Goa Sumur Mudal

           

GrandMedia – Goa Sumur Mudal merupakan salah satu obyek wisata cagar alam yang berada di Kabupaten Pangandaran. Bagi Anda yang pernah berkunjung ke wisata pangandaran seperti Curug Bojong, Pantai Madasari atau Pantai Pangandaran. Goa yang satu ini tidak kalah indah dengan wisata pangandara tersebut.

Ada beberapa hal menarik di Goa Pangandaran ini seperti adanya setalaktit dan stalagmit.  Stalaktit itu merupakan jenis formasi geologi yang mengantung di langit-langit goa. Sedangkan Stalagmit merupakan formasi batuan yang naik dari dasar goa karena bahan akumulasi dari lantai atau dasar goa bersumber dari tetesan di langit goa.

Hasil dari proses stalaktit dan stalagmite tersebut diantaranya ada yang membentuk seperti tenggorokan seorang manusia, selain itu dinding-dinding goa terdapat relief alam yang luar biasa. Bentuk relief yang ada dinding-dinding tersebut seperti dinding candi.

Sejarah Goa Sumur Mudal

Seperti dilansir oleh GrandMedia dari mypangandaran, asal muasal Goa Sumur Mudal ini berasal dari bentuk goa yang menyerupai cekungan seperti sumur dan dulu di Goa ini terdapat sebuah mata air yang mengeluarkan arus desar, air tersebut meluap atau mudal mengalir melalui parit Goa.

Sementara itu pada zaman kerajaan air yang keluar dari mata air tersebut digunakan untuk kebutuhan masyarakat sehari-hari, seperti untuk memenuhi kebutuhan memasak, mandi atau digunakan untuk air minum.

Berkunjung ke Goa Sumur Mudal sama dengan berkunjung ke Cagar Alam Pananjung Pangandaran. Anda bisa sekaligus mengunjungi Goa-goa lain seperti Goa Lanang, goa Rengganis dan Goa Miring.

Lokasi Goa Sumur Mudal

Lokasi Goa Sumur Mudal terledak di kawasan Cagar Alam Pangandaran tepatnya berada di Desa Pananjung, Kabupaten Pangandaran Provinsi Jawa Barat.

Rute Goa Sumur Mudal

Rute Via Tol ke Goa Sumur Mudal (Cagar Alam Pananjung) dari Kota Bandung :

Jika perjalanan dimulai dari Jl. Jendral Gatot Subroto dan Jl. H.Ibrahim Adjie ke Jl. Nasional III, langsung saja menuju ke arah selatan di Gg. Kebonpisang  menuju Jl Baranang Siang, dari Jl Baranang Siang belok kanan ke Jl. Ahmad Yani jaraknya sekitar 500 meter. Hingga sampai ke Bundara, ambil jalan keluar menuju Jl. Jendral Gatot Subroto, ikuti terus jalan tersebut hingga mengantarkan ke Jl. H. Ibrahim Adjie (Anda akan melewati SDN Kiara Condong VII), kemudian belok kiri menuju Jl. Nasional III, ikuti terus jalan tersebut hingga ke Karangpanimbal, jaraknya sekitar 137 km. Setelah itu ikuti Jl. Banjar – Pangandaran. (GrandMedia)