GrandMedia – Ginjal merupakan organ vital dalam tubuh yang memiliki fungsi kerja untuk menyaring darah dari berbagai zat sisa dan berbagai kandungan lainnya yang berlebihan yang terdapat dalam tubuh. Ginjal memiliki fungsi untuk menjaga kestabilan kadar daraha dalam tubuh dan yang paling penting adalah menjaga keseimbangan elektrolit dan cairan dalam tubuh.

Atasi Kram Mudah dengan Cara Berikut Ini

Dari ginjal inilah tubuh kamu dapat mengeluarkan urin. Namun terkadang masi banyak orang yang memiliki kebiasaan buruk dalam hidupnya yang membuat ginjal tersebut menjadi rusak, dari kebiasaan buruk berikut ini.

Kebiasaan Menahan Kencing

Kebiasaan buruk menahan buang air kecil dapat memperburuk saluran kemih dan dapat memberi tekanan pada ginjal yang dapat memicu gagal ginjal.

Sering Mengkonsumsi Makanan Asin

Kebanyakan asupan garam dalam tubuh dapat membuat darah menjadi mudah mengental dan tidak seperti biasanya. Mengkonsumsi  terlalu banyak garam atau sodium dapat memicu terjadinya tekanan darah tinggi dan hal ini dapat membuat ginjal menjadi tertekan dan memiliki harus bekerja lebih berat dari biasanya untuk menyaring darah.

Terlalu Banyak Mengkonsumsi Kopi dan Soft drink

Terlalu banyak mengkonsumsi kopi dan soft drink yang memiliki kandungann kafein tinggi juga dapat membuat ginjal menjadi rusak. Berbagai bahan – bahan dalam minuman tersebut dapat membuat ginjal menjadi sulit untuk menyaring darah dan dapat memberi tekanan yang berlebih pada ginjal.

Memiliki Waktu Tidur yang Kurang

Nah untuk kamu yang sering melakukan begadang setiap malam juga memicu bahaya untuk ginjal. Pasalnya pada saat tidur justru akan menjadi waktu regenerasi jaringan dalam ginjal. Kurang tidur akan dapat menyebabkan ginjal untuk bekerja kurang optimal dan dalam jangka waktu lama yang pada selanjutnya dapat menyebabkan gagal ginjal.

Tidak Minum Air Putih

Kurangnya tubuh mengkonsumsi air putih juga dapat menyebabkan tubuh menjadi kekurangan cairan, nah jika tubuh kekurangan cairan akan membuat darah menjadi mengental sehingga ginjal dapat bekerja lebih keras untuk menyaring darah. Selain itu kurangnya tubuh mengkonsumsi air putih dapat membuat tubuh tidak tuntas untuk mengeluarkan zat sisa dalam tubuh sehingga tubuh akan menumpuk racun dalam darah yang secara perlahan dapat merusak tubuh dan merusal ginjal itu sendiri.

Menurut hasil penelitian menemukan bahwa vitamin B6 dan magnesium sangat penting untuk kesehatan ginjal karena dapat mencegah terbentuknya batu ginjal. Nah selain kamu harus menghindari berbagai macam kebiasaan buruk seperti yang sudah dijelaskan diatas, kamu juga pelru mengkonsumsi banyak makanan yang memiliki kandungan vitamin B6 untuk ginjal kamu. vitamin B6 ini bisa kamu dapatkan dari mengkonsumsi telur, ubi, susu, kentang dan sayuran yang memiliki kandungan pati lainnya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.