GrandMedia – Hai sahabat traveler !!! Saya mau berbagi mengenai salah satu tempat wisata di kota subang jawa barat yang  wajib dikunjungi. Kota subang merupakan salah satu kabupaten di jawa barat bagian utara, di kota subang ini ternyata tersimpan surga dunia yang sangat indah, tepatnya di desa cibeusi kecamatan jalan cagak kabupaten subang.

Surga tersebut bernama curug (air terjun) cibareubeuy. Yang spesial dari curug cibareubeuy yaitu keberadaannya yang belum banyak diketahui orang. Sehingga suasana disana masih sangat alami dan asri. Jadi bagi sahabat traveler yang senang akan ketenangan, curug cibareubeuy sangat saya rekomendasikan. Curug cibareubeuy tidak hanya menyuguhkan kemegahan air terjun saja, sepanjang perjalanan anda akan dimanjakan dengan pemandangan yang sangat indah dari hamparan pesawahan yang tersusun dengan sangat rapi.

Aksebilitas  (rute menuju curug cibareubeuy)

Akses menuju curug cibareubeuy sebetulnya mudah namun karna tempatnya terpencil sehingga curug cibareubeuy sangat sulit ditemukan. Kuncinya jika sahabat traveler ingin berkunjung ke curug cibareubeuy  para sahabat harus menemukan desa cibeusi terlebih dahulu. Jika sahabat dari kota subang sahabat traveler cukup ikuti jalan arah ke bandung setelah sampai di perempatan sari ater ambil kiri arah ke pintu masuk sari ater. Setelah sampai pintu masuk sari ater. Ambil kanan lurus terus ikuti jalan sampai menemukan pertigaan kecil, jarak dari pertigaan dan pintu masuk sari ater lumayan jauh setelah bertemu pertigaan ambil kanan sampai menemukan gapura desa cibeusi. Lanjutkan perjalanan sampai sahabat traveler menemukan tempat parkir curug cibareubeuy.

Jika penjelasan saya dirasa masih bingung gunakannlah jurus terakhir yaitu “bertanya” ke warga sekitar atau tukang ojek dimana desa cibeusi. Dari tempat parkir menuju curug cibareubeuy anda harus menempuh perjalanan jalan kaki, trekking santai lah kira – kira sekitar 1 jam 50 menit dari lokasi parkir, ada dua rute yang bisa dilalui sahabat traveler.

Rute pertama yaitu melewati hutan diatas bukit dan rute yang kedua yaitu melewati hamparan pesawahan yang luas. Bagi sahabat traveler yang menyukai hal-hal ekstrim mungkin rute pertama sangat cocok karena trek yang dilewati cukup curam dan berlumpur.

Bagi sahabat traveler yang suka santai yang penting aman dan nikmati aja. Saya merekomendasikan rute kedua karena selain treknya yang mudah di rute kedua juga arah menuju curug sangat jelas dan sahabat akan disuguhi dengan pemandangan sawah yang indah.

Apabila sahabat berpikiran bahwa sawah berpetak petak hingga menyulitkan sahabat traveler dalam perjalanan. Jangan khawatir karena di area sawah sudah terdapat susunan batu yang memang sengaja disusun oleh warga setempat untuk akses menuju curug cibareubeuy. Setelah sahabat melewati sawah, perjalanan akan dilanjutkan dengan melewati parit. Parit tersebut merupakan titik pertemuan antara rute pertama dan rute kedua, siapa tau sahabat traveler yang masih jomblo menemukan jodohnya di parit ini.

Waktu Tempuh ke Curug Cibareubeuy

Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 1 jam 50 menit, sahabat traveler akan menjumpai kampung senyum. Kampung ini terdiri dari saung saung yang dibuat warga sekitar untuk para pengunjung beristirahat sejenak. Dari kampung senyum sahabat traveler hanya membutuhkan waktu 5-10 menit.

Harga tiket wisata curug cibareubeuy / retribusi

Untuk menikmati keindahan alam curug cibareubeuy sahabat traveler cukup merogoh kocek 5k untuk  tiket masuk dan 5 k untuk biaya parkir per motor.

Itulah tadi ulasan singkat mengenai wisata subang. Semoga tulisan ini dapat membantu sahabat traveler untuk menjadi salah satu tujuan wisata jika sesekali mampir di kota nanas ini.

Foto Curug Cibareubeuy