Curug Bojong

   Curug Bojong via anekatempatwisata.com

GrandMedia – Curug Bojong merupakan objek wisata yang berada di Desa Sukahurip, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat. Sebetulnya Objek wisata ini awalnya merupakan kawasan hutan yang disulap menjadi area wisata. Wisata Curug Bojong bisa menjadi pilihan Anda yang sudah pernah berkunjung ke wisata pantai pangandaran seperti Pantai Madasari atau wisata pangandaran lainnya yang terkenal yaitu Pantai Pangandaran, Green Canyon, Pantai Batu Hiu dan lain-lain.

Sebelum dinamai Curug Bojong, Curug ini bernama Curug Sawangan. Menurut cerita yang dikutif dari mypangandaran, Curug ini dulunya bernama Curug Sawangan, hal tersebut dikarenakan wisata curug pangandaran ini dulunya menjadi tempat tujuan semua suku bangsa dari Ras, Suku dari berbagai Negara. Pada zaman dulu, curug ini di huni oleh seorang warga Negara asing yang telah menjadi muslim. Warga Negara asing tersebut memiliki gelar yaitu “Kiyai Mangun Jantra.

Lambat laun Curug ini berganti nama menjadi Curug Bojong, hal tersebut dikarenakan terdapat aliran sungai yang berasal dari Kampung Bojong dan pada akhirnya masyarakat mengenal dan menyebut curug ini dengan nama Curug Bojong.

Seperti dilansir oleh GrandMedia dari mypangandaran.com, Wisata Curug ini dibuka sebagai tempat pariwisata atas inisiatif yang dilakukan oleh sebuah lembaga masyarakat yang bernama LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan). LMDH ini adalah sebuah Lembaga Sosial Control Masyarakat, yang berperan sebagai mitra kerja Perum Perhutani.

Luas Kawasan Wisata Curug Bojong ini sekitar 14 Hektar. Terletak pada ketinggian 100 sampai dengan 150 Meter diatas permukaan laut. Kondisi tanahnya kebanyakan datar disertai dengan bebatuan hitam. Selain itu, kawasan ini mempunyai suhu udara antara 25 sampai 28 derajat Celcius.

Fasilitas Wisata

Meskipun wisata Curug Bojong berada ditengah hutan. Ada banyak masyarakat yang berjualan dikawasan wisata ini.

Lokasi Curug 

Untuk menuju curug bojong yang berada di Desa Sukahurip, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat.

Ada beberapa jalur yang dapat ditempuh :

  1. Dari Garut – Tasikmalaya – Ciamis – Banjar – Pangandaran – Lokasi Wisata : Jaraknya kurang lebih 190 KM
  2. Dari Bandung – Tasikmalaya – Ciamis – Banjar – Pangandaran – Lokasi Wisata : Jaraknya kurang lebih 230 KM
  3. Dari Cirebon – Kuningan – Ciamis – Banjar – Pangandaran – Lokasi Wisata : Jaraknya kurang lebih 190 KM
  4. Dari Cilacap atau Purwokerto – Kalipucang – Pangandaran – Lokasi Wisata – Jaraknya kurang lebih 100 KM
  5. Dari Pangandaran – Babakan Sukahurip – Lokasi Wisata : Jaraknya kurang lebih 6 KM

Kontak Pengelola Wisata

Informasi lebih lanjut Anda bisa mengunjung mypangandaran.com

Semoga bermanfaat. Terimakasih. (GrandMedia).