wisata subang Curug-Mandala

                                    Wisata Subang Via Instagram – Photo by . @sisadoe

GrandMedia – Ada banyak tempat wisata di subang yang dapat Anda kunjungi. Perkara harga itu nomor dua yang pasti Subang tetap menawarkan wisata-wisata yang cukup murah namun tetap asik untuk berwisata ria. Selain wisata kuliner dan wisata pantai. Ada satu yang sampai saat in masih menjadi sorotan para Wisatawan Subang yaitu Wisata Curug di Kabupaten Subang.

WisaCurug Sadimta Curug Kabupaten Subang sebenarnya cukup banyak. Namun kali ini GrandMedia akan mengulas salah satu curug yang ada di Kabupaten Subang yaitu Curug Sadim.

Vegetasi yang cukup rimbun dan udara yang masih segar menjadikan wisata curug sadim sangat cocok untuk bersantai bersama keluarga. Curug ini dibuka menjadi objek wisata sekitar tahun 2008. Pemerintah Kota Subang sendiri sangat jeli melihat potensi wisata di Kabupaten Subang, berangkat dari situ curug sadim sampai sekarang masih dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat.

Sampai sekarang wisata curug sadim masih tertata rapi. Ada saung yang dapat digunakan untuk beristirahat. Bagi Anda yang suka camping, Curug Sadim merupakan pilihan yang tepat untuk mendirikan tenda. Karena di lokasi wisata terdapat dataran yang cukup luas. Cobalah untuk berkunjung dan berkemah. Rasakan segarnya udara yang berhembus dan abadikan setiap momen Anda di curug Sadim.Curug Sadim

Dilansir dari beberapa sumber, salah satunya adalah dari blog mangyono.com. Kebetulan sekali, mangyono ini ternyata satu kabupaten dengan penulis namun beda kecamatan.

Ok Guys kita lanjut.

Curug ini merupakan salah satu Agrowisata yang ditawarkan PTPN VIII Ciater. Curug lainnya yang dikelola oleh PTPN VII Ciater adalah Curug Mandala yang letaknya tidak jauh dari Curug Sadim. Letak Curug Mandala lebih ke arah hulu aliran Sungai Cimuja. Sedangkan ke bagian hilirnya yang berdekatan dengan Curug Sadim terdapat beberapa Curug Subang yang tidak kalah indahnya yaitu Curug Goa Badak, Curug Karembong, Curug Cimuja, Curug Pamandian Tuan dan lain-lain. Curug-curug Subang yang disebutkan tadi merupakan wisata subang yang dikelola oleh Taman Wisata Capolaga.

Kembali ke aliran subang cimuja yang disebutkan tadi. Ada hal menarik yang mesti diketahui. Aliran Sungai Cimuja merupakan jejak lava letusan gunung Tangkuban perahu. Dan proses pembentukan aliran sungai tersebut hingga raturan bahkan ribuan tahun.

Harga Tiket / Retribusi Curug 

Agar bisa menikmati keindahan Objek Wisata Curug Sadim. Anda harus membayar tiket masuk sebesar 15rb rupiah/ 2 orang. Harga tiket tersebut masih belum termasuk dengan uang parkir kendaraan. Perlu diketahui bahwa harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu.

Lokasi Curug Sadim

Terletak di Dusun Panaruban, Desa Cicadas, Kecamatan Segalaherang, Kabupaten Subang, Propinsi Jawa Barat.

Peta dan Koordinat GPS: 6° 43′ 4.39″ S 107° 37′ 45.10″ E

Aksesbilitas – (Rute Menuju Wisata Curug Sadim )

Berjarak tempuh 15 menit dari Segalaherang atau 30 menit dari kota Subang. Adapun kondisi jalan menuju kesana sebagian masih berupa jalan batu. Untuk menuju kawasan ini dari titik pertigaan antara Bandung, Ciater, dan Desa Cicadas berbeloklah ke kiri (ke arah Desa Cicadas). Sepuluh menit kemudian akan ditemui kawasan wisata alam “Capolaga Adventure Camp”

Rute Dari Sari Ater

Dari Sari Ater Subang Anda langsung saja menuju kampung Pabaruban, Desa Cicadas. Sebelum kampung panaruban Anda akan menemukan lapangan sepak bola. Setelah itu Anda akan melihat jalan menuju Curug Sadim. Jalan tersebut terletak di Seberang lapangan sepak bola.

Tunggu apa lagi guys. Segera berkunjung ke Wisata Subang. Ada banyak pilihan wisata menarik untuk mengisi waktu liburan Anda. Semoga info ini bermanfaat.

Foto Wisata Curug Sadim  

Curug Sadim

Curug Sadim