Grand Media – Akhirnya Apple memperkenalkan sistem operasi terbarunya yaitu iOS 11. OS terbaru tersebut diperkenalkan di ajang Wordwide Developer Conference (WWDC 2017) pada Senin (5/6/2017), pukul 10.00 waktu setempat. Banyak fitr baru yang di benamkan di iOS 11 kali ini, dan iPad juga disebut-sebut mempunyai perombakan yang sangat besar di iOS 11.

“Dengan iOS 11, kami membawa platform Augmented Reality (AR) terbesar di dunia. Salah satu perubahan besar yang diboyong iOS 11 kali ini berfokus pada salah satu perangkat kami, iPad,” kata Craig Federighi, Senior Vice President Software Engineering Apple, sebagaimana Tekno Liputan6.com kutip dari Apple Newsroom, Selasa (6/6/2017).

“Pembaruan sistem operasi memberikan fungsionalitas aplikasi yang lebih baik, dan tentunya membawa fitur-fitur terbaik yang menunjang produktivitas,” ia melanjutkan.

Tidak hanya pada perangkat iPad dan iPhone, iPod Touch pun dapat dipastikan akan mengalami beberapa penyegaran fitur pada iOS 11. Apa saja fiturnya ? Simak ulasan berikut ini.

Fitur Baru iOS 11

iPad

Tampilan antar muka iPad di iOS 11 akan mengalami perubahan yang cukup besar. Dimana dock menu Home akan tampil dengan tampilan lebih segar dan baru layaknya dock di sistem operasi macOS, yang menyediakan akses instan ke aplikasi yang sering digunakan. Perancangan ulang AppSwitcher bertujuan untuk lebih memudahkan pengguna ketika emilah aplikasi serta menggunakan SplitView dan SideOver.

Augmented Reality

Setelah sekian lama akhirnya di iOS 11 terdapat AR ntuk iPhone dan iPad. Ini artinya, aka nada aplikasi-aplikasi baru di iOS, yang dapat digunakan untuk berinteraksi dengan objek virtual dari kamera perangkat iOS.

Siri

Siri yang ada di iOS 11 tentunya akan hadir lebih cerdas. Asisten Virtual ini akan hadir dengan respon yang lebih natural dan kontektual. Bahkan, siri di iOS 11 juga bisa menerjemahkan beberapa bahasa, seperti bahasa Inggris, Jerman, Italia, Perancis, Cina, dan Spanyol.

Pesan yang Tersinkronisasi

Fitur ini akan menjadi menarik bagi Kamu yang mengunakan perangkat macOS dan iOS. Sebab di iOS 11 ini kamu tidak perlu repot untuk memilah pesan yang masuk. iOS 11 akan mensinkronisasi pesan yang ada di perangkat iPhone-mu secara langsung ke perangkat Mac. So, ketika Kamu menghapus pesan yang ada di iPhone, secara otomatis pesan yang tersinkron ke Mac juga akan terhapus juga.

Control Center

Jika dilihat seutuhnya, sebenarnya tidak terlalu banyak perubahan desain antarmuka yang terjadi di iOS 11. Dalam hal ini Apple justru merombak desain salah satu instrument minor di antarmukanya, yaitu tab Control Center, Sebelumnya pada iOS 10 hadir dengan satu tab, Control Center di iOS 11 justru hadir dengan beberapa tab kecil dan tampak beberapa pop up yang lebih elegant.

Apple Pay

Apple Pay pada iOS 11 hadir dengan menggunakan Cash Card. Hal ini tentu akan memudahkan pengguna untuk menyimpan dana mereka langsung ke rekening bank saat melakukan transaksi P2P (person-to-person)

App Store

Selain beberapa fitur lain seperti Control Center, App Store pada iOS 11 juga mengalami perombakan pada interface. Kini toko aplikasi Apple ini punya tab “today”. Fungsi tab ini adalah menampilkan aplikasi-aplikasi yang sedang trending.

Apple Maps

Apple Maps pada iS 11 hadir dengan fitur indoor Mapping. Fitur ini cukup canggih dimana pengguna dapat menjelajah peta lantai dari lokasi spesifik seperti mall dan pusat perbelanjaan. Namun untuk saat ini fitur Indoor Mapping hanya bisa digunakan di wilayah Boston, Chicago, hongkong, London, Los Angeles, New York, Philadelphia, San Francisco, San Jose, Tokyo, dan Washington DC.

Selain fitur-fitur yang telah dipaparkan di atas. Apple juga merilis fitur Screen Recording di iOS 11. Fitur screen recording atau merekam aktivitas layar dalam bentuk video, sebenarnya sudah lama ditunggu oleh pengguna perangkat iOS. Simak ulasananya di Fitur Screen Recording iOS 11.

Itulah beberapa fitur baru iOS 11. Semoga tulisan ini bermanfaat. Silahkan share tulisan ini ke teman-temanmu.