Grand Media – Keberadaan sensor Gyro memang sangat krusial. Terutama bagi Kamu yang hobi menikmati game maupun video lewat Virtual Reality. Namun bagaimana jika sensor Gyro yang ada di ponsel Kamu bermasalah, tentu hal itu sungguh menyebalkan. Apalagi bagi Kamu pengguna Xiaomi Redmi Note 3 Pro yang mempunyai layar cukup lebar. Dengan layar  5.5 inci, ketajaman gambar, teknologi LPS yang cukup canggih smartphone ini sangat cocok sekali untuk menikmati VR. Namun ternyata ada beberapa kasus, dimana pengguna Xiaomi Redmi Note 3 Pro tidak bisa menggunakan beberapa fiturnya seperti Sensor Gyro yang bermasalah dan accelerometr serta magnetic yang tidak berfungsi.

Masalah tidak berfungsinya sensor tersebut muncul bukan karena perangkat lunak atau perangkat keras Xiaomi. Tapi penyebab utama sensor Gyro, Accelerometer atau pun Magnetic Xiaomi Redmi Note Pro tidak berfungsi yaitu karena adanya kerusakan file “persist.img”.  Itu merupakan tanggung jawab Ressler tempat dimana Kamu beli.

Kalau saat ini Kamu sedang mengalami masalah pada Xiaomi Redmi Note 3 Pro terutama pada sensor tidak berfungsi, maka bisa mencoba untuk memperbaiki masalah tersebut dengan cara berikut ini :

  1. Hal pertama yang harus Kamu lakukan adalah Unlock Bootloader terlebih dahulu. Jika tidak tau caranya. Silahkan baca disini Cara Unlock Bootloader Xiaomi.
  2. Pastikan ROM yang terpasang di Redmi Note 3 Pro adalah ROM resmi. Jika belum silahkan ganti terlebih dahulu ROM HP Xiaomi Kamu.
  3. Setelah ROM di ponsel Kamu dapat dipastikan keasliannya, Maka kamu download ROM Fastboot yang sesuai dengan tipe Xiaomi Redmi Note 3 Pro. Download disini.
  4. Setelah file ROM Fastboot berhasil di download, Kamu extract filenya dan cari folder bernama “Images”. Lalu didalam forder tersebut cari file bernama “persist”.
  5. Pada folder tempat “fastboot.exe” paste file yang bernama “persist” tadi.
  6. Bagi Kamu pengguna Sistem operasi Windows. Silahkan buka CMD (Command Console). Cara bukanya bisa dengan mengetik langsung di kolom pencrian dengan mengetik “CMD” atau dengan menekan logo windows+r lalu setelah muncul kotak dialog ketik CMD klik OK / tekan enter.
  7. Pada tahap ini matikanlah ponsel Kamu dan kemudian masuk ke mode fastboot. Cara masuk ke mode fastboot xiaomi cukup mudah yaitu Kamu hanya perlu menekan volume (-) dan tombol Power.
  8. Setelah ponsel masuk ke mode Fastboot, sambungkanlah ponsel dengan komputer /laptop Kamu.
  9. Pada jendela CMD atau Comman Console yang ada di PC. Yang sebelumnya sudah Kamu buka. Ketik atau Copy lalu paste dan jalankan satu persatu perintah berikut ini :

*untuk menghindari keselahan ketik. Silahkan copas saja

Fastboot Devices

Fastboot Erase Persist

Fastboot Flash Persist Persist.Img

Fastboot Reboot

Lebih jelasnya perhatikan gambar berikut ini.

Pastikan urutannya benar. Kalau urutan eksekusi perintah diatas benar seharusnya masalah pada sensor Gyro, Accerometer atau Magnetic pada Xiaomi Redmi Note 3 Pro sudah teratasi. Bagi kamu yang kesulitan mengatasi hal ini silahkan tanya langsung ke forum resmi Xiaomi disini.

Mungkin itu saja tulisan tentang cara mengatasi masalah sensor pada Xiaomi. Silahkan bagikan jika tulisan ini bermanfaat.