GrandMedia – Tempat wisata di Subang dari dulu sampai sekarang selalu menjadi buruan bagi mereka yang hobi berpetualang. Ada banyak hal yang menjadi faktor daya tarik tersebut. Mungkin karena keindahan alam subang atau karena hal lain. Silahkan cari sendiri alasan Anda untuk berwisata ke Subang.

Objek wisata subang yang sampai saat ini masih populer adalah wisata air terjun Curug Cijalu. Wisata Curug ini merupakan salah satu wisata alam air terjun di Kabupaten Subang yang penuh dengan tantangan dan keindahan. Meskipun ada banyak air terjun di Subang seperti Curug Cileat, Curug Agung, Curug Sadim, Curug Mandala dan lain-lain. Namun popularitas Curug Cijalu ini tidak pernah redup ditelan waktu. Wisatawan dari berbagai penjuru kota berlomba mencari spot terbaik di setiap sudut wisata curug ini.

Wisata Curug ini punya ketinggian seitar 70 meter. Air yang mengalir cukup deras membelah bukit di puncak Gunung Sunda di ketinggian 1300 MDPL. Berkunjung ke sini Anda juga dapat sekaligus berkunjung ke Curug Perempuan. Letak Curug perempuan sekitar 100 meter dari curug Cijalu.

Sejarah Singkat Curug Cijalu

Menurut cerita yang beredar, sebelumnya nama curug ini bukan cijalu. Dulu nama curug ini disebut dengan Curug Kondang. Namun pada waktu itu, ada seorang pendekar (jawara) datang mengunjungi daerah ini. Sejak kedatangan pendekar tersebut nama curug Cikondang berubah menjadi Curug Cijalu. Adapun arti dari nama cijalu sendiri yaitu perpaduan antara dua kata cai (air) dan jalu.

Tiket Curug Cijalu

Untuk menikmati keindahan alam cijalu. Anda hanya perlu membayar tiket sebesar 15rbu/orang dan 3ribu/mobil atau 2ribu/motor. *Harga tiket dapat berubah sewaktu-waktu.

Fasilitas Curug Cijalu

Terdapat warung makan dan jajanan di area wisata. Fasilitas lain seperti pos jaga, tempat parkir, tempat sampah, shelter, tempat duduk, mushola dan instalasi air disediakan disini. Selain itu bagi wisatawan yang ingin camping tidak perlu khawatir. Karena di lokasi wisata terdapat areal lapangan yang dapat di jadikan tempat untuk mendirikan tenda.

Lokasi Curug Cijalu

Terletak di Desa Cipancar, Kecamatan Sagala Herang, Kabupaten Subang, Propinsi Jawa Barat.

Aksebilitas (Rute Ke Cijalu)

Akses menuju wisata ini cukup mudah. Jaraknya sekitar 37 Km dari kota Subang ke arah Selatan (1 jam perjalanan) atau sekitar 50 km dari Kota Bandung ke arah utara (1,5 jam perjalanan). Sekain itu juga dapat dicapai melalui Purwakarta kurang lebih 25 km ke arah Wanayasa. Kondisi jalan, umumnya beraspal dan hanya sebagian kecil yang masih berupa jalan batu, dapat dilalui kendaraan roda dua dan empat.

Foto Wisata Cijalu