Grand MediaCara Mengembalikan data penting di Android – HP Android yang saat ini beredar di Masyarakat, hampir semuanya menyediakan tiga penyimpanan penting untuk menyimpan sebuah data baru. Penyimpanan penting yang dimaksud adalah kartu SIM, Memori Internal dan Memori eksternal. Berbagai macam data penting seperti foto, video, lagu Mp3, Notes, SMS dan lain-lain kamu simpan di media tersebut. Namun ada kalanya secara tidak sengaja / secara sengaja file tersebut terhapus dari Hp android Kamu. Suatu ketika Kamu ingin mengembalikan file tersebut.

Maka cermatilahlah artikel ini, langkah-langkah mengembalikan file, foto dan data penting ini akan di jelaskan secara gamblang. Namun sebelumnya, Kamu harus tau hal apa saja yang menyebabkan file dan data di android bisa terhapus / hilang.

Sebab-sebab data / file di Android Terhapus / Hilang (Cara Mengatasi)

  1. Sengaja dihapus, pesan, kontak, foto, video, audio dan data-data dari android
  2. Karena rooting perangkat Android
  3. Flashing ROM
  4. Data terhapus seteah mengembalikan ponsel ke pengaturan pabrik
  5. Perangkat rusak
  6. Terkena Virus

Dan lain-lain

Untuk mengatasi berbagai macam masalah kehilangan file di Android karena tidak sengaja terhapus, Grand Media mempunyai beberapa cara agar file atau data yang terhapus tersebut dapat dikembalikan. Cara mengembalikan file android ini sangat sederhana. Bisa menggunakan aplikasi android atau juga menggunakan beberapa cara lain.

Aplikasi Android untuk mengembalikan foto yang terhapus.

Berikut ini daftar aplikasinya.

Mengembalikan Foto yang terhapus dengan Photo Recovery

Mengembalikan Foto yang terhapus dengan Aplikasi Restore Image

Mengembalikan Foto yang terhapus melalui Aplikasi Pengembalian Foto

Mengembalikan File dan data yang terhapus dengan Undeleter Recover file

Mengembalikan File Android dengan Disk Digger Undelete

Cara Mengembalikan File di Android Tanpa Aplikasi

Langkah pertama adalah memastikan terlebih dahulu apakah foto atau video Kamu asih bisa dikembalikan atau tidak. Cara mengeceknya adalah dengan membuka Menu -> Google Foto. Lalu dibagian kiri atas, klik menu dan pilih menu “Sampah / Trash”. Jika pada menu tersebut terdapat foto / video / file penting Kamu yang hilang klik dan tahan foto tersebut hingga muncul menu “pulihkan”. Secara otomatis file / foto/ video / audio yang telah Kamu hapus akan dikembalikan ke folder dimana tempat menyimpan file itu sebelumnya.

*Catatan

Cara mengembalikan file di Android tanpa aplikasi ini hanya akan bekerja jika Kamu mengaktifkn “Pencadangan dan sinkronisasi akun Google: di smartphone Kamu”. Selain itu cara ini juga hanya bisa mengembalikan file android yang telah dihapus selama 60 hari kebelakang. Sehingga jika sudah melebihi 60 hari maka secara otomatis file-file android ini akan terhapus. Dan solusi yang harus Kamu lakukan adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi pihak ke tiga.

Cara mengembalikan file penting di Android Menggunakan Aplikasi Recuva

Aplikasi Recupa merupakan aplikasi yang sangat powerfull untuk mengembalikan file , foto dan data-data penting di Hp Android. Hal itu juga dapat dibuktikan dengan banyaknya forum yang memberikan testimoni positif tentang aplikasi ini.

Langkah-langkah mengembalikan data di Android menggunakan Aplikasi Recuva

  1. Pastikan Kamu telah mendownload aplikasi recuva. Jika belum silahkan download Aplikasi recuva Download Recuva .
  2. Hubungkan Android Kam uke PC / Laptop menggunakan kabel USB atau Card Reader.
  3. Pastikan memori Android sudah terdeteksi
  4. Buka aplikasi Recuva
  5. Pilih jenis file yang Kamu ingin kembalikan. Untuk mengembalikan semua file pilih All file.
  6. Selanjutnya yaitu pilih di drive mana daa yang ingin dikembalikan. Pilih In a Specific Location jika ingin memilih lokasi memori. Atau pilih I’m Not Sure jika Kamu lupa lokasi file yang ingin dikembalikan.
  7. Klik Centang Enable Deep Scan jika Kamu ingin melakukan pencarian file yang lebih mendalam
  8. Setelah selesai. Lalukanlah klik Start untuk memulai pencarian file yang terhapus. Sekarang yang harus Kamu lakukan hanya menunggu sampai file yang terhapus tersebut ditemukan.
  9. Jika file yang telah terhapus tersebut ditemukan oleh aplikasi recuva, maka tugas Kamu yaitu menekan centang pada file tersebut, kmudian klik kanan dan pilih menu Recover Checked.
  10. Selanjutnya yaitu pilih di drive mana Kamu akan menyimpan file tersebut, lalu klik Ok.
  11. Tunggu sampai proses selesai
  12. Pihdahkan file yang sudah di simpan di laptop/ PC Kam uke Memori Android.
  13. Selesai

Itulah informasi yang dapat Grand Media bagikan untuk Kamu. Semoga informasi ini bermanfaat. Jika mengalami kendala ketika melakan langkah-langkah cara mengembalikan data penting di android ini. Silahkan jangan sungkan untuk berkomentar di kolom komentar. (Grand Media)