1. Nogame No Life

No Game No life masuk dalam anime terpopuler. Anime ini menceritakan tentang kakak beradik yang terjebak di dunia game, namun tidak seperti anime lain yang ingin kembali ke dunia nyata, kakak beradik ini berkeinginan untuk menaklukan dunia itu. Anime ini membuat kita bersemangat untuk menentukan visi hidup yang tinggi terlebih karakter utama yang pintar dan juga cerdik menjadi motivasi kita dalam mengejar cita – cita. Sora (karakter utama) pernah berkata “didunia ini tdak ada yang namanya keberuntungan, aturan, keadaan fisik, dan keadaan psikologi menentukan keberhasilanmu” yang berarti kita harus berusaha dan menjaga keadaan tetap baik untuk mencapai keberhasilan.

Sama seperti Sora dan Siro, karakter Jibril dalam anime ini juga memberikan kita motivasi, bahwa SENJATA TERBESAR MANUSIA ADLAAH PENGETAHUAN. Jibril membaca semua buku yang dia punya, karena dengan membaca maka pengetahuan kita akan menjadi semakin luas

 2. Death Note

Death Note merupakan anime terpopuler kontraversi karena karakter utama dapat membunuh hanya dengan menuliskan nama seseorang didalam buku. Motivasi yang didapatkan adalah karakter utama memiliki kecerdasan yang luar biasa, Light Yagami (Karakter utama) dan L Lawliet (Second karakter) dapat menyelesaikan ujian masuk universitas dengan sangat cepat dan menjadi mahasiswa dengan nilai test tertinggi. Hal ini didapatkan karena Light seorang yang rajin belajar dan selalu membaca buku setiap malam sebelum tidur sehingga pengetahuan dan kemampuannya terus bertambah setiap hari. Sedangkan L Lawliet adalah anak emas yang sejak kecil kemampuan otaknya sudah di asah dengan teka – teki dan kasus – kasus agar dapat menjadi detective yang hebat. Mulai belajar lampaui dirimu dan semangat belajar agar mampu mengerjakan semua ujian dengan benar dan cepat.

3. Code geass

Code geass merupakan anime pemberontakan terhadap pemerintahan britanian raya, pemberontakan dilakukan oleh tokoh utama yakni Leleuch Lamprouge (Lulu) yang merupakan anak dari raja itu sendiri. Lulu merupakan siswa SMA yang mendapatkan kekuatan dapat mendalikan orang dengan menatap matanya. Kekuatan itu ia gunakan untuk memperalat orang – orang untuk memberontak terhadap negaranya sendiri atas dendam kepada ayahnya karena dia diusir dari kerajaan. Kecerdasan yang ia miliki mampu menghancurkan negara itu hingga ke akar – akarnya. Selain kecerdasan untuk mengatur strategi, kemampuan Lulu dalam bidang akademis juga dapat di acungkan jempol, ia selalu mendapatkan prestasi yang menakjubkan dan pola pikir tentang dunia ini begitu luar biasa untuk dicontoh. Lebih lengkapnya silahkan tonton animenya.

4. Durarara

Motivasi yang kita dapatkan dari anime ini adalah karekter izaya yang menjadi dalang dari setiap kasus yang terjadi pada alur cerita anime ini. Izaya dapat mengendalikan orang – orang menggunakan trik – trik cerdik yang ia katakan. Izaya bahkan mengetahui banyak sekali tentang bahan kimia, pengetahuan biologi, hukum dan pengetahuan umum lainnya. Alur cerita ini cukup untuk membuat kita berfikir keras karena episode tidak berjalan secara kronologis. Berkaca pada karakter izaya membuat penonton termotivasi untuk belajar dan mampu mengendalikan situasi disekitarnya.

5. Detective Conan

Siapa yang tidak mengenal conan ?, Conan teramasuk anime terpopuler mengisahkan seorang detective yang dirubah menjadi kecil kembali karena meminum pil. Karakter utama Shinichi kudo, lalu Kaito Kid, dan karakter Hakuba adalah seorang siswa SMA yang memilki tingkat kecerdasan tinggi, selain dapat memecahkan banyak kasus kecerdasan mereka juga tidak perlu ditanyakan lagi dalam bidang akademis. Memiliki pengetahuan yang tinggi disegala bidang adalah kunci mereka memecahkan kasus, Jika wawasan kita tinggi maka tidak diragukan lagi kita akan berkembang pesat secara akademis. Mulailah menambah wawasan Anda dan terus semangat.