Anda mahasiswa geologi? Atau anda pelajar yang tengah menekuni bidang ilmu kebumian? Atau mungkin anda memiliki hobi mengunjungi situs purbakala? Tentunya anda tidak asing dengan yang namanya MUSEUM GEOLOGI.

Bagi sebagian orang  khususnya di indonesia mendengar kata geologi mungkin masih sangat asing di telinga, namun seiring perkembangan teknologi bidang ini mulai banyak dilirik dan dikembangkan, baik di Indonesia maupun dunia. Geologi sangat erat kaitannya dengan proses dan sejarah pembentukan bumi, sepakat? Dengan demikian erat pula kaitannya dengan fossil, batuan, mineral, dengan berbagai macam keunikan yang dimilikinya dan terkadang keterdapatannya hanya di daerah tertentu saja di dunia. Bagaimana pendapat anda?

Mengingat pentingnya sebuah sampel geologi ( batuan, mineral, fosil) maka banyak Negara – Negara maju melestarikannya dengan membangun sebuah museum khusus geologi, demi menyelamatkan benda – benda yang bernilai ilmiah, namun demikian museum disetiap Negara memilki keunikan yang berbeda pula. Disini saya akan mengulas tentang museum geologi yang harus anda ketahui atau bahkan harus anda kunjungi.

Geologi Dasar
Geologi Dasar
Developer: IMK-DEV
Price: Free
  • Geologi Dasar Screenshot
  • Geologi Dasar Screenshot
  • Geologi Dasar Screenshot
  • Geologi Dasar Screenshot
  1. Mineralogi & Geological Museum di Harvard University (MGMH)
Mineralogi & Geological Museum di Harvard University (MGMH)

Via Mineralogi & Geological Museum Harvard University (MGMH)

Anda pasti tidak asing jika mendengar Harvard University, salah satu universitas terbaik di dunia ini memiliki museum geologi yang sangat menarik, Lebih dari 3.000 mineral, sampel batuan, permata, dan meteorit dari koleksi MGMH yang dipajang di museum ini. Anda bisa menikmati suguhan ilmu pengetahuan yang disajikan dengan kecanggihan teknologi dan kemegahan dari museum itu sendiri, arsitektur bangunan yang super nyaman memungkinkan anda ingin berlama – lama disana. jam berkunkung  museum ini sendiri mulai dari jam 09:00-17:00 waktu setempat setiap hari, dengan pengecualian Tahun Baru, dan Hari Natal.

Web Resmi : mgmh.fas.harvard.edu

  1. Fundy Geological Museum
Fundy Geological Museum

 Via Fundy Geological Museum

Fundy Geological Museum di Parrsboro, Nova Scotia, Canada. Didirikan pada bulan Desember 1993. menarik lebih dari 22.000 pengunjung sepanjang tahun. Museum yang termasuk sebuah galeri pameran, laboratorium, ruang serbaguna, took hadiah, dan kantor administrasi.

Yang menarik di museum ini yaitu anda akan dibawa ke suasana kota nova scotia 200 juta tahun yang lalu, museum ini menyajikan sejarah geologi khususnya kehidupan pada masa lampau, selain itu di tempat ini terdapat kolesksi berbagai macam mineral yang hanya dapat kamu temukan disana.

Web Resmi : fundygeological.novascotia.ca

  1. The Sedgwick Museum of Earth Sciences
The Sedgwick Museum of Earth Sciences

Via The Sedgwick Museum of Earth Sciences

The Sedgwick Museum of Earth Scienes adalah museum tertua dari University of Cambridge, yang didirikan pada 1728 dengan nama Museum Woodwardian. Sejak saat itu koleksi telah berkembang dari dari sekitar 10.000 fosil, mineral dan batuan, hingga setidaknya 2 juta koleksi. Di museum ini anda akan dibawa dalam perjalanan  4,5 miliar tahun ke belakang, dari mulai proses pembentukan bumi, dengan ribuan fosil dari hewan dan tumbuhan yang menggambarkan evolusi kehidupan di laut, di darat dan di udara.

Web Resmi : www.sedgwickmuseum.org

  1. National Museums Liverpool
National Museums Liverpool

National Museums Liverpool

Saat ini ada sekitar 36.000 spesimen fosil yang terdaftar dalam koleksi. Terutama terdiri yang berasal dari British yang disusun berdasarkan  usia, stratigrafi dan taksonomi. Ordovisium laut, Silur, Devon dan  Karbon bawah tersusun dengan sangat baik.

Koleksi bersejarah yang fenomenal termasuk pengumpulan tanaman fosil Ravenhead (1870), koleksi Austin Crinoid (1886), , koleksi George Highfield Morton dan koleksi Willoughby-Ellis dari Kent Cavern. Koleksi batu (terdaftar sekitar 11.500 spesimen) berisi batuan beku, sedimen dan metamorf, yang berasal dari sebagian lokasi di seluruh dunia. Diatur berdasarkan kelas dan stratigrafi atau wilayah. Koleksi ini juga termasuk sekitar 8.000 bagian sayatan tipis batuan, dan koleksi sekitar 100 meteorit, impactites dan tektites. Ada sekitar 13.000 spesimen  koleksi mineral yang terdaftar, dikategorikan oleh unsur kimia dan lokasi mereka. Kebanyakan spesimen dari daerah di seluruh dunia.

Web Resmi : www.liverpoolmuseums.org.uk

  1. Museum Geologi Bandung
Museum Geologi Bandung

Museum Geologi Bandung

Keberadaan Museum Geologi sangat erat kaitannya dengan sejarah penyelidikan geologi di Indonesia yang telah dimulai sejak 1850-an. Pada saat itu, lembaga yang mengkoordinasikan penyelidikkan geologi adalah “Dienst van het Mijnwezen”. Museum Geologi untuk pertama kalinya diresmikan pada saat pembukaan gedung “Dienst van den Mijnbouw” yaitu pada 16 Mei 1929. Peresmian ini bertepatan dengan pembukaan kongres Ilmu Pengetahuan Pasifik ke-IV yang diselenggarakan di Institut Teknologi Bandung. Gedung ini berfungsi sebagai perkantoran yang dilengkapi dengan sarana laboratorium geologi dan museum untuk menyimpan dan memperagakan hasil survei geologi. ada 4 ruangan peraga pada museum ini, diantaranya:

  1. RUANG GEOLOGI INDONESIA

Ruangan ini terdapat di sayap sebelah barat. Pada ruang ini diperagakan asal mula bumi, struktur dan pergerakan kerak bumi, batuan dan mineral, pelapukan dan erosi, geologi pulau-pulau di Indonesia, gunungapi dan kars. Di ruang Geologi Indonesia juga dilengkapi dengan video interaktif.

  1. RUANG SEJARAH KEHIDUPAN

Ruangan ini terdapat di sayap sebelah Timur, di dalamnya terbagi kedalam 4 sudut peraga (Pra Kambrium dan Paleozoikum, Mesozoikum, Kenozoikum yang terdiri dari Zaman Tersier dan Zaman Kuarter), 1 sudut dunia fosil untuk memahami peragaan dan informasi  yang disajikan, terdapat juga informasi tentang sejarah terbentuknya kota Bandung, peninggalan artefak dan fauna yang hidup di kota Bandung.

  1. RUANG SUMBERDAYA GEOLOGI

Ruangan ini berada di lantai 2 sayap sebelah timur, di dalamnya terdapat 8 sudut peragaan yaitu pengenalan Sumber Daya Geologi, Mineral Logam, Mineral Non Logam, Batu Mulia, Minyak dan Gas Bumi, Batubara, Panasbumi dan Sumber Daya Air.

  1. RUANG MANFAAT DAN BENCANA GEOLOGI

Ruangan ini terdapat dilantai 2 sayap sebelah barat, di dalam ruangan ini disajikan Informasi tentang pemanfaatan sumber daya geologi dari zaman ke zaman yang dimulai dari zaman pra sejarah, zaman sejarah dan zaman modern, serta informasi tentang bencana geologi (Gempabumi, Gunungapi, Tanah Longsor dan Tsunami).