Tulisan ini merupakan tulisan lanjutan dari tulisan sebelumnya yaitu 9 Contoh Peluang Bisnis Paling Menjanjikan. Semoga bermanfaat ya.

  1. Usaha di Bidang Jasa

Seperti namanya, bahwa usaha di bidang jasa merupakan usaha untuk memberikan layanan kepada orang lain. Tujuan dari usaha di bidang ini umumnya yaitu memberikan kemudahan, kenyamanan kepada orang lain untuk meperlancar segala kebutuhan. Usaha jasa tidak memiliki produk kongkrit, namun dapat dirasakan manfaatnya oleh konsumen.

Jadi sebuah kegagalan besar jika ada perusahaan jasa yang tidak memberikan manfaat kepada para konsumennya. Karena inti dari usaha di bidang jasa adalah kepuasan konsumen.

Prospek usaha dibidang jasa terbilang sangat cerah. Karena jasa merupakan sesuatu yang pasti dibutuhkan sepanjang masa. Meskipun teknologi semakin canggih dan menggantikan beberapa peran manusia dalam melakukan pekerjaanya. Hal tersebut tidak akan menutup peluang bisnis di bidang Jasa. Pasti ada celah dan itu membutuhkan jasa dari manusia itu sendiri.

Bisnis di bidang jasa sangat bergantung pada pelayanan dan strategi pemasaran yang bagus. Kedua hal tersebut merupakan komponen penting untuk berhasil di bisnis ini.  Dari pelayanan tesebut lah yang menentukan berhasil atau tidaknya bisnis di bidang ini dan untuk mendapatkan konsumen maka dibutuhkan strategi pemasaran khusus untuk bidang jasa. Bagi yang mau terjun ke bisnin bidang jasa harus pandai-pandai melihat

  1. Peluang Bisnis Kuliner

Sangat sederhana, kenapa bisnis kuliner dimasukan ke dalam kategori bisnis yang sangat menjanjikan dan mempunyai prospek bagus. Kata kuncinya adalah semua orang butuh makan dan minum. Lalu timbulah pertanyaan, makanan seperti apa ? dan minuman yang bagaimana ?. Lidah atau selera orang kan beda-beda. Terus bagaimana ?

Itu adalah pertanyaan inti yang menentukan kesuksesan untuk memulai bisnis ini. Sebetulnya kunci pertanyaannya sama. Jika Sobat GrandMedia mengetahui apa yang orang minta, mengetahui apa yang orang lain butuhkan dan seterusnya, ini akan memberikan kemudahan untuk memulai usaha dalam segala bidang. Sobat GrandMedia tidak perlu mengetahui semua yang orang butuhkan. Itu sangat tidak perlu. Ada caranya yaitu dalam ilmu Manajemen Pemasaran tentang Strategi Segmentasi, Targeting dan Positioning.

  1. Peluang Bisnis Waralaba

Bisnis waralaba atau dalam istilah asing bisnis ini disebut franchise merupakan bisnis dengan model kerjasama antara pemilik bisnis dengan pelaku usaha. Keuntungan dari hasil usaha tersebut nantinya dibagi berdasarkan kesepakatan antara pemilik bisnis dan pelaku usaha waralaba.

Bisnis Waralaba masuk dalam kategori bisnis yang cukup menjanjikan dan memiliki prospek yang cerah, karena bisnis ini dilakukand engan orang yang mungkin ahli dalam bisnis tersebut. Seperti yang telah di katakan sebelumnya, bahwa bisnis waralaba merupakan bisnis bagi hasil. Bagi seseorang yang mempunyai modal tapi kurang berpengalaman dalam membangun bisnis. Mungkin bisnis waralaba merupakan sousi yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut. Terutama bagi pelaku bisnis waralaba yang membeli waralaba dari sebuah perusahaan yang mempunyai merk dagang yang sudah dikenal di masyarakat. Potensi bisnis waralaba akan lebih menguntungkan dalam jangka waktu yang lama. Yang harus menjadi perhatian adalah tidak semua jenis usaha waralaba itu cocok untuk setiap orang.

  1. Peluang Bisnis Properti

Bisnis properti merupakan bisnis yang berhubungan dengan kepentingan orang banyak. Misalnya masyarakat yang membutuhkan produk properti seperti rumah tinggal dan lain-lain. Jika Sobat GrandMedia terjun ke Bisnis Properti itu dapat membantu pemerintah misal seperti membuka lapangan pekerjaan, menyediakan rumah untuk rakyat, menggerakan sector riil dan tentunya menambah pemasukan untuk Negara melalui pajak. Selain itu bisnis ini tidak hanya mempunyai pengaruh terhadap depelover, kontraktor dan konsumen, tetapi mampu menggerakan atau membantu di sektor bisnis lain, seperti industry alat berat, industri bahan bangunan, industri jasa seperti asuransi, perbankan, tenaga kerja dan masih banyak lagi.

Mungkin sebagian orang hanya mengetahui bahwa produk dari bisnis property ini hanya perumahan atau bangunan lainnya. Padahal bisnis property ini cakupannya cukup luas. Ada banyak jenis yang mencangkup banyak produk-produk properti.

  1. Peluang di Bidang Pendidikan

 Pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting bagi kemajuan peradaban umat manusia. Oleh sebab itu, semua orang pasti membutuhkan yang namanya pendidikan. Meski sisi lain ada yang mengatakan bahwa pendidikan itu merupakan kebutuhan sekunder, namun perlu diketahui bahwa pendidikan merupakan kebutuhan utama bagi setiap orang, khususnya anak-anak atau orang dewasa atau orang tua. Inti tujuan dari pendidikan adalah untuk memperbaiki tingkat kesejahteraan hidup masyarakat.

Peluang usaha dibidang pendidikan ini dibagi menjadi dua bagian. Pelaku ahli pendidikan atau pelaku penyedia penunjang aktivitas pendidikan. Dari dua bagian tersebut melahirkan banyak jenis usaha di bidang pendidikan.

Ada banyak orang yang telah sukses dalam bisnis ini, misal seperti Bob Foster (pemilik Ganesha Operation), Sony Sugema (Pendiri bimbingan belajar Sony Sugema) dan masih banyak lagi orang-orang yang sukses di bidang ini.

  1. Freelance

 Freelance disebut juga sebagai pekerja lepas. Orang-orang freelancer merupakan seseorang yang menyelesaikan pekerjaannya sendiri atau tim dan tidak mempunyai ikatan kepada sang pemberi proyek dalam jangka waktu panjang. Kontrak kerja habis setelah pekerjaan selesai dikerjakan. Tapi itu tergantung dengan kesepakatan awal antara pemberi proyek dan freelancer itu sendiri.

Freelance masuk dalam kategori peluang yang cukup menjanjikan karena, dimasa sekarang maupun dimasa yang akan datang baik itu perusahaan atau perorangan akan lebh menykai untuk mempekerjakan freelancer dibandingkan dengan pekerja tetap.

Banyak kentungan yang diperoleh perusahaan jika perusahaan mempekerjaan pekerja freelancer. Beberapa manfaat tersebut diantaranya perusahaan bebes mencari pekerja yang berkualitas, menghemat biaya dan mungkin lebih professional.

Semua orang bisa menjadi freelancer. Akan tetapi freelancer yang bagaimana ? Kualitas kinerja freelancer merupakan penentu, sukses atau tidaknya seorang freelancer.

Sebelum Sobat GrandMedia terjun kedalam dunia freelancer, alangkah baiknya memilih jenis freelance yang sesuai dengan kemampuan.