Makanan yang Perlu Bunda Persiapkan Ketika Menyapih Si Kecil

Pada saat bunda menyapihnya, sebaiknya bunda harus menghindari berbagai macam makanan yang tidak mudah diterima oleh sistem pencernaannya. Pasalnya, ada beberapa makanan yang diketahui dapat meningkatkan munculnya alergi pada si kecil tanpa bunda sadari. Untuk mengetahui apa saja makanan yang perlu dihindari, berikut ini informasinya.

Makanan yang memiliki kandungan gula dan garam yang tinggi

Sebaiknya bunda harus menghindarkan si kecil dari berbagai jenis makanan yang memiliki kandungan gula dan garam yang tinggi sampai si kecil berusia 2 tahun. Pasalnya jika si kecil terlalu banyak mengkonsumsi gula pada usia satu sampai dua tahun dapat mengakibatkan terjadinya kerusakan pada gigi si kecil. Selain itu asupan kalori pada si kecil yang berlebih juga dapat memicu terjadinya obesitas. Dan untuk makanan tinggi garam juga tidak baik untuk ginjal si kecil yang belum siap mengkonsumsi makanan dengan kandungan garam yang tinggi. Selain itu, garam juga bisa membuat perut si kecil menjadi kembung dan dehidrasi.

Susu Sapi Murni

Susu sapi yang segar kadang tidak cocok untuk si kecil yang masih berusia di bawah satu tahun. Pasalnya sistem pencernaan si kecil yang masih belum dapat beradaptasi dengan baik terhadap susu sapi. Susu sapi memiliki kandungan enzim yang tidak cocok dengan sistem pencernaan bayi dan memungkinkan dapat menyebabkan si kecil diare.

Kacang

Berbagai jenis kacang – kacangan yang memiliki ukuran kecil sangat memungkinkan membuat si kecil tersedak. Walaupun sudah di potong – potong dengan ukuran yang lebih kecil lagi, namun si kecil juga belum dapat mengunyah secara sempurna. Selain itu, si kecil juga belum bisa menelan beberapa jenis makanan dengan baik. Belum lagi berbagai jenis kacang-kacangan rentan akan mengakibatkan alergi pada si kecil.

Seafood dan daging sapi

Bunda juga jangan memberikan berbagai jenis seafood dapa si kecil yang masih berusia di bawah 9 bulan. Pasalnya hal ini akan membuat si kecil berpotensi lebih besar mengalami keracunan pada bebereapa jeni ikan dan makanan seafood lainnya. Selain itu seafoof juga dapat memicu terjadinya sakit perut pada si kecil karena teksturnya yang terlalu padat. Dan itu juga terjadi pada daging sapi. Daging sapi juga memiliki tekstur yang terlalu padat dan keras yang tidak cocok dengan sistem pencernaan bayi yang dapat menimbulkan sakit perut pada si kecil.

Nah itulah beberapa makanan yang perlu dihindari ketika bunda menyapih si kecil yang perlu bunda perhatikan.