Disetiap jurusan perkuliahan pasti memiliki keunikan tersendiri baik itu bidang yang digeluti ataupun mahasiswa itu sendiri, keunikan dan kebiasaan kebiasaan itu dibentuk oleh sistem pembelajaran yang diterapkan, sehingga akan sangat berpengaruh dalam pola fikir, sikap, dan perilaku mahasiswa tersebut. Saya akan berbagi sedikit cerita mengenai fakta menarik dari mahasiswa teknik geologi berdasarkan pengalaman dan perjalanan saya selama ini.

Geologi Dasar
Geologi Dasar
Developer: IMK-DEV
Price: Free
  • Geologi Dasar Screenshot
  • Geologi Dasar Screenshot
  • Geologi Dasar Screenshot
  • Geologi Dasar Screenshot
  1. Botak di semester awal atau tahun pertama
    Bagi mahasiswa baru teknik geologi harus siap dengan kenyataan ini, pasalnya di setiap universitas baik negeri atau swasta, mahasiswa teknik geologi akan menglami hal ini dan ini sangat lumrah di kalangan mahasiswa teknik sebagai prasyarat untuk maba bisa bergabung di keluarga besar himpunan teknik geologi. disetiap pergruan tinggi memiliki nama yang berbeda untuk makrab mahasiswa teknik geologi, ada yang menyebutnya diksar, PSG (pengenalan study geologi), dll.
  2. Disiplin
    Mahasiswa teknik geologi biasanya memiliki disiplin tinggi (mayoritas), itu merupakan buah dari makrab mahasiswa teknik geologi, karena dalam acara tersebut mahasiswa di gembleng untuk siap mental dan fisik serta menghargai waktu, itulah awal mula terbentuknya karakter yang memiliki disiplin tinggi.
  3. Idealis
    Dalam setiap mengerjakan tugas – tugas baik itu praktikium ataupun tugas kuliah, biasanya mahasiswa teknik geologi akan mengerjakan tugas tugasnya dengan detail dan seksama, setiap pekerjaan harus selesai dan sempurna, karena dikalangan mahasiswa teknik geologi ada sebuah faham “kesalahan yang kecil akan mempengeruhi pekerjaan yang besar”
  4. Begadang menjadi hobi baru
    Menjadi mahasiswa teknik geologi pasti akan merasakan begadang hampir di setiap malam, ini dikarenakan tugas tugas yang sangat banyak dan akan seamkin bertambah jika tidak segera diselesaikan, mengerjakan satu tugas bisa memakan waktu sehari semalam bahkan lebih, apalagi bila tugas yang diberikan merupakan tugas membuat peta manual.
  5. Deadliner tingkat dewa
    Mungkin anda heran dengan pernyataan saya kali ini, karena di point sebelumnya saya menyebutkan bahwa mahasisawa teknik geologi itu disiplin dan menghargai waktu, ya memang betul, tapi kenapa masih deadline? Karena dalam mengerjakan tugas kuliah atau praktikum sangat memakan waktu, jadi waktu satu minggu kadang belum cukup untuk mengerjakan semua tugas yang diberikan. Pernyataan ini berdasarkan pengalaman dan survey dari beberapa mahasiswa teknik geologi yang bisa dikatakan “super rajin”, yang rajin dan terstruktur saja masih keteteran apalagi yang males malesan.
  6. Merasa bangga ketika memakai korsa himpunan mahasiswa teknik geologi
    Bagi sebagian besar mahasiswa teknik geologi, dirinya akan merasa lebih keren dan gagah ketika memakai korsa, apalagi saat jalan bareng rame rame satu angkatan itu akan meningkatkan percaya diri. Karena proses untuk mendapatkan korsa sangat panjang dan melelahkan, itu menjadi salah satu faktor hal ini terjadi, selain untuk menunjukan identitas “nih gue anak teknik geologi” yang dibakar oleh kalimat “GEOLOGI ITU KERAS”
  7. Memiliki solidaritas yang kuat
    Ikatan persaudaraan antar mahasiswa teknik geologi sangat erat, itu disebabkan oleh kegiatan mereka yang selalu berkelompok, selain itu ada faham “sesame geologi kita saudara” faham ini sangat melekat disetiap mahasiswa. Ini merupakan hasil dari acara makrab mahasiswa geologi yang dituntut untuk saling mengenal satu sama lain satu ankatan serta kegiatan yang disuguhkan merupakan kegiatan untuk melatih kekompakan.
  8. Jarang Mandi
    Tumpukan tugas yang menggunung dan kegiatan yang banyak menyebabkan mahasiswa teknik geologi jarang sekali mandi mungkin karena terlalu sibuk sehingga mandipun dilupakan, terdengar jorok memang tapi itulah fakta yang ada apalagi jika sedang dilapangan.
  9. Memiliki mental dan fisik yang tangguh
    Sistem pembelajaran yang mengharuskan mahasiswa memiliki mental dan fisik yang diatas rata rata, karena teknik geologi dalam proses pembelajarannya tidak hanya di kelas dan laboratorium tapi juga dilapangan secara langsung dan itu dilakukan dengan berjalan kaki berkilo kilo meter, namun demikian mahasiswa harus tetap fokus dan teliti, karena jikalau tidak maka harus siap dimarahi dan biasanya menghabiskan waktu 4 sks, dosen dan asisten dosen yang terlihat baikpun jika sudah memarahi mahasiswa akan sekejap berubah jadi manusia super seiya.