GrandMedia – Danau sentani, danau terbesar di Papua yang populer – Jika berbicara tentang Papua, sepertinya nama Raja Ampat ini tentu saja tidak akan pernah terlupakan. Bagaimana tidak? Sebab, Raja Ampat tersebut memang menyuguhkan sebuah pemandangan alam yang sangat eksotis, yang pastinya lain daripada tempat wisata yang ada di Indonesia, bahkan di dunia. Akan tetapi selain itu, ternyata masih ada danau sentani yang ada di Jayapura. Yang mana saking besarnya danau sentani tersebut jika dilihat dari atas udara, bisa terlihat berbagai pulau yang ada di dalamnya. Bahkan luar biasanya lagi, danau sentani jadi danau terbesar di Papua yang populer.

Keindahan Objek Wisata Danau Sentani di Papua

Jika Anda lagi berkunjung ke ibukota Papua yang ada di Jayapura ini, pemandangan tentu akan tertahan di danau sentani. Sebelum Anda tiba di Jayapura, danau sentani ini yang bakal sambut kedatangan Anda. Dengan berlatar belakangkan pegunungan Cyclops di bagian utara dan pepohonan hijau, danau sentani ini terlihat sangat menawan sekali. Selain hal tersebut, di sekitar danau sentani setidaknya ada sekitar 24 desa yang telah dihuni oleh banyak penduduk serta suku lokal. Mereka sendiri juga menjual hasil kerajinan tangan khas dari Papua.

Salah satu keunikan utama dari tempat wisata di Papua satu ini adalah adanya pulau di dalamnya. Tak hanya 1 atau pun 5, akan tetapi ada 22 pulau yang sudah tersebar di danau sentani. Anda nantinya bisa mampir ke salah satu pulau dengan cara menyewa perahu motor yang ada di salah satu desa. Konon dahulunya, danau sentani ini jadi lokasi dari tempat pelatihan bagi pendaratan pesawat amfibi. Di bangun oleh Jepang, akan tetapi diambil alih oleh angkatan darat Amerika di tahun 1944. Legenda perang dunia kenamaan Amerika, yakni jenderal McArthur, dikabarkan pernah tinggal di danau tersebut.

Salah satu pulau yang bisa dibilang cukup populer di danau ini adalah Pulau Asei. Yang mana di pulau tersebut Anda nantinya bisa berbelanja kerajinan tangan khas Papua, seperti kain kulit kayu motif indah, dan berbagai kekhasan yang lain. Sehari – harinya bisa disaiksikan aktifitas masyarakat yang lagi mencari ikan. Meskipun bukan laut, akan tetapi ada setidaknya 33 jenis ikan di sini. Danau sentani juga jadi habitat asli ikan gergaji. Jika Anda tertarik untuk mampi ke tempat wisata tersebut, usahakan untuk datang di bulan Juni, sebab rutin di setiap tahunnya, pada bulan Juni tersebut akan diselenggarakan festival danau sentani. Yang mana dalam festival ini akan ditampilkan atraksi dari suku lokal, termasuk halnya tarian perang yang dulu dilakukan sungguhan.

Demikianlah tadi kilas informasi tentang danau sentani, danau terbesar di Papua yang populer. Semoga bermanfaat..