Presentasi,  tentu kata itu tidak asing ditelinga kita, anda mahasiswa atau anda mau melamar kerja? Tentu anda tidak terlalu awam dengan kata presentasi, karena dewasa ini baik itu pendidikan, pemerintahan, perusahaan menggunakan presentasi untuk menjelaskan sesuatu, karena presentasi merupakan cara yang efektif dan menarik serta mudah dipahami bila dilakukan dengan baik dan benar.

Apa itu presentasi?

presentasi adalah suatu kegiatan menyapaikan suatu topik, pendapat, atau informasi kepada orang lain, dengan kata lain presentasi merupakan kegiatan berbicara dihadapan orang banyak dengan mengangkat sebuah topik tertentu.

Penyampaian sesuatu atau mempresentasikan sesuatu biasanya akan lebih efektif jika disajikan dengan menggunakan slide yang dibumbui dengan gambar gambar menarik serta grafik, atau ada pendapat lain? Untuk bisa membuat slide yang menarik banyak cara yang bisa dilakukan, banyak pula aplikasi yang bisa anda gunakan untuk mendukung presentasi anda agar tampil beda, dan anda bisa mencarinya di google.

Bagi pemula, presentasi akan menjadi momok yang sangat mengerikan apalagi audience yang hadir merupakan dosen killer atau pemimpin perusahaan yang menentukan kelanjutan cerita dalam hidup anda, sepakat? Namun ada beberapa hal yang perlu disiapkan dan trik yang bisa anda terapkan untuk meningkatan kepercayaan diri anda, antara lain:

  1. Topik

Topik merupakan hal paling penting yang harus anda miliki sebelum presentasi, karena sepandai dan semahir apapun anda dalam berbicara di depan orang banyak (public speaking) tidak akan ada artinya jika anda tidak memiliki topik untuk disampaikan.

  1. Penampilan

Penampilan akan mempengaruhi kepercayaan diri anda dalam mempresentasikan sesuatu, dalam artian pakaian yang anda gunakan dalam presentasi tidak harus baru, yang terpenting yaitu bersih dan rapi apalagi ditambah dengan wewangian, itu bisa meningkatkan kepercayaan diri anda. Intinya good looking.

  1. Penguasaan materi

Selain penampilan, penguasaan materi akan sangat berpengaruh dalam kepercayaan diri anda saat presentasi, semakin anda menguasai materi atau topik yang akan anda bawakan maka, kepercayaan diri anda akan semakin meningkat.

  1. Membuat slide sendiri (hasil pekerjaan sendiri)

Untuk menguasai materi dengan matang, tentunya slide presentasi yang anda gunakan merupakan hasil pekerjaan anda sendiri, anda boleh bertanya kepada teman atau siapapun itu tapi anda diharamkan untuk dibuatkan dalam menyelesaikan pekerjaan yang satu ini.

  1. Baca berulang kali

Setelah selesai membuat slide, anda harus membacanya berulang kali hingga benar benar faham diluar kepala anda, bacalah sebanyak 25 x maka kekurangan kekurangan akan tampak jelas, dan anda bisa memperbaikinya.

  1. Presentasikan di depan cermin

Sebelum anda berbicara didepan orang banyak silahkan anda berbicara didepan cermin, dengan begitu anda akan melihat gerak tubuh anda serta gaya anda presentasi, anda bisa mengoreksinya sendiri.

  1. Diharamkan terlalu banyak membaca slide

Ketika anda presentasi anda diharamkan untuk membaca slide, karena ketika didepan, audience menganggap bahwa anda telah siap dan menguasai materi, jadi slide hanya pendukung anda dalam membawakan sebuah topik, slide yang baik yaitu slide yang sedikit kalimat dan menampilkan point point penting saja. Semakin anda banyak membaca slide  menunjukan ketidaksiapan anda dalam presentasi.

  1. Berdoa sesuai keyakinan

Berdoalah sebelum presentasi dimulai, sesuai dengan keyakinan dan kepercayaan anda. Jika anda seorang muslim bacalah doa ini “robbisrohlii shodrii wayaa shirliii amrii wakhlul ukhdatammin lisanii yafqhohuu qouli”

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba, artikel ini dibuat berdasarkan pengalaman penulis.