1. Kuasai Perasaanmu

Penguasaan perasaan sangat diperlukan untuk dapat membuatmu sukses, karena dengan mengetahui perasaanmu kamu mengetahui alasan melakukan suatu hal, mengetahui perasaan yang menguatkan dan melemahkan dirimu, dan cara menggunakannya. Menguasai perasaan juga dapat membuatmu tetap berada di mood positif, karena jika mood kamu positif kamu akan melakukan semua hal dengan semangat, hasrat dan gairah sehingga kamu penuh keseriusan untuk mencapai suksesmu. Penguasaan perasaan dapat kamu lakukan dengan bertanya kepada diri sendiri tentang perasaanmu saat ini, tanyakanlah “Apa yang sedang aku rasakan saat ini ? ” di dalam hati, jika kamu merasa semangat, bahagia, tertawa, dan tersenyum maka perasaan kamu positif. Tetapi jika perasaanmu sedih, cemberut, murung segera lah rubah perasaanmu. Cara untuk merubah perasaan adalah dengan memikirkan hal yang kamu syukuri selama hidupmu, karena semua perasaan yang kamu rasakan semuanya berasal dari pikiran kamu. Bayangkan semua hal yang kamu syukuri mulai dari keluarga, keuangan, pendidikan, fisik dan semua yang membuat kamu bahagia dan katakan “terimakasih” ketika membayangkannya selembut mungkin dari hatimu maka perasaanmu akan selalu berada pada frekuensi positif.

 2. Kuasai Fisikmu

Penguasaan fisik diperlukan untuk mencapai suksesmu, karena dengan jiwa dan perasaan yang sehat tentu juga diperlukan fisik yang sehat dalam menjalani hari dengan penuh semangat. Menguasai fisik juga diperlukan agar kamu memiliki energi tak terbatas untuk menjalani aktivitas hingga malam hari. Cara untuk menguasai fisik kamu sepenuhnya adalah menjaga pola makan yang sehat dengan mengkonsumsi sayur dan buah, cari olahraga yang membuat dirimu bahagia dan teratur untuk berolahraga minimal 2x dalam 1 minggu. Tahap terakhir adalah mengistirahatakan dirikamu secukupnya, mulailah tidur secara teratur dan diusahakan sebelum tidur agar berdoa dan membayangkan semua hal baik yang terjadi hari itu sehingga kamu akan bangun penuh semangat untuk hari esok.

3. Kuasai Hubunganmu

Menciptakan hubungan yang harmonis dengan dirimu sendiri dan orang lain. Mulailah dengan mengetahui apa yang paling kamu hargai, apa harapanmu, aturan dalam menjalani hidup dan bagaimana semua itu bisa mempengaruhi orang lain. Sumber kekuatan yang paling penting adalah hubungan, maka dari itu jalin hubungan dengan baik bersama semua orang, hargai mereka dan perbanyak chanel sehingga kamu akan dengan mudah mencapai suksesmu, karena manusia tidak bisa mencapai segalanya dengan cepat jika sendiri. Bantulah teman mu, maka temanmu dari sekarang mulai dari hal – hal kecil, maka mereka tidak akan segan untuk membantumu.

  4. Kuasai Uangmu

Penguasaan uang yang harus kamu lakukan pertama kali adalah mengubah keyakinan dan sikap terhadap keuangan agar dapat menggunakan uang sebagai alat sumbangsih. Untuk memiliki keuangan yang berlimpah kamu harus belajar cara mengubah apa yang menyebabkanmu kekurangan uang, kemudian bagaimana cara untuk terus merasakan nilai – nilai, keyakinan dan perasaan yang sangat penting untuk mendapatkan kekayaan dan mempertahankannya. Hal terakhir yang harus kamu ketahui adalah jangan takut untuk memberi, berikan sebagian dari uang yang kamu dapatkan ke orang yang membutuhkan, minimal 2.5% karena dengan memberi kamu akan mendapatkan lebih banyak lagi kelimpahan tentang uang dan dengan menguasai keuanganmu, kamu akan mencapai sukses dengan cepat.

Baca Juga :

5. Kuasai Waktumu

Banyak orang mengeluh dengan kesibukan yang dimilikinya sehingga lupa untuk membahagiakan diri dengan alasan tidak memiliki waktu. Hal yang harus kamu lakukan untuk menguasai sepenuhnya waktu yang kamu miliki adalah mulai menjadikan waktu sebagai sekutu kita, bukan musuh karena dengan bersahabat dengan waktu, kita tidak pernah merasa kekurangan waktu. Mulai untuk menyisihkan waktu dan mengubah apa yang menurutmu tidak semestinya dikerjakan. Mulai mempertimbangkan penilaian jangka pendek dapat menyebabkan kepedihan jangka panjang jadi berhenti membuang waktumu karena akan berdampak kurang baik di masa mendatang, dan yang terahir adalah mulai mengambil keputusan dan mengelola keinginan agar terwujud seketika dan sistematis.