Grand Media – Google Chrome merupakan salah satu browser yang sangat populer dan paling banyak digunakan oleh pengguna hp android saat ini. Selain karena aplikasinya ringan Google Chrome juga mendapatkan dukungan penuh dari google, terutama dalam hal pembaharuan dan pengembangan fitur browser. Pembaharuan aplikasi ini merupakan upaya untuk meningkatkan kinerja serta kualitas aplikasi itu sendiri. Biasanya pembaharuan ini meliputi penambahan fitur terbaru browser atau memperbaiki bug yang ada dalam aplikasi tersebut.

Bagi para pengguna google chrome biasanya terjadi masalah-masalah ketika hendak memperbaharui browser. Umumnya masalah-masalah tersebut menampilkan error seperti Update gagal, Update gagal (Error 3: atau 11), (Error:4 atau 10), (Error:7 atau 12) atau error karena komputer Kamu tidak akan menerima update Chrome lagi sebab sistem operasi yang kamu gunakan tidak mendukung versi terbaru dari browser tersebut. Misal seperti Windows XP dan Windows Vista saat ini sudah tidak mendukung aplikasi google chrome terbaru.

Jika Kamu melihat ada Error 3 atau 11, itu artinya terjadi error saat memeriksa update. Error tersebut terjadi karena server update tidak tersedia. Atau Kamu mengalami Error 4 atau 10, sebab terjadi error tersebut yaitu karena gagal memulai pemeriksaan update. Atau juga Kamu mengalami error 7 atau 12 itu artinya download gagal dan error lainnya yang menyebabkan pembaharuan google chrome Kamu gagal.

Untuk mengatasi error chrome yang disebutkan ditas. Berikut ini Cara mengatasi masalah update pada chrome.

Langkah paling mudah, Download Chrome Lagi

Jika kamu tidak mau ribet dengan langkah-langkah ribet. Download ulang google chrome merupakan solusi yang cukup tepat. Untuk memperbaiki error ini cukup ikuti cara-cara berikut :

  1. Hapus aplikasi google chrome, uninstall chrome via control panel (Untuk pengguna windows)
  2. Pastikan komputer kamu memenuhi persyaratan sistem yang dianjurkan oleh chrome agar aplikasi ini dapat berjalan dengan baik
  3. Download Chrome, lalu coba install ulang chrome yang telah di download tadi.

Pastikan Setelan Antivirus atau Firewall Kamu

Periksa lagi setelan komputer Kamu. Bisa jadi google chrome tidak bisa diupdate karena firewall sistem operasi yang Kamu gunakan tidak mengijinkan aplikasi ini untuk update. Selain itu Kamu juga harus memastikan hal-hal berikut ini.

  1. Pastikan update software tidak dicekal ketika mengakses internet
  2. Pastikan tools.google.com dan dl.google.com tidak terblokir

Reeboot / Restart Komputer Kamu

Bisa jadi pembaharuan tidak terselesaikan di komputer Kamu. Cobalah lakukan boot ulang pada komputer kamu lalu perbaharui Chrome lagi.

Cara Mengatasi Chrome yang gagal Update Melalui Windows+R

Selain cara-cara diatas, bagi Kamu pengguna sistem operasi windows juga bisa mengatasi gagal update chrome dengan cara-cara berikut ini :

1. Tekan logo windows+R pada keyboard, Lalu muncul kotak dialog. Pada kolom kotak dialog tersebut ketikan regedit, tekan Ok. Kemudian setelah menakan ok tunggu beberapa saat sampai jendela Registry Editor Muncul.

cara mengatasi chrome gagal update

2. Setelah muncul Registry Editor, pilihlah menu HKEY_LOCAL_MACHINE » SOFTWARE » Policies » Google » Update

cara mengatasi chrome gagal update 2

3. Kemudian Kamu akan menemukan kolom bernama UpdateDefault, lalu Klik kanan pada UpdateDefault dan pilih Modify. Setelah itu akan muncul box dan terdapat Value yang datanya bernilai 0. Ubahlah angka 0 tersebut menjadi 1 dan tekan Ok.

cara mengatasi chrome gagal update 3

4. Langkah selanjutnya yaitu tutup Google Chrome Kamu, lalu lihat lagi status pembaharuannya. Seharunya cara ini berhasil dan lihatlah google chrome sedang dalam pembaharuan. Abaikan hingga pembaharuan selesai.

Cara-Memperbaiki-Google-Chrome-Tidak-Bisa-Update-5

Itulah beberapa cara dan langkah-langkah memperbaiki google chrome yang tidak bisa diupdate. Jika tulisan ini bermanfaat untuk Kamu. Silahkan bagikan tulisan ini.