Grand Media – Sering kali kita merasa risih ketika kita mengakses halaman website muncul iklan-iklan yang tidak jelas. Bahkan yang lebih mengesalkan lagi kadang-kadang iklan yang muncul pada website tersebut mempromosikan konten-konten dewasa. Hal itu merupakan masalah yang umum terjadi bagi para pengguna google chrome. Namun ada beerapa permasalahan lain yang kerap kali mengganggu kenyamanan Kita menggunakan browser google chrome seperti iklan pop-up yang tidak bisa dihapus, beradan atau mesin telusur chrome selalu berubah, ekstensi atau toolbar yang tidak diinginkanterus munul dan terus menerus dialihakan ke halaman web yang tidak jelas. Masalah pada browser Chrome tersebut disebabkan karena ada software berbahaya atau malware yang terpasang di Komputer Kamu

Tips mudah untuk menghindari malware tersebut adalah dengan tidak sembarang memasang / mengunduh ekstensi browser. Pastikan bahwa plugin/ ekstensi/aplikasi yang terinstal di browser Kamu benar-benar aman dan situs tempat dimana Kamu mengunduh file tersebut juga terjamin keamanannya. Namun bagi yang sudah terlanjur muncul iklan dan pop-up pada browser chrome Kamu, silahkan simak langkah-langkah menghapus Iklan, Pop-up dan malware pada Browser Chrome berikut :

Cara 1: Hapus Program yang Tidak di Perlukan dari Chrome (khusus pengguna windows)

Bagi Kamu pengguna sistem operasi windows, Kamu bisa menggunakan Alat Pemberih Chrome untuk mengatasi masalah iklan tersebut. Secara otomatis Alat Pembersih Chrome ini akan mencari program yang mencurigakan di komputer Kamu dan menawarkan untuk menghapusnya. Berikut langkah-langkahnya :

Cara Menghapus Iklan, pop-up dan malware di browser chrome windows.

Langkah-langkah

  1. Pada komputer windows Kamu, kunjungilah situs web Alat Pembersih Chrome
  2. Lalu Klik Dowload Sekarang
  3. Kemudian simak persyaratan layanan dan klik Terima dan Download
  4. Saat file sudah terdownload, Kamu akan melihat di bagian paling bawah. Klik nama file (chrome_cleanup_tool.exe).
  5. Windows akan menayakan apakah Kamu bersedia menjalankan file. Lalu klik Jalankan
  6. Secara otomatis Alat Pembersih Chrome akan memindai Komputer Kamu. Selanjutnya terlihatlah daftar malware yang ditemukan.
  7. Klik Hapus Program yang mencurigakan
  8. Secara otomatis Chrome membuka tab baru, dan meminta persetujuan Kamu menyetel ulang setelan browser. Klik Setel Ulang.

Cara 2 : Menggunakan Antivirus

Jika Kamu telah membeli atau mendownload software antivirus, gunakanlah software tersebut untuk menghapus program berbahaya. Pihak google chrome sendiri merekomendasikan Kamu untuk menggunakan MalwareBytes. Aplikasi MalwareBytes merupakan program anti-malware yang berfungsi untuk menemukan dan menghapus aplikasi berbahaya yang tidak dapat dihapus atau ditemukan oleh Alat Pembersih Chrome

Menghapus Program Perusak Secara Manual di Komputer Mac

Program perusak yang ada di komputer Mac Kamu bisa saja terinstal secara tidak sengaja. Untuk mengatasi hal itu simak Langkah-langkah mengatasi malware pada browser chrome mac berikut ini:

Baca

  1. Pada komputer Mac, di bagian bawah, buka finder
  2. Disebelah kiri, klik Applications
  3. Cari program yang tidak dikenali
  4. Klik kanan pada nama program yang tidak diinginkan tersebut
  5. Klik Move to Trash
  6. Setelah proses selesai, dibagian bawah, klik kanan Trash
  7. Lalu klik Empty Trash

Cara 3 : Setel Ulang Setelan Browser Kamu (semua komputer)

Baca

  1. Buka aplikasi Chrome Kamu
  2. Dibagian kanan atas, klik lainnya
  3. Pilih menu setelah
  4. Dibagian bawah, klik Tampilkan setelan lanjutan
  5. Dibagian “Setel ulang setelah”, klik Setel ulang setelan
  6. Konfirmasi dengna klik Setel Ulang.

Semoga artikel cara hapus iklan dan malware chrome ini bermanfaat. Silahkan bagikan artikel ini ke teman-teman Kamu. (Grand Media)