GrandMedia – Asma merupakan suatu penyakit yang disebabkan karena terjadinya peradangan pada saluran pernapasan, sehingga hal tersebut akan menghambat udara yang keluar dan masuk  pada paru – paru si kecil. Terjadinya batuk, napas yang terdengar kembang kempis menjadi gejala adanya penyakit asma yang paling mudah untuk diketahui.

Makanan Enak Untuk Meredakan Gejala Asma Pada Anak

Para peneliti dari berbagai negara seperti halnya di Austraila hingga Negara Inggris mencob menemukan berbagai makanan yang bisa meredakan gejala asma pada si kecil. Nah untuk bunda yang ingin tahu apa saja makanan yang mampu meredakan gejala asma, berikut ini informasinya.

Sayur dan Buah

Menurut hasil sebuah studi menunjukkan bahwa anak yang mengkonsumsi makanan sayur dan buah – buahan memiliki peluang lebih besar untuk terkena asma daripada mereka yang suka mengkonsumsinya. Oleh karenanya, salah satu cara yang bisa bunda lakukan untuk mencegah terjadinya asma pada si kecil adalah dengan memberikan asupan makanan seperti buah dan sayuran lebih banyak. Sayur dan buah – buahan tersebut akan bekerja dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh si kecil. Serta kandungan antioksidan didalamnya juga bisa mencegah terjadinya infeksi pada saluran pernapasan dan membersihkan  area saluran pernapasan tersebut. jadi bunda bisa mengajarkan si kecil untuk lebih menyukai makanan sayur dan buah – buahan.

Susu

Menurut hasil studi yang dilakukan oleh International Study of Asthma and Allergies in Childhood mengungkapkan bahwa kandungan kalsiumyang terdapat dalam sebuah susu dapat mengurangi penyakit asma. Dan tidak hanya sampai disitu saja, kandungan magnesium yang tinggi dalam susu juga memiliki peran yang penting dalam memperlancar aliran udara pada paru – paru penderita asma.

Ikan

Pada dasarnya anak – anak masih membutuhkan asupan omega 3 dan omega 6 untuk tumbuh kembangnya. Namun pastikan juga bahwa asupan omega 3 dan omega 6 ini juga seimbang. Pasalnya menurut hasil penelitian yang dilakukan USDA, menyebutkan bahwa terlalu banyak asupan omega 6 pada si kecil justru akan membuat paru – paru menjadi lebih sensitif dan memicu terjadinya asma. Nah untuk mendapatkan asupan omega 3 dan omega 6 untuk si kecil, bunda bisa memberikan pada buah hati makanan ikan untuknya. Seperti halnya ikan salmon yang merupakan salah satu ikan dengan sumber omega 3 dan omega 6 yang baik untuk tubuh si kecil.

Nah itulah berbagai macam jenis makanan yang bisa bunda berikan untuk si kecil agar terhindar dari gejala asma dan juga dapat digunakan untuk mengurangi resiko gejala asma pada buah hati bunda. Mencegah dari sejak dini memang lebih baik daripada mengobatinya. Dan yang perlu bunda perhatikan adalah perhatikan kondisi si kecil jika terjadi beberapa tanda – tanda munculnya gejala asma pada si kecil. Semoga bermanfaat.