GrandMedia – Terkadang kita sangat kesulitan dalam melakukan sesuatu di segala bidang kehidupan yang kita jalani, mengapa bisa seperti itu ?. Permasalahan sebenarnya adalah kita terlalu merasa aman dan tenang ketika kita tidak melakukan hal yang kita inginkan dan sangat nyaman dengan kemalasan yang kita alami. Cara terbaik untuk “Berhasil” adalah menggunakan rumus keberhasilan yang merupakan 4 langkah sederhana untuk membuat kita menjadi orang yang mampu dan berhasil melakukan hal yang kita inginkan .

Ada pepatah yang bilang bukan dimana kita memulainya, tetapi keputusan yang kita ambil tentang dimana kita akan BERTEKAD untuk berakhir. Jadi untuk anda yang merasa sekarang sudah terlambat untuk mengejar sukses atau anda berfikir kehidupan anda sudah terlambat untuk berubah, coba pikirkan kebali, bukan dimana anda memulai tetapi fokuskanlah pikiran anda dan bertekad tentang dimana anda akan berakhir sukses. Berikut merupakan rumus keberhasila utama yang wajib anda ketahui :

1. Putuskan Apa yang anda inginkan

Kebanyakan dari manusia lebih mengetahui hal apa yang tidak mereka inginkan daripada mengetahui apa yang sebenarnya mereka inginkan. Hal ini terjadi ketika kita mendengar curhatan teman, tentunya ketika bercurhat,teman kita menjelaskan semua situasinya dan menjelaskan keluhan berupa hal – hal yang tidak mereka inginkan, tetpai ketika kita bertanya pada mereka “Apa yang kamu inginkan ? “, mereka akan terdiam untuk beberapa saat dan berfikir ulang tentang hal yang mereka inginkan. Kasus tersebut merupakan bukti bahwa manusia lebih cenderung memikirkan hal yang tidak mereka inginkan.

Sebelum anda memulai suatu kegiatan anda tentu harus memiliki keputusan tentang apa yang akan anda kerjakan, keputusan yang anda ambil sekarang dan setiap hari akan menentukan bagaimana perasaan anda hari ini serta akan menjadi apa anda nantinya sepuluh atau dua puluh tahun ke depan. Putuskanlah apa yang benar – benar ingin anda kerjakan, bukan yang HARUS anda kerjakan, apa yang anda inginkan, karena jika anda melakukan hal yang anda inginkan anda akan melakukannya dengan maksimal dan tanpa rasa terpaksa.

Mengambil keputusan berarti bertekad untuk mencapai sebuah hasil dan kemudian menjauhkan diri dari kemungkinan lainnya. Putuskanlah sekarang juga bahwa anda menginginkan mobil mewah, rumah yang layak, pendidikan yang layak, dan makanan yang enak, jika anda sudah memutuskan maka anda akan bertekad untuk mendapatkan hal tersebut. Memikirkan dan memutuskan hal yang anda inginkan akan membuat anda berada dalam nuansa yang positif sehingga anda mampu menjalankan keseharian dengan penuh semangat dan hasrat.

2. Bertindaklah

Anda sudah memiliki hal yang menjadi target dan memiliki tekad yang kuat untuk mewujudkannya, tetapi semua itu tidaklah cukup untuk mencapai apa yang anda inginkan. Rumus berikutnya yang harus kita lakukan adalah bertindak, riset yang dilakukan bidang Neurotology membuktikan bahwa yang menggerakan orang untuk bertindak melakukan sesuatu adalah 20% mereka mengetahui cara untuk melakukan hal tersebut, dan 80% mereka mengetahui alasan untuk melakukan hal tersebut. Jadi mengetahui caranya hanya sebagian kecil dari kemungkinan kita melakukan hal, yang terpenting adalah mengetahui alasannya. Berikan daya ungkit atau alasan kuat tentang keputusan anda melakukan sesuatu, anda dapat memilih alasan tentang kebahagiaan pribadi atau kebahagiaan orang terdekat anda, keluarga, teman dan kekasih anda karena sebagian orang terdorong melakukan sesuatu jika itu demi orang lain. Maka ketahui alasan mengapa anda melakukan hal yang anda inginkan akan membuat anda lebih tergerak untuk bertindak.

3. Perhatikan Apa yang berhasil Atau yang Tidak Berhasil

Jika anda sudah bertindak untuk mencapai keberhasilan, maka langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah melakukan pendekatan dengan prinsip “Kaizen”. Kaizen merupakan prinsip yang digunakan oleh perusahaan di Jepang untuk melakukan perbaikan tiada akhir untuk meningkatkan kualitas produk menjadi lebih baik. Lebih mudahnya kaizen adalah “Perbaikan terus menerus pada diri untuk mendapatkan kualitas hidup yang terbaik “. Jangan pernah bosan bertanya kepada diri sendiri tentang “apa yang salah dengan diriku ? “, “apa yang membuatku belum mencapai keberhasilan ?”, tanyakanlah maka anda akan mendapatkan jawaban dari lubuk hati yang paling dalam.

4. Ubah Pendekatan Anda Sampai Berhasil Mendapatkan Apa yang Anda Inginkan

Sekarang anda sudah mengetahui apa yang kurang berhasil dalam diri anda, maka rubahlah pendekatan anda tentang hal yang kurang berhasil tersebut menggunakan metode yang lebih baik. Jika anda kesulitan mencari cara yang lebih baik anda bisa menirunya dari orang yang telah berhasil di bidang yang anda inginkan. Tanyakan kepada mereka pendekatan apa yang mereka gunakan untuk mencapai keberhasilan?, dan pendekatan apa saja yang pernah dilakukan tetapi gagal. Anda bisa belajar dari kesalahan orang lain dan hal ini membuat anda lebih cepat dalam memperbaiki diri.