Proses pemulihan pasca operasi tidak kalah penting dari jalannya proses operasi itu sendiri. Dalam proses pemulihan tersebutlah tubuh kita akan beradaptasi dan terbiasa dengan kondisi setelah operasi. Selain itu, pemulihan setelah operasi juga berguna untuk membantu memeprcepat penyembuhan luka sayatan selama proses operasi.

Dalam proses pemulihan luka bekas operasi, Anda perlu menggunakan Obat untuk mempercepat penyembuhan luka agar pengeringan luka bisa lebih cepat. Tapi, disamping itu, Anda juga perlu menghindari beberapa hal yang bisa menghambat proses penyembuhan luka. Apa sajakah hal tersebut? Inilah dia beberapa diantaranya

Diet ketat

Pasca operasi, tidak semua orang puas dengan bentuk tubuh yang dimilikinya. Apalagi jika proses pemulihan berjalan lebih lama, biasanya bobot tubuh akan meningkat dengan cepat tanpa bisa dikendalikan. Akibatnya, diet ketat jadi aktivitas yang ingin dilakukan oleh orang banyak agar bisa mendapatkan bentuk tubuh aslinya kembali.

Meskipun diet sangat membantu untuk mendapatkan bentuk tubuh terbaik seseorang, sayangnya hal ini tidak dianjurkan setelah Anda menjalani operasi. Sebab, diet ketat bisa membuat tubuh kekurangan nutrisi yang sebetulnya sangat dibutuhkan. Nutrisi-nutrisi tersebut berguna untuk mempercepat proses regenerasi kulit dan membuat luka bisa tertutup lebih cepat. Saat diet, nutrisi yang dibutuhkan akan berkurang sehingga aktivias ini kurang dianjurkan saat Anda melakukan proses pemulihan pasca operasi.

Luka basah karena air

Luka pasca operasi perlu mendapatkan penanganan yang serius agar bisa cepat mengering dan bergerak bebas. Proses pembersihan tentu perlu dilakukan agar dapat meminimalisir terjadinya infeksi pada luka. Meskipun demikian, sebelum dibersihkan sebaiknya berkonsultasilah terlebih dahulu apakah luka boleh dibasahi terkena air.

Biasanya, pada ibu yang baru menjalani operasi Caesar, luka harus tetap berada dalam kondisi kering atau tidak boleh dibasahi ketika mandi. Hal ini bertujuan agar proses pemulihan luka bisa berjalan dengan cepat. Setelah luka mengering selama sekitar 3 minggu, baru Anda bisa membasahi kembali anggota tubuh yang dioperasi meskipun masih terdapat sisa atau bekas luka yang terlihat.

Demikian dua hal yang perlu dihindari jika ingin pemulihan luka pasca operasi berjalan optimal. Disamping itu, rutinlah membaca info kesehatan terkini yang bermanfaat agar tubuh tetap sehat. Artikel tentang mengatasi sakit kepala gue sehat bisa menjadi salah satu info yang penting untuk diketahui. Semoga bermanfaat.