GrandMedia – Apple Worldwide Developers Conference atau disingkat menjadi WWDC merupakan sebuah konferensi yang diadakan setiap tahun oleh Apple Inc. Pada konferensi di ajang tersebut Apple memanfaatkan momen untuk memperlihatkan teknologi terbarunya kepada para developer. Jumlah peserta pada konferesi WWDC bisa mencapai 2.000 dan 4.000 depeloper.  Namun pada WWDC tahun 2007, Steve Jobs mencatat jumlah peserta konferensi mencapai lebih dari 5.000 orang.

Pada ajang WWDC (World Wide Developers Conference) tahun 2016, Apple secara resmi telah memperkenalkan iOS versi 10. Sistem operasi tersebut merupakan penyempurnaan dari versi iOS 9. Seperti dikutif dari Telegraph, Senin (13/06/2016) ada banyak fitur baru yang dibenamkan di iOS 10.

iOS 10 ini hanya tersedia pada perangkat iPhone (minimal iPhone 5), iPod Touch (minimal iPod Touch 6), iPad (minimal iPad 4), iPad Mini (minimal iPad Mini 2). iOS 10 ini bisa di unduk secara gratis mulai bulan September 2016. Untuk iOS 10 versi beta dapat diuntuk hari ini juga, iOS versi beta hanya diperuntukan bagi para pengembang.

Dilansir dari situs resminya Apple.com, iOS 10 hadir menjadi lebih megah. Berbagai fitur megah tersebut memberikan ruang ekspresif bagi para pengguna iOS 10.

Berikut ini 10 fitur menarik yang ada di iOS 10 :

  1. Angkat iPhone, Layar Menyala Otomatis

Pada iOS 10, Sobat GrandMedia (GM) hanya perlu menangkat iPhone untuk menyalakan layar. Sensor Accelerometer yang dibenamkan di IOS 10 akan menyalakan layar ketika pengguna mengangkat iPhone. Sebetulnya Sensor Accelerometer ini juga terdapat pada smartphone dengan OS android yang berfungsi untuk menentukan derajat kemiringan smartphone. Bedanya adalah pada ponsel android Sensor Accelerometer berfungsi untuk mengubah tampilan layar dari posisi landscape ke posisi portrait atau sebaliknya.

  1. HomeKit
HomeKit

                               HomeKit iOS 10

HomeKit berfungsi untuk mengendalikan berbagai macam peralatan rumah tangga yang dapat terhubung ke perangkat iOS secara nirkabel. Dengan kecanggihan HomeKit Sobat GrandMedia (GM) dapat mengendalikan suhu ruangan, menyalakan atau memantikan lampu, membuka pintu garasi jarak jauh dan beragam fungsi canggih lainny.

Sebelumnya pengguna diharuskan mengunduk setiap aplikasi berasis HomeKit ini, pada iOS 10 Sobat GrandMedia dapat menemukan semuanya di App Home. Sobat GrandMedia dapat mengakses semua perangkat yang dukung oleh Apple dengan HomeKit dalam satu tampilan yang ramah.

HomeKit di desain dengan beragam kemudahan, pengguna dapat membuat profil pengaturan yang felsibel. Misal seperti tombol Good Night yang berfungsi untuk mematikan semua lampu di dalam sebuah ruangan atau menutup jendela dan mengunci pintu ruangan. Yang lebih menarikna lagi yaitu HomeKit dapat digunakan bersama Siri.

Jangan khawatir soal keamanan fitur HomeKit dan ingin mengendalikan rumah dan seisinya dari jarak jauh. Koneksi yang digunakan sudah berbasis end to end encryption. Pengamanan tersebut cukup kuat. Gambaran sederhanya dari pengamanan tersebut yaitu ketika Sobat GrandMedia (GM) mengirim sebuah pesan atau perintah, satu-satunya yang bisa membacanya adalah si penerima pesan tersebut. Tidak ada yang bisa melihat isi pesan itu. End to end encryption yang di benamkan oleh Apple kedalam HomeKit telah di desain dengan baik untuk keamanan dan kenyamanan para penggunanya.

  1. Tampilan Antarmuka
Interface iOS 10

  Interface iOS 10

Apple telah mendesain ulang tampilan antarmuka kunci layar. Terdapat fungsi “raise to wake” yang membuat pengguna lebih mudah untuk mengakses kamera. Cukup dengan menggeser kekanan, sistem akan mengarahkan ke layar atah laman widget.

Ada beberapa widget baru yang bisa dgunakan untuk melihat informasi dari aplikasi yang ada di layar kunci. Notifikasi yang muncul di layar kunci juga dibuat menjadi lebih interaktif. Bagi para pengguna iPhone 6s dan 6s Plus informasi-informasi konten dapat ditampilkan dengan memanfaatkan fitur 3D Touch.

Cara penggunaannya pun cukup mudah, Sobat GrandMedia (GM) tinggal klik widget kemudian geser ke kiri sampai muncul informasi tersebut.

Tidak sampai disitu, Apple mendesain ulang area notifikasi  dan widget dengan nuanasa gelembung yang cukup menarik. Control Center dibagi menjadi dua panel yang berbeda, satu panel digunakan untku toggle dan satu panel lagu dignakan untuk control musik.

  1. Galleri
Memories iOS 10

 Gallery iOS 10

Galleri juga memberikan sedikit perubahan interface. Aplikasi ini dapat menunjukan foto-foto pada sebuahh peta. Pada aplikasi ini dibenamkan fitur yang melibatkan Artificial Intelligence (AI) dalam Memories, fitur tersebut mampu memindai foto-foto dan mengurutkannya menjadi sebuah album secara otomatis. Pengurutan tersebut berdasarkan sejarah hewan, topic, dan kriteria pengurutan lainnya.

  1. Hapus Aplikasi Bawaan iPhone

Hapus aplikasi bawaan iOS

Ini merupakan salah satu fitur yang paling ditunggu oleh para pengguna iPhone. Sebagian besar aplikasi bawaan yang dibenamkan di dalam ponsel iPhone mungkin sangat jarang atau bahkan tidak pernah digunakan. Pada iOS 10 pengguna dapat leluasa menghapus aplikasi bawaan ponsel cerdas ini.

Perlu dicatat, meskipun Apple memperbolehkan pengguna menghapus aplikasi bawaan, perusahaan akan memperingatkan bahwa penghapusan aplikasi tersebut dapat mempengaruhi fungsi lain yang terdapat pada sistem. Seperti menghapus aplikasi Podcast, dampaknya pengguna akan terbatas untuk mendenarkan poscar dari CarPlay.

iOS 10 dilengkapi dengan fitur bawaan yang dapat dihapus seperti iTunes, iBooks, Maps, Store, Compass, Tips, Calculator, Watch, Voice Memos, Contacts, Friends dan aplikasi-aplikasi lain.

  1. Maps
Maps iOS 10

                                Maps iOS 10

Terdapat suntikan Artificial Intelegence (AI) di Aplikasi Maps pada iOS 10. Aplikasi ini menjadi lebih pintar. Kecerdasan buatan tersebut mampu membuat Aplikasi Maps menampilkan jalan tercepan ke tempat tujuan, menyajikan berbagai informasi lalu lintas dan lain-lain.

Bagi para pengguna Aplikasi Maps di CarPlay terdapat tambahan fitur baru yaitu navigasi turn-by-turn sedikit diperluas ke layar dashboard.

  1. Phone

Apple kembali lagi memperbarui aplikasi Phone dengan berbagai fitur terbaru. Semua aplikasi berbasis VoIP yang merupakan pihak ketika, kini menggunakan fungsi calling screen dengan default yang sama seperti pada aplikasi Phone, Skype, viber dan lain-lain yang punya notifikasi full screen disertai dengan foto.

      Baca Juga :

  1. iMessage
iMessege iOS 10

iMessege iOS 10

Di iOS 10 iMessage terlihat jauh lebih ekspresif di bandingkan dengan iOS versi sebelumnya. Ragam animasi full screen menghiasi papan obrolan aplikasi ini, tampilan emoji juga terlihat leih besar dan pengguna dapat menulis pesan dengan tangan. Ada dua fitur yang bernama Tapback dimana pengguna dapat membalas pesan secara cepat.

Selain itu, pengguna juga dapat mengirimkan foto dengan format gambar GIF atau animasi. Dengan pembaharuan ini akses live camera jadi lebih mudah tanpa perlu keluar dari aplikasi.

  1. Apple Music
Apple Music iOS 10

Music iOS 10

Pada iOS 10 desain tampilan aplikasi Apple Music sedikit berubah. Tampilan baru ini sangat memudahkan navigasi pengguna Apple Music. Misal seperti pada bagian –For You- sekarang dibenamkan fitur baru seperti Discover Spotify, hal ini mempermudah pengguna untuk menemukan ragam msik baru berdasarkan selera.

  1. Siri

Aplikasi Siri yang di benamkan di iOS 10 kini lebih terbuka bagi para pengembang aplikasi. Pada iOS 10, asisten virtual bisa mengirimkan pesan melalui non-Apple. Misal seperti memesan mobil via Uber. Selain itu, Siri kini bisa mencari foto-foto lewat aplikasi edit foto dari pengembang aplikasi lain. Hal yang paling menarik adalah Siri dapat disuruh untuk melakukan pembayaran.

Video yang dirilis oleh Apple