Grand Media – Xiaomi merupakan salah satu vendor smartphone yang sangat laris. Wajar saja, dengan harga yang cukup murah, pecinta smartphone sudah bisa menikmati banyak fitur mewah dari berbagai produk xiaomi. Tidak kalah dengan ponsel premium lainnya, kualitas ponsel xiaomi memang tidak diragukan baik dari segi hardware maupun software yang terpasang. Namun ada masalah kecil yang dikeluhkan oleh pengguna ponsel xiaomi yaitu sinyal 4G Xiaomi sering hilang. Padahal pengguna berada dalam wilayah yang memang tercover oleh jaringan 4G LTE yang cukup bagus.  Berikut ini Kita akan ulas bersama cara setting internet dan cara mengaktifkan 4G Xiaomi dari semua tipe serpti Xiaomi Redmi Note 3, Xiaomi Redmi Note 4, Xiaomi Redmi Note 4x dan lain-lain.

Cara Mengaktifkan 4G Xiaomi

Ada beberapa faktor yang menyebabkan sinyal 4G Xiaomi hilang. Namun penyebab yang paling umum adalah ketika pengguna ponsel Xiaomi mengupdate ROM dan ROM tersebut masih mempunyai bugs. Nah untuk mengatasi hal tersebut berikut ini cara lock 4G Xiaomi.

Pastikan Wilayah dan Kartu SIM Mendukung 4G

Sebelum memulai cara ini, pastikan kartu SIM yang sedang Kamu pakai saat ini telah mendukung 4G. Selan itu pastikan juga apakah wilayah Kamu sudah tercover sinyal 4G.

Aktifkan Airplane Mode

Setelah memastikan lokasi dan SIM yang mendukung 4G. Langkah selanjutnya yaitu nyalakan airplane mode. Hal ini dilakukan untuk membuka slot kartu SIM agar tidak terjadi kerusakan pada perangkat. Selain itu tujuan membuka slot ini supaya kartu yang ada didalam ponsel tidak terdeteksi oleh sistem. Tidak perlu di buka semuanya, cukup dengan melonggarkannya saja.

Masuk ke Menu Rahasia

masalah 4g xiaomi

Langkah selanjutnya yaitu buka menu panggilan telepon dan ketik *#*#4636#*#*. Ini merupakan cara pintas untuk masuk ke salah satu menu rahasia milik ponsel bersistem operasi Android.

Isinya adalah pengaturan koneksi jaringan milik ponsel Anda. Begitu menu ini terbuka, segera pilih Phone Information 1 dan geser ke bagian paling bawah.

Cari tulisan “Set preferred network type”. Kemudian klik tulisan tersebut agar muncul berbagai daftar jaringan yang didukung oleh Redmi Note 3. Biasanya akan muncul berbagai jenis koneksi, mulai dari 2G, CDMA, 3G, hingga 4G.

Untuk diketahui, menu pilihan jaringan itu tidak akan bisa diubah jika Anda memakai Redmi Note 3 dalam keadaan kartu SIM terpasang. Karena alasan itulah Anda mesti melepasnya dulu.

Pilih CDMA Only

Dari sekian banyak variasi jenis koneksi jaringan di menu rahasia tersebut, carilah tulisan “CDMA Only”. Pilih opsi ini dan keluarlah dari menu rahasia tersebut.

Setelah keluar, segera masukkan kartu SIM ke dalam slot yang semestinya. Anda akan melihat bahwa ponsel sementara waktu bekerja mencari jaringan yang sesuai.

Buka menu pengaturan Ponsel Xiaomi

Tepat setelah menutup menu rahasia dan memasukkan kembali kartu SIM, Anda harus segera masuk ke menu pengaturan (Setting), buka pilihan SIM Card & Mobile Network, dan pilih nomor yang dipasang di slot 1.

Berikutnya, cari tulisan “Preferred network type”. Di dalam menu tersebut kini sudah ada pilihan Global, Preferred 4G (CDMA), serta Preferred 3G (CDMA). Pilihlah opsi Preferred 4G (CDMA).

Keluarlah dari menu dan perhatikan ikon yang menampilkan bar sinyal ponsel. Anda akan melihat bentuknya sudah berubah, menjadi dua bar dalam posisi bertumpuk, layaknya pada ponsel CDMA.

Semoga artikel dengan judul Cara Mudah Mengatasi Masalah 4G Xiaomi bermanfaat. Terimakasih.